Amankah Penggunaan Obat Nyamuk untuk Ibu Hamil?

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15/08/2017
Bagikan sekarang

Ada banyak penyakit yang disebabkan nyamuk yang dapat berakibat fatal bagi ibu hamil dan bayi dalam kandungan. Namun, untuk menggunakan obat nyamuk pun banyak ibu yang ragu-ragu. Sebenarnya amankah obat nyamuk bagi ibu hamil?

Hubungan antara obat nyamuk dan cacat lahir bayi

Kebanyakan obat nyamuk mengandung bahan kimia N, N-diethyl-m-toluamide, yang dikenal sebagai Deet. Deet merupakan insektisida yang sangat efektif dan biasanya produk obat nyamuk yang mengandung Deet relatif aman digunakan sesuai dengan aturan pakai.

Walaupun tergolong aman, ibu harus tetap berhati-hati karena produk ini mungkin memiliki efek berbahaya bagi bayi dalam kandungan. Sebuah penelitian menemukan adanya hubungan antara penggunaan obat nyamuk pada trimester pertama dengan cacat lahir pada anak laki-laki yang disebut hipospadia.

Hipospadia adalah kelainan posisi lubang uretra pada penis atau kulup. Namun, hubungan antara penggunaan obat nyamuk dan hipospadia masih perlu diteliti lebih lanjut karena penelitian awal tidak mempertimbangkan jenis, komposisi, dan frekuensi penggunaan obat nyamuk.

Obat nyamuk yang aman untuk ibu hamil

Health Protection Agency (HPA) dan NHS menegaskan bahwa produk obat nyamuk yang mengandung Deet hingga 50% masih tergolong aman digunakan untuk ibu hamil dan menyusui. Pastikan Anda menggunakan produk sesuai dengan aturan pakainya. Deet dalam jumlah tertentu dapat diserap kulit dan masuk ke dalam aliran darah, sehingga ibu hamil kemungkinan berisiko sakit jika terpapar Deet dalam dosis besar.

Kebutuhan terhadap obat nyamuk juga tergantung pada kondisi tempat tinggal masing-masing. Ketika Anda memutuskan untuk bersantai di luar rumah pada malam hari, cobalah bakar lilin citronella untuk mencegah datangnya nyamuk. Selain itu, Anda juga bisa mencoba obat nyamuk alami yang dijual di apotek kesehatan.

Pentingnya menghindari penyakit yang dibawa nyamuk

Boleh atau tidaknya menggunakan obat nyamuk mungkin menjadi masalah tersendiri bagi ibu hamil yang akan bepergian ke daerah yang lebih rentan serangan nyamuk, di mana mereka dapat tertular penyakit tertentu melalui gigitan serangga.

Dokter mungkin akan menyarankan Anda untuk membatalkan perjalanan ke daerah-daerah tersebut. Namun, jika Anda benar-benar harus pergi, penggunaan obat nyamuk yang mengandung Deet akan jauh lebih bermanfaat daripada risiko tertular penyakit tertentu. Penyakit yang dapat dibawa oleh nyamuk, seperti demam berdarah dengue, malaria, zika, dan West Nile Virus, dapat membahayakan bayi dalam kandungan. HPA menyarankan ibu hamil untuk menggunakan obat nyamuk ketika akan bepergian ke daerah yang rentan terjangkit malaria. Diskusikan juga dengan dokter mengenai obat anti-malaria yang dapat digunakan oleh ibu hamil.

BACA JUGA:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kulit Wajah Terlihat Kusam Saat Hamil, Apa Penyebabnya?

Alih-alih mendapatkan pregnancy glow, sebagian orang malah merasa kulit wajah jadi lebih kusam saat hamil. Apa penyebabnya?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha

Kapan Waktu Terbaik untuk Kontrol Kandungan Selama Pandemi COVID-19?

Pemeriksaan kehamilan amatlah penting. Di sisi lain, pemeriksaan kehamilan selama pandemi COVID-19 membuat ibu rentan tertular. Apa yang harus ibu lakukan?

Ditulis oleh: Diah Ayu
Coronavirus, COVID-19 29/04/2020

6 Makanan Bergizi untuk Memperkuat Kandungan

Selain sehat untuk ibu, berbagai makanan ini juga dapat memperkuat janin dalam kandungan agar masa kehamilan tetap lancar.

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha

Aturan Menjalankan Puasa yang Aman Bagi Ibu Hamil

Ibu hamil yang sehat diperbolehkan untuk menjalankan ibadah puasa, namun harus lebih diperhatikan nutrisinya. Bagaimana cara menjalankan puasa saat hamil?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Hari Raya, Ramadan 25/04/2020

Direkomendasikan untuk Anda

hamil setelah keguguran

Hal yang Harus Diketahui Jika Ingin Cepat Hamil Setelah Keguguran

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 18/05/2020
menu puasa untuk ibu hamil

Menu Wajib Saat Puasa untuk Ibu Hamil

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 17/05/2020
puasa bagi ibu hamil

4 Kondisi yang Mengharuskan Ibu Hamil Membatalkan Puasanya

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 14/05/2020
gangguan makan ibu hamil

Berbagai Jenis Gangguan Makan yang Umum Dialami Ibu Hamil

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 12/05/2020