home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Tumor Jantung

Definisi tumor jantung|Tanda-tanda & gejala tumor jantung|Penyebab tumor jantung|Faktor-faktor pemicu tumor jantung|Diagnosis dan Pengobatan|Pengobatan tumor jantung di rumah|Pencegahan tumor jantung
Tumor Jantung

Definisi tumor jantung

Apa itu tumor jantung?

Tumor jantung atau Anda sebut juga dengan cardiac tumor/cardiac neoplasma adalah pertumbuhan abnormal pada sel-sel jantung. Sel abnormal ini dapat muncul di lokasi mana pun, seperti pada katup, di dalam otot jantung, di dalam bilik, atau di sekitar jantung.

Jika sel abnormal pertama kali muncul pada organ jantung, ini disebut dengan tumor jantung primer. Sementara bila muncul pertama kali dari bagian tubuh lain dan menyebar ke jantung, ini disebut dengan tumor sekunder. Biasanya, tumor ganas ini berawal dari ginjal atau paru-paru.

Pertumbuhan tumor pada organ yang memompa darah ini bisa bersifat jinak atau ganas. Tumor jinak cenderung tumbuh lambat, hanya pada satu area, dan sering kali tidak menimbulkan bahaya. Sebaliknya, jika tumor ganas atau kanker cenderung tumbuh dengan cepat dan bisa menyebar ke bagian tubuh lain.

Melansir laman Boston’s Children Hospital ada beberapa jenis tumor pada jantung, yakni rhabdomyma, fibroma, dan myxoma. Pada orang dewasa jenis yang paling sering menyerang adalah myxoma, sedangkan pada anak adalah jenis rhabdomyoma yang biasanya terkait dengan sindrom tuberous sclerosis.

Seberapa umumkah kondisi ini?

Tumor pada jantung merupakan kondisi yang langka, menurut National Cancer Institute. Jika diperkirakan, ada sekitar 1 dari 2000 orang. Sebagian besar kasus merupakan tumor jinak, yang biasanya muncul pada usia anak-anak. Meski begitu tidak menutup kemungkinan jika orang dewasa juga bisa mengalami kondisi ini.

Tumor jinak pada organ yang memompa darah ini tetap bisa mengancam jiwa jika menyebabkan masalah dengan sirkulasi darah atau detak jantung tidak beraturan (aritmia).

Langkanya kasus tumor ini diselidiki oleh para ilmuwan. Mereka menemukan bahwa jantung terbuat dari jaringan ikat dan sel otot yang tidak bersiklus cepat, sehingga kecil kemungkinannya untuk berubah menjadi abnormal atau berpotensi kanker.

Munculnya sel kanker mungkin terjadi pada jaringan epitel yang bersiklus lebih cepat, sehingga rentan terhadap mutasi (kesalahan dalam membelah diri) sehingga bisa menyebabkan sel abnormal.

Tanda-tanda & gejala tumor jantung

kardiomiopati

Neoplasma jantung jenis apa pun, biasanya tidak menimbulkan gejala. Biasanya tandanya adalah adanya massa pada jantung yang diketahui mungkin secara tidak sengaja lewat tes pencitraan.

Meski begitu, beberapa orang dengan kondisi ini juga bisa merasakan gejala. Gejalanya muncul secara tiba-tiba, dan kadang menyerupai penyakit jantung.

Berikut ini adalah gejala tumor jantung primer yang mungkin saja terjadi, meliputi:

  • kesulitan bernapas saat berbaring atau saat tidur,
  • kepala pusing, bisa juga mengalami pingsan,
  • palpitasi jantung, dan
  • nyeri dada atau sesak di dada.

Gejala neoplasma jantung yang meniru penyakit jantung endokarditis, mungkin:

  • demam dan batuk,
  • berat badan menurun tanpa penyebab yang jelas,
  • nyeri sendi,
  • perubahan warna pada jari, yakni kulit membiru saat ditekan,
  • kuku melengkung dengan pembesaran jaringan lunak pada jari, dan
  • pembengkakan pada kaki, pergelangan tangan, atau perut.

Kapan harus periksa ke dokter?

Jika Anda atau anggota keluarga menunjukkan gejala seperti di atas, segera periksa ke dokter. Munculnya menandakan bahwa Anda perlu mendapatkan pertolongan medis segera.

Penyebab tumor jantung

Penyebab tumor jantung tidak diketahui secara pasti, tapi umumnya dianggap sebagai hasil dari pembelahan sel yang tidak normal. Ketidakteraturan sistem kekebalan tubuh juga mengurangi kemampuan untuk mendeteksi adanya sel abnormal dan melawan pertumbuhan tumor.

Hampir 10% dari semua kasus neoplasma jantung primer terjadi dalam keluarga. Itu artinya, kondisi ini terjadi karena diwariskan oleh orangtua.

Faktor-faktor pemicu tumor jantung

Ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami neoplasma pada jantung, yakni:

  • terpapar radiasi, benzena, atau sinar matahari secara berlebihan,
  • terinfeksi virus tertentu,
  • punya kebiasaan merokok,
  • memiliki anggota keluarga dengan penyakit kanker, pernah menderita kanker, atau sedang memiliki kanker di dalam tubuh selain di jantung.

