Apa Bedanya Usia Kehamilan Dengan Usia Janin?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 29 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Seringnya saat sedang hamil, orang banyak menanyakan berapa usia kehamilan Anda. Namun, sebenarnya usia kehamilan Anda tidak selalu menggambarkan usia janin Anda yang sebenarnya. Jadi, jika usia kehamilan Anda sudah 4 minggu, belum tentu janin dalam kandungan Anda juga berusia 4 minggu. Ini mengapa, pertumbuhan janin dalam kandungan mungkin berbeda antar ibu.

Apa bedanya usia kehamilan dengan usia janin?

Terkadang, saat Anda melakukan pemeriksaan USG di dokter kandungan pada usia lima atau enam minggu kehamilan, hasilnya menunjukkan bahwa usia janin Anda berbeda dengan usia kehamilan yang Anda ketahui sebelumnya dari dokter Anda. Usia janin Anda bisa lebih kecil maupun lebih besar dari usia kehamilan.

Hal ini bisa terjadi karena perbedaan penghitungan. Usia kehamilan dihitung dari waktu menstruasi terakhir Anda, walaupun perkembangan janin belum dimulai sampai terjadinya pembuahan (sel telur dibuahi oleh sperma). Sedangkan, usia janin merupakan usia sebenarnya janin yang sedang tumbuh dalam rahim Anda.

Mengapa usia kehamilan sudah dihitung sebelum terjadinya pembuahan? Karena sebenarnya setiap kali wanita mengalami menstruasi, tubuh wanita sedang mempersiapkan kehamilan. Usia kehamilan ini termasuk sekitar dua minggu sebelum terjadinya pembuahan, karena umumnya pembuahan terjadi kira-kira dua minggu atau pada hari ke 11-21  setelah hari pertama menstruasi terakhir Anda.

Tidak ada yang mengetahui dengan pasti kapan terjadinya pembuahan di rahim Anda, sehingga ini dikatakan dengan “kira-kira”. Usia kehamilan umumnya berlangsung selama 40 minggu sampai melahirkan, jika dihitung dari waktu terakhir Anda menstruasi.

Dokter biasanya menggunakan usia kehamilan (selama 40 minggu dari waktu menstruasi terakhir sampai melahirkan) untuk memperkirakan kapan bayi akan lahir. Sedangkan, saat Anda melakukan pemeriksaan USG, yang keluar adalah usia janin Anda.  USG dapat memperkirakan berapa usia bayi Anda dengan mengukur berbagai bagian tubuh bayi, seperti kepala, perut, dan kaki.

Bagaimana jika usia janin lebih kecil atau lebih besar?

Pada trimester kedua dan ketiga, perbedaan usia hingga dua minggu antara usia kehamilan dengan usia janin (usia yang ditunjukkan oleh USG) masih dianggap normal. Hal ini karena memang usia kehamilan tidak dihitung dari hari terjadinya pembuahan yang sebenarnya. Anda tidak perlu khawatir ada masalah pada perkembangan bayi Anda. Pada pemeriksaan selanjutnya, dokter mungkin akan memastikan perbedaan usia kehamilan dan janin tidak makin jauh.

Jika usia janin lebih kecil dari usia kehamilan

Jika terjadi perbedaan usia kehamilan dan janin yang jauh, ini dapat mengkhawatirkan. Usia janin yang lebih kecil daripada usia kehamilan dapat membuat bayi terlihat lebih kecil. Hal ini bisa disebabkan karena faktor genetik (keturunan). Kedua orangtua janin mempunyai badan yang kecil, sehingga menurun ke anaknya.

Namun seringnya, janin yang lebih kecil dari usia kehamilan disebabkan oleh masalah pertumbuhan pada janin selama kehamilan. Hal ini bisa diakibatkan karena bayi kekurangan nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangannya selama dalam rahim.

Jika usia janin lebih besar daripada usia kehamilan

Usia janin yang lebih besar daripada usia kehamilan dapat dilihat dari berat janin yang lebih besar daripada normal. Hal ini juga dapat terjadi karena faktor genetik (orangtua bayi mempunyai badan yang besar). Selain itu, juga dapat dihubungkan dengan jumlah kenaikan berat badan ibu selama kehamilan. Janin yang besar juga dapat disebabkan oleh penyakit diabetes gestasional yang diderita ibu selama kehamilan.

Diabetes selama kehamilan dapat menyebabkan jumlah gula darah ibu yang dialirkan ke janin meningkat. Kemudian, tubuh janin membuat lebih banyak insulin sebagai respon tubuhnya. Akibatnya, tambahan aliran gula dari ibu dan produksi insulin dalam tubuh janin dapat menyebabkan janin tumbuh lebih besar dan lebih banyak menyimpan lemak. Sehingga, janin terlihat lebih besar daripada yang seharusnya di usia kehamilan tersebut.

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir

Kalkulator ini dapat memperkirakan kapan hari persalinan Anda.

Cek HPL di Sini
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mengenal 4 Tahap Perkembangan Jantung Janin di Tiap Trimester

Mendengar detak jantung janin merupakan hal berkesan bagi calon orangtua. Tapi seperti apa perkembangan jantung janin dalam kandungan? Intip di sini, yuk!

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Prenatal, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 2 Maret 2021 . Waktu baca 7 menit

Kenapa Gerakan Janin Berkurang Menjelang Persalinan?

Memasuki minggu ke-16, janin akan semakin aktif bergerak. Namun, menjelang persalinan, gerakan bayi akan berkurang. Apa sebabnya, ya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Trimester 3, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 1 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

Pengalaman 4 Kali Gagal Program Bayi Tabung, Kini Kami Dianugerahi 4 Bayi Kembar

Program kehamilan normal tak bisa kami jalani sebagaimana pasangan lainnya. Kami terpaksa mengikuti program bayi tabung.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Menanti Momongan 1 Maret 2021 . Waktu baca 8 menit

Memahami Fungsi Hormon FSH dan LH pada Sistem Reproduksi

Fungsi hormon FSH dan LH berperan penting pada sistem reproduksi pria dan wanita. Ketahui apa saja fungsi kedua hormon tersebut lebih lanjut.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Kesuburan, Kehamilan 23 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

lelah saat hamil

Selalu Merasa Kelelahan Saat Hamil, Apakah Ini Normal?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 8 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
demam tanda hamil

Apakah Demam Dapat Berarti Salah Satu Tanda Kehamilan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Jessica Yulianti
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit
cara membaca hasil usg

Agar Lebih Akurat, Begini Cara Membaca Hasil USG Kehamilan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 3 Maret 2021 . Waktu baca 9 menit
minyak kelapa untuk bayi

Manfaat Minyak Kelapa untuk Bayi, Mulai dari Mengatasi Eksim Sampai Melebatkan Rambut

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit