Apa Akibatnya Jika Kekurangan Kolin Saat Hamil?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 28 April 2018 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Kolin adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Nutrisi ini banyak ditemukan dalam berbagai jenis makanan. Pada wanita hamil, nutrisi ini bukan hanya memberi asupan gizi pada sang ibu, tetapi juga janin yang ada di dalam kandungan. Jadi, seberapa banyak ibu hamil membutuhkan kolin dan bagaimana akibatnya jika kekurangan kolin saat hamil? Simak ulasannya berikut ini.

Seberapa banyak asupan kolin dibutuhkan oleh ibu hamil?

Kolin adalah zat yang sangat mirip bentuknya dengan kelompok vitamin B, meski zat ini bukan termasuk ke dalam golongan vitamin. Sebenarnya tubuh sudah memproduksi zat ini, tapi jumlahnya tidak memenuhi kebutuhan sehingga perlu mendapat tambahan dari makanan.

Kolin banyak ditemukan pada makanan yang mengandung lemak alami karena di dalam kolin terdapat senyawa yang membentuk lemak.

Ada beberapa makanan yang mengandung kolin, seperti hati sapi, daging ayam, minyak ikan, telur, kacang merah, kacang kedelai, kembang kol,  brokoli, biji bunga matahari, jamur, bayam, beras cokelat, susu, dan yogurt.

Kebutuhan kolin antara pria dan wanita berbeda. Untuk wanita, asupan kolin yang harus dipenuhi setiap hari adalah 425 miligram (mg). Namun,  kebutuhannya meningkat selama masa kehamilan yaitu menjadi 450 miligram kolin per hari.

Apa saja peran kolin di dalam tubuh?

Kolin berperan penting dalam berbagai sistem di dalam tubuh. Saat kebutuhan kolin tidak tercukupi, akan muncul gejala tubuh terasa lemah, nyeri otot, penurunan daya ingat dan tidak fokus, suasana hati mudah berubah, bahkan kerusakan saraf. Namun untuk ibu hamil, ada kemungkinan bahaya lain yang bisa terjadi pada sang ibu dan juga janin.

Kolin melindungi hati dari penumpukan lemak. Kolesterol dan trigliserida adalah dua bentuk lemak yang sering kali menumpuk di hati. Dengan adanya kolin, lemak-lemak tersebut diangkut ke bagian tubuh lain yang membutuhkan sehingga tidak menumpuk. Jadi, kolin memberikan perlindungan pada sang ibu hamil dari risiko perlemakan hati dan penyakit hati lainnya di kemudian hari.

Selama kehamilan trimester ketiga, volume sel-sel pada otak mengalami penurunan. Kondisi tersebut bisa menyebabkan daya ingat menjadi melemah sehingga sang ibu kemungkinan sering mengalami lupa.

Untungnya, tubuh bisa meminimalkan efek tersebut dengan kolin. Mendapatkan tambahan asupan kolin dari makanan, membantu lemak diserap dengan lebih baik oleh tubuh untuk membangun membran sel pada otak.

Jadi, kolin dapat mencegah penyusutan volume otak selama masa kehamilan. Selain itu, janin yang mendapatkan kolin akan memiliki daya ingat yang sangat baik.

Apa yang terjadi jika kekurangan kolin saat hamil?

Sebuah penelitian yang dilakukan University of Illinois yang diterbitkan pada Division of Nutritional Science menunjukkan bahwa kekurangan kolin selama masa kehamilan menyebabkan terganggunya perkembangan otak janin.

Menurut American Journal of Epidemiology, kekurangan kolin saat hamil bisa meningkatkan bayi lahir dengan cacat tabung saraf, seperti spina bifida atau anenchepaly.

Selain bekerja sama dengan vitamin B untuk mendukung metabolisme dan fungsi otak, kolin juga bekerja sama dengan asam folat. Jadi, ketiga nutrisi tersebut saling membutuhkan satu sama lain agar bisa menjalankan fungsinya dengan baik di tubuh.

Saat ibu hamil memiliki kadar asam folat yang rendah, kolin bisa  menjadi penggantinya. Asam folat dibutuhkan selama kehamilan untuk mendukung perkembangan otak dan sumsum tulang belakang janin.

Kolin juga ditemukan pada ASI, inilah alasannya mengapa ibu hamil dan menyusui penting untuk memenuhi asupan kolinnya per hari. Kekurangan kolin, bisa mengurangi zat gizi yang terdapat pada ASI nantinya.

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir

Kalkulator ini dapat memperkirakan kapan hari persalinan Anda.

Cek HPL di Sini
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Bagaimana Cara Bayi Bernapas Saat Masih dalam Kandungan?

Pernapasan pertama yang bayi lakukan adalah saat bayi menangis ketika dilahirkan. Lalu bagaimana caranya bayi bernafas dalam kandungan?

Ditulis oleh: Theresia Evelyn
Trimester 2, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 1 September 2020 . Waktu baca 3 menit

Apa yang Akan Terjadi Jika Muncul Kista Saat Hamil?

Munculnya kista saat hamil adalah hal yang umum terjadi. Walau biasanya tidak berbahaya, ibu hamil perlu memahami apa saja pengaruhnya terhadap kandungan.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Masalah Kehamilan, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 19 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

Apa Akibatnya pada Janin Jika Ibu Merokok Saat Hamil?

Merokok saat hamil adalah ancaman nomor satu untuk kesejahteraan anak. Ada hubungan antara ibu perokok dan anak berbibir sumbing. Masih kurang seram?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Prenatal, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 31 Mei 2020 . Waktu baca 8 menit

Manfaat Afirmasi Positif Ibu Hamil dan Ibu Melahirkan Bagi Kesehatan Jiwanya

Afirmasi positif dapat melindungi ibu hamil dan melahirkan dari stres, baby blues, hingga depresi. Lantas, apa itu afirmasi positif?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu Lestari
Prenatal, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 30 Januari 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

minum teh saat hamil

3 Hal Penting yang Wajib Diperhatikan Jika Suka Minum Teh Saat Hamil

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
ibu hamil makan rambutan

Ibu Hamil Boleh Makan Rambutan, Asal Perhatikan Hal Ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
olahraga untuk ibu hamil

Hati-hati, Ini Olahraga yang Harus Dihindari Ibu Hamil

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 3 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
makanan pengganti nasi untuk ibu hamil

5 Rekomendasi Makanan Pengganti Nasi yang Tak Kalah Sehat untuk Ibu Hamil

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 14 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit