Efek Samping dan Aturan Pakai Nitrogliserin untuk Penyakit Jantung

Efek Samping dan Aturan Pakai Nitrogliserin untuk Penyakit Jantung

Banyak kalangan menganggap nitrogliserin sebagai obat “dewa” yang mampu menyelamatkan nyawa saat terkena serangan jantung. Lantas, bagaimana aturan pakai nitrogliserin sebagai obat jantung? Adakah efek samping bila diberikan tanpa indikasi yang jelas?

Apa itu nitrogliserin?

Nitrogliserin adalah obat yang digunakan untuk mengobati nyeri dada (angina). Kondisi ini bisa terjadi saat organ jantung tidak mendapatkan suplai oksigen yang memadai.

Umumnya orang yang mengalami angina merasakan dada seperti ditekan beban berat. Sensasi ini juga bisa menyebar hingga ke leher, lengan kiri, dan rahang bawah.

Obat yang juga disebut gliseril trinitrat ini termasuk dalam golongan vasodilator. Obat ini bekerja dengan cara memperlebar pembuluh darah sehingga aliran darah bisa lancar kembali.

Secara umum, nitrogliserin atau gliseril trinitrat sebagai obat untuk mengatasi penyakit jantung dan pembuluh darah harus diberikan berdasarkan resep dokter.

Efek samping obat nitrogliserin

gejala angina

Sama halnya dengan obat-obatan lain, obat nitrogliserin bisa menyebabkan efek samping. Efek samping sering membaik saat tubuh Anda sudah terbiasa dengan obatnya.

Efek samping ringan

Penggunaan obat nitrogliserin pada pengidap penyakit jantung umumnya dapat menimbulkan efek samping, meliputi:

  • nyeri kepala,
  • pusing,
  • kelemahan,
  • detak jantung yang meningkat,
  • mual,
  • muntah,
  • flushing atau kemerahan pada kulit, dan
  • ruam kulit.

Jika efek samping yang Anda alami tergolong ringan, maka hal ini biasanya akan hilang sendiri dalam beberapa hari atau minggu.

Namun, segera hubungi dokter Anda bila gejala ini tidak menghilang atau bahkan memburuk.

Efek samping serius

Efek samping yang paling ditakuti dalam penggunaan obat nitrogliserin untuk jantung ini adalah terjadinya hipotensi atau penurunan tekanan darah secara drastis.

Kondisi ini bisa mengancam nyawa penggunanya. Maka dari itu, segera hubungi ambulans atau pergi ke rumah sakit terdekat bila mengalami gejala, meliputi:

  • merasa pusing hingga pingsan,
  • pandangan kabur,
  • mual dan muntah,
  • kulit yang dingin dan lembab, dan
  • pernapasan cepat dan dangkal.

Nitrogliserin bisa memicu reaksi alergi

Pasien dengan riwayat alergi juga berisiko mengalami reaksi alergi serius (anafilaksis) setelah minum obat nitrogliserin. Kondisi ini ditandai dengan gejala, seperti ruam, gatal, sulit bernapas, dan pembengkakan pada wajah, lidah atau tenggorokan. Segera cari pertolongan darurat bila mengalami gejala alergi tersebut.

Aturan pakai obat nitrogliserin untuk penyakit jantung

aturan minum obat jantung

Menurut Formularium Nasional dari Kementerian Kesehatan RI, obat nitrogliserin terdiri dari tiga sediaan, yakni tablet sublingual, kapsul lepas lambat, dan cairan infus intravena (IV).

Setiap sediaan obat ini memiliki manfaat, dosis, dan aturan pakai yang berbeda seperti berikut.

Tablet sublingual

Nitrogliserin sublingual digunakan untuk meredakan serangan angina. Obat ini juga membantu mencegah nyeri dada saat beraktivitas berat atau berada di cuaca dingin.

Obat hanya digunakan dengan meletakkan tablet pada bawah lidah. Biarkan tablet obat ini larut dengan sendirinya, jangan minum air atau menelannya secara langsung.

  • Pengobatan: 0,3–0,6 mg yang diletakkan di bawah lidah. Pemberian bisa diulang tiap 5 menit hingga maksimal 3 kali pemberian.
  • Pencegahan: 0,3–0,6 mg yang diletakkan di bawah lidah selama 5–10 menit sebelum melakukan aktivitas yang berisiko menimbulkan serangan angina.

