home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Membedakan Nyeri Dada Biasa dan Nyeri Dada Ciri Penyakit Jantung

Membedakan Nyeri Dada Biasa dan Nyeri Dada Ciri Penyakit Jantung

Saat mengalami nyeri dada, satu hal yang pertama kali Anda pikirkan mungkin adalah sakit jantung. Nyeri dada tentu merupakan sesuatu yang mengkhawatirkan dan perlu Anda waspadai. Meskipun begitu, tahukah Anda bahwa tidak semua sakit dada merupakan pertanda sakit jantung? Berikut ini fakta mengenai nyeri dada yang perlu Anda ketahui.

Tidak semua sakit dada berasal dari jantung

Pernahkah Anda merasakan sakit dada dan Anda berpikir bahwa Anda mengalami sakit jantung, namun ketika Anda berobat ke dokter ternyata hanya sakit maag? Atau mungkin Anda pernah merasakan nyeri pada ulu hati yang Anda kira hanya sakit maag biasa, ternyata justru Anda terkena serangan jantung?

Pada kenyataannya sulit untuk membedakan penyebab nyeri dada karena tidak semua nyeri dada berasal dari jantung. Nyeri dada dapat disebabkan oleh berbagai organ, seperti paru-paru, otot, tulang rusuk, syaraf maupun saluran pencernaan yang masing-masing memiliki ciri khas yang dapat membantu dokter untuk membedakan setiap penyebab. Sulit bagi Anda untuk membedakannya, karena itu sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter.

Berbagai penyakit jantung yang menyebabkan sakit dada

Jika ternyata Anda mengalami sakit jantung, penyebabnya pun bermacam-macam. Yang paling sering tentu merupakan sumbatan pada pembuluh darah jantung atau yang lebih dikenal sebagai penyakit jantung koroner (PJK).

Penyakit jantung koroner adalah sumbatan pada pembuluh darah jantung yang menyebabkan pasokan oksigen dan darah ke otot jantung berkurang yang menimbulkan rasa nyeri, dikenal sebagai angina. Ketika sumbatan menyebabkan kematian pada otot jantung, maka nyeri akan terasa lebih hebat dan kerusakan menjadi permanen.

Selain sumbatan, penyakit lain pada jantung seperti infeksi otot jantung (miokarditis), infeksi selaput jantung (perikarditis), dan kerusakan katup jantung juga dapat menyebabkan nyeri dada.

Ciri-ciri nyeri dada akibat penyakit jantung koroner

Nyeri dada yang diakibatkan oleh penyakit jantung koroner (PJK) memiliki ciri khas tertentu. Mengetahui ini dapat membantu Anda untuk segera mengambil keputusan untuk segera mencari pertolongan ke dokter. Berikut ciri-cirinya:

  • Nyeri dada biasanya muncul ketika jantung harus bekerja lebih keras, contohnya seperti saat berolahraga atau berjalan jauh
  • Jika berulang, maka rasa nyeri yang dirasakan cenderung sama
  • Tergantung berat ringannya, rasa nyeri dapat dirasakan mulai dari 5 menit hingga lebih dari 10 menit
  • Rasa nyeri biasanya dapat berkurang dengan istirahat atau obat-obatan
  • Rasa nyeri dapat menjalar ke leher hingga ke lengan atau punggung
  • Rasa nyeri dapat disertai dengan keringat dingin
  • Biasanya rasa nyeri digambarkan seperti dada yang diremas atau rasa seperti ditimpa beban berat

Ciri-ciri di atas merupakan ciri-ciri jika penyakitnya ringan, jika lebih berat maka nyeri dada bisa saja timbul saat istirahat dan tidak berkurang denga obat-obatan.

Yang harus dilakukan jika Anda curiga mengalami serangan jantung

Ketika Anda mengalami serangan jantung, pada saat itu Anda sedang berpacu dengan waktu. Semakin lama Anda mendapatkan penanganan lanjut, maka otot jantung akan semakin kekurangan pasokan darah dan oksigen. Otot jantung yang mengalami kerusakan akan semakin meluas sehingga jika terjadi kerusakan permanen akan menyebabkan gangguan fungsi jantung.

Berapa lama sejak Anda merasakan nyeri dada hingga Anda tiba di unit gawat darurat juga menentukan pilihan tindakan yang dapat dilakukan. Semakin cepat Anda datang, semakin baik pula hasilnya. Direkomendasikan agar Anda tiba di unit gawat darurat untuk mendapatkan penanganan dalam waktu kurang dari 120 menit dengan waktu ideal “golden hour” kurang dari 60 menit.

health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Foto Penulis
Ditulis oleh Thendy Foraldy Diperbarui 07/01/2021
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x