home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

6 Kondisi yang Bisa Menyebabkan Tekanan Darah Rendah

6 Kondisi yang Bisa Menyebabkan Tekanan Darah Rendah

Kebanyakan orang lebih fokus dengan kenaikan tekanan darah karena bisa menyebabkan hipertensi yang berujung dengan penyakit jantung. Namun, bukan berarti Anda boleh menganggap sepele kondisi tekanan darah yang menurun. Pasalnya, kondisi ini ternyata sama bahayanya dengan tekanan darah tinggi. Lantas, apa sih penyebab dari tekanan darah rendah?

Penyebab tekanan darah menjadi rendah

monitor tekanan darah

Tekanan darah dihasilkan ketika jantung memompa darah ke seluruh arteri darah dalam tubuh. Saat darah mengalir melalui arteri, darah memberikan tekanan pada dinding arteri.

Tekanan itulah yang dinilai sebagai ukuran kekuatan aliran darah atau Anda kenal dengan sebutan tekanan darah. Jika tekanan darah di dalam arteri lebih rendah dibandingkan normal, biasanya disebut dengan tekanan darah rendah (hipotensi).

Tekanan darah yang normal, ukurannya 120/88 mm Hg, tetapi tekanan darah seseorang tiap waktunya tidak selalu sama, selalu berubah-ubah. Beberapa ahli mengatakan bahwa tekanan darah yang rendah berada pada ukuran sistoliknya 90 (angka pertama) dan distoliknya berukuran 60 (angka kedua).

Nah, tekanan darah dari normal menjadi rendah ternyata terjadi akibat penyebab seperti berikut ini.

1. Kehamilan

Pada saat hamil, peredaran darah wanita berkembang sangat cepat, berbeda ketika tidak sedang hamil. Hal ini terjadi karena selama kehamilan terdapat perubahan hormonal yang menyebabkan pembuluh darah membesar, dan tekanan darah menurun.

Tekanan darah mulai turun pada awal kehamilan dan biasanya umum terjadi pada usia kehamilan trimester kedua. Kondisi normal dan biasanya dalam kembali ke tingkat normal setelah melahirkan.

2. Penyakit jantung

kardiomiopati

Tidak hanya hipertensi, pengidap penyakit jantung bisa saja mengalami tekanan darah rendah. Penyebab tekanan darah yang rendah ini berasal dari penyakit jantung itu sendiri. Terutama pada orang yang mengalami detak jantung sangat lambat (bradikardia), masalah katup jantung, serangan jantung, dan gagal jantung.

Kesemua penyakit di atas, membuat jantung tidak dapat mengedarkan cukup darah untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda. Fungsi jantung yang bermasalah dalam memompa darah ini membuat tekanan darah menjadi menurun.

3. Masalah pada sistem endokrin

Sistem endokrin adalah sistem yang mengatur kelenjar yang menghasilkan hormon untuk organ-organ di dalam tubuh. Adanya masalah pada sistem ini membuat produksi hormon juga terganggu, dan akhirnya menjadi penyebab tekanan darah menjadi rendah.

Contoh masalah endokrin yang mempengaruhi tekanan darah antara lain:

  • hipotiroidisme (produksi hormon tiroid yang rendah akibat masalah pada kelenjar tiroid),
  • diabetes yang menimbulkan gejala hipoglikemia (kadar gula darah rendah),
  • penyakit Addison (kerusakan pada kelenjar adrenal).

4. Dehidrasi

Selain mulut kering dan tubuh kelelahan, dehidrasi juga bisa menjadi penyebab tekanan darah menjadi rendah. Dehidrasi terjadi ketika tubuh Anda kekurangan cairan.

Selama dehidrasi, darah yang bergantung pada air tidak dapat memasok peredaran darah ke seluruh tubuh. Akibatnya, kondisi ini menurunkan volume darah pada arteri dan vena dan menyebabkan darah rendah terjadi.

5. Minum obat-obatan tertentu

obat sakit gigi untuk ibu menyusui

Jika Anda mengonsumsi obat untuk mengobati hipertensi, sudah tentu obat-obatan ini dapat menjadi penyebab tekanan darah menjadi rendah. Tidak hanya jenis obat ini saja, obat untuk penyakit jantung, obat antidepresan, obat untuk penyakit Parkinson, dan kombinasi narkoba dengan alkohol.

Agar kondisi ini tidak terjadi, sebaiknya anda menggunakan obat sesuai arahan dokter. Tujuannya, untuk menghindari kelebihan dosis atau efek samping dari dua obat yang bereaksi satu sama lain.

6. Reaksi alergi

Anda tidak boleh menganggap sepele alergi. Pasalnya, beberapa orang bisa mengalmi reaksi alergi parah yang mengancam jiwa (anafilaksis), seperti sesak napas, gatal-gatal, pembengkakan pada tenggorokan, dan penurunan tekanan darah.

Pentingnya tahu penyebab tekanan darah rendah

minum es saat haid

Mengetahui penyebab menurunnya tekanan darah bisa membantu Anda mengatasi kondisi tersebut. Sebagai contoh, ketika Anda berolahraga atau beraktivitas luar ruangan pada siang hari, Anda akan rentan mengalami dehidrasi dan tekanan darah rendah.

Nah, untuk mencegah terjadinya hal tersebut, Anda perlu minum lebih banyak air. Begitu juga dalam menggunakan obat-obatan tertentu, Anda harus lebih dahulu konsultasi ke dokter supaya lebih aman. Sementara jika penyebab tekanan darah rendah berkaitan dengan kondisi atau masalah kesehatan tertentu, Anda perlu mengikuti pengobatan dan gaya hidup yang dokter sarankan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Low blood pressure (hypotension). (2020, September 22). Retrieved June 03, 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/low-blood-pressure/symptoms-causes/syc-20355465.

Blood pressure chart: What your reading means. (2021, February 03). Retrieved June 03, 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/high-blood-pressure/in-depth/blood-pressure/art-20050982.

Low blood pressure – when blood pressure is too low. (n.d.). Retrieved June 03, 2021, from https://www.heart.org/en/health-topics/high-blood-pressure/the-facts-about-high-blood-pressure/low-blood-pressure-when-blood-pressure-is-too-low.

 

 

Foto Penulis
Ditulis oleh Aprinda Puji pada 20/01/2017
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
x