Diagnosis dan Pengobatan

jahitan operasi

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Jarangnya kasus dan gejalanya yang mirip dengan masalah kesehatan lainnya membuat kondisi ini sangat sulit untuk didiagnosis. Oleh karena itu, untuk menegakkan diagnosis, biasanya dokter akan meminta Anda untuk menjalani tes kesehatan, berupa:

  • tes darah,
  • rontgen dada,
  • ekokardiogram (tes pencitraan menggunakan gelombang ultrasound yang menghasilkan gambar bergerak dari jantung dan katup jantung),
  • elektrokardiogram (tes untuk merekam aktivitas kelistrikan jantung),
  • kateterisasi jantung untuk mengindentifikasi jenis tumor,
  • CT scan atau PET scan, serta angiografi koroner.

Bagaimana pengobatan tumor jantung?

Operasi pengangkatan tumor biasanya menjadi pilihan pengobatan pertama. Akan tetapi, dokter perlu mengevaluasi kembali apakah pasien membutuhkannya atau tidak. Indikator pengobatan akan dilihat berdasarkan ukuran tumor dan efeknya pada kesehatan pasien secara menyeluruh.

Pengangkatan tumor memerlukan bedah jantung terbuka. Namun, pada banyak kasus, pembedahan dapat dilakukan secara robotik atau menggunakan teknik yang paling tidak invasif (tidak melalui pembedahan terbuka).

Selama operasi, ahli bedah mengangkat tumor dan jaringan sekitar untuk mengurangi risiko kembalinya tumor. Ini tergolong operasi rumit dan memerlukan jantung yang diam, Anda akan membutuhkan mesin jantung-paru yang akan bertindak sebagai jantung dan paru-paru Anda selama operasi berlangsung.

Pemulihan setelah operasi biasa umumnya berlangsung selama 4-5 hari di rumah sakit, dan butuh waktu 6 minggu untuk pemulihan total.

Jika tumor diangkat menggunakan metode robotik atau metode yang minim invasif, waktu inap Anda di rumah sakit kemungkinan akan lebih cepat, dan Anda akan pulih total dalam 2-3 minggu.

Setelah operasi, Anda akan perlu melakukan ekokardiogram setiap tahunnya untuk memastikan tumor tidak kembali dan tidak ada pertumbuhan baru.

Pengobatan tumor jantung di rumah

perawatan setelah kemoterapi

Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan secara mandiri dan pengobatan rumahan yang membantu Anda mengobati tumor jantung.

Pasien perlu mendapatkan dukungan psikologis sangat penting untuk pasien tumor ganas (kanker). Jika pasien terasingkan dari lingkungan dan mengidap depresi, pasien mungkin tidak bisa merespons pengobatan yang diberikan dengan baik.

Hal ini dapat menyebabkan meningkatnya komplikasi kesehatan dan berkurangnya peluang kesembuhan. Anda mungkin bisa bergabung dengan komunitas survivor kanker atau kelompok serupa lainnya untuk membantu membangkitkan semangat.

Selain itu, pasien juga butuh dukungan keluarga. Keluarga berperan penting dalam mengurus tes dan jadwal perawatan selanjutnya. Keluarga juga harus membantu mengatur pola makan dan aktivitas yang diperlukan pasien.

Pencegahan tumor jantung

pencegahan kanker tulang
Close up of a doctor and patient hands discussing something while sitting at the table . Medicine and health care concept

Menghindari atau menurunkan faktor-faktor yang meningkatkan risiko, bisa menjadi cara tepat untuk mencegah tumor ganas maupun jinak pada jantung. Mulai dari sekarang hentikan kebiasaan merokok dan kurangi konsumsi alkohol.

Jika Anda perlu melakukan aktivitas di luar ruangan, pastikan menggunakan pelindung, seperti topi atau payung untuk mengurangi paparan sinar matahari. Selalu hati-hati dalam bekerja terutama jika berhubungan dengan penggunaan bahan-bahan kimia.

Jika anggota keluarga Anda ada yang memiliki kanker, sebaiknya lakukan tes skrining kanker untuk mendeteksi adanya tumor.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Matters of the heart: Why are cardiac tumors so rare? (n.d.). Retrieved June 14, 2021, from https://www.cancer.gov/types/metastatic-cancer/research/cardiac-tumors.

Heart cancer: PREVALENCE, Symptoms & management. (n.d.). Retrieved June 14, 2021, from https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/16840-heart-cancer.

Heart tumor: Boston Children’s Hospital. (n.d.). Retrieved June 14, 2021, from https://www.childrenshospital.org/conditions-and-treatments/conditions/c/cardiac-tumor.

Sesupport, S. (2014, December 04). Heart tumors. Retrieved June 14, 2021, from https://www.hopkinsmedicine.org/heart_vascular_institute/conditions_treatments/conditions/heart_tumors.html.

Foto Penulis
Ditulis oleh Aprinda Puji pada 2 minggu lalu
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
x