Peringatan

Apabila kondisi Anda tidak membaik setelah lima menit mengonsumsi satu tablet nitrogliserin, segera pergi ke IGD rumah sakit terdekat atau telepon ambulans.

Kapsul lepas lambat

Nitrogliserin kapsul lepas lambat diminum dengan bantuan air seperti biasa. Obat ini membantu mencegah angina, terutama pengidap penyakit jantung koroner.

  • Pencegahan: dosis awal 2,5–6,5 mg yang diminum 3–4 kali sehari. Dosis obat ini bisa ditingkatkan hingga 26 mg yang diminum 4 kali sehari bila perlu.

Infus intravena (IV)

Nitrogliserin dalam sediaan cairan infus hanya diberikan untuk kondisi serius yang memerlukan penanganan darurat. Pemberian obat ini hanya boleh dilakukan oleh petugas kesehatan.

Beberapa kondisi terkait jantung dan pembuluh darah yang membutuhkan obat nitrogliserin infus seperti di bawah ini.

  • Serangan jantung: 15–20 mcg/menit, lalu ditingkatkan secara bertahap hingga 10–15 mcg/menit.
  • Sindrom koroner akut: 10 mcg/menit, lalu ditingkatkan secara bertahap hingga 10 mcg/menit setiap 30 menit.
  • Gagal jantung kongestif: 20–25 mcg/menit, lalu diturunkan menjadi 10 mcg/menit atau ditingkatkan hingga 20–25 mcg/menit setiap 15–30 menit.
  • Kontrol tekanan darah selama operasi: 25 mcg/menit, lalu ditingkatkan secara bertahap hingga 25 mcg/menit setiap 5 menit.

Jangan gunakan obat nitrogliserin tanpa anjuran dokter

Sebagai golongan obat keras, nitrogliserin hanya boleh Anda gunakan berbekal resep dokter.

Nitrogliserin merupakan obat yang hanya boleh digunakan dalam keadaan khusus, termasuk untuk mengatasi serangan jantung atau nyeri dada akibat gangguan jantung.

Apabila Anda atau orang terdekat menghadapi kondisi gawat darurat serta tidak mengetahui penyebabnya, ada baiknya tidak memberikan sembarang obat.

Segera membawa pasien ke rumah sakit terdekat atau menghubungi layanan darurat ialah langkah paling tepat yang perlu Anda lakukan.

Kesimpulan

  • Nitrogliserin adalah obat yang digunakan untuk mengobati serangan angina (nyeri dada) akibat serangan jantung atau gangguan kardiovaskular lainnya.
  • Obat nitrogliserin bisa menimbulkan pusing sehingga disarankan tidak mengemudi atau mengoperasikan mesin setelah meminumnya.
  • Di Indonesia, nitrogliserin memiliki tiga sediaan, yakni tablet sublingual, kapsul lepas lambat, dan infus intravena (IV), dengan manfaat dan tujuan yang berbeda.
  • Mintalah resep dan konsultasikan dengan dokter Anda untuk mengetahui langkah penggunaan obat yang tepat.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

What is angina? (2022). National Heart, Lung, and Blood Institute. Retrieved December 9, 2022, from https://www.nhlbi.nih.gov/health/angina

Nitroglycerin sublingual. (2017). MedlinePlus. Retrieved December 9, 2022, from https://medlineplus.gov/druginfo/meds/a601086.html

Glyceryl trinitrate (GTN): Used to treat angina (chest pain) and anal fissures. (2020). NHS UK. Retrieved December 9, 2022, from https://www.nhs.uk/medicines/glyceryl-trinitrate-gtn/

Glyceryl trinitrate. (2020). MIMS Indonesia. Retrieved December 9, 2022, from https://www.mims.com/indonesia/drug/info/glyceryl%20trinitrate?mtype=generic

Kim KH, Kerndt CC, Adnan G, et al. (2022). Nitroglycerin. StatPearls. Retrieved December 9, 2022, from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK482382/

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Satria Aji Purwoko Diperbarui just now
Ditinjau secara medis oleh dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa