4 Tips Mudah Mengatasi Mual Tanpa Obat

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 22/02/2018 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Mual adalah salah satu rasa tidak nyaman yang dirasakan tubuh, terutama bagian perut. Kebanyakan mual akan berujung pada muntah. Sebetulnya, mual bisa diatasi dengan obat. Namun, kebanyakan minum obat juga tidak baik untuk kesehatan. Kira-kira, adakah cara mengatasi mual selain pakai obat? 

Kenapa Anda bisa merasa mual?

Mual adalah dorongan rasa ingin muntah. Namun, tidak semua mual diikuti dengan muntah. Muntah adalah reflex yang tidak dapat dikontrol untuk mengeluarkan isi lambung Anda melalui mulut. Penyebabnya bervariasi mulai dari hamil, mabuk kendaraan, keracunan makanan, hingga paparan racun kimia.

Bagaimana cara mengatasi mual tanpa obat?

Untuk menghilangkan dan mengatasi mual, ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk dilakukan. Berikut tipsnya untuk Anda.

1. Mengonsumsi makanan dan minuman jahe

Jahe punya khasiat yang sudah sejak lama digunakan untuk mengatasi mual, sakit perut, dan diare. Di China, misalnya, jahe sudah digunakan untuk mengobati berbagai masalah pencernaan dan rasa sakit nyeri. Belum jelas bagaimana cara kerja jahe untuk mengurangi rasa mual. Namun, ditemukan adanya zat aktif di dalam kandungan jahe yang bisa memengaruhi sistem saraf pencernaan dan pusat.

Menurut Lauren Ricther, DO, asisten profesor pengobatan keluarga dan masyarakat di Center for Integrative Medicine di University of Maryland School of Medicine, jahe memang ampuh sebaga penawar mual, terutama saat hamil. Anda bisa menggunakan jahe dengan cara diminum sebagai teh, dimasak bersama bahan masakan lain, dan dijadikan permen.

2. Minum teh chamomile

Teh kamomil (chamomile) adalah salah satu teh herbal paling populer di dunia. Teh ini tersedia di pasar atau toko bahan makanan, dan mereka sering mengandung bubuk bunga kamomil, murni atau dicampur dengan ramuan obat populer lainnya.

Secara tradisional, chamomile telah dinilai sebagai obat untuk mengatasi mual, mabuk perjalanan, dan diare. Teh dari bunga ini bisa membantu mengusir gas, menenangkan perut, dan merelaksasi otot-otot yang memindahkan makanan melalui usus.

3. Minum atau menghirup bau lemon

Lemon dengan wanginya yang khas dan cukup tajam bisa menjadi salah satu cara mengatasi mual bagi Anda yang tidak mau minum obat. Dalam sebuah penelitian, sekelompok 100 wanita hamil diinstruksikan untuk menghirup minyak esensial lemon dan minyak almond saat mereka merasa mual.

Hasilnya ditemukan,  kalau lemon bisa membuat rasa mual mereka berkurang dan hilang setelah dihirup. Anda bisa mengiris atau mengusap-usap kulitnya untuk mengeluarkan bau lemon. Ini bekerja dengan cara yang sama karena membantu melepaskan minyak esensial ke udara. Anda juga bisa minum air hangat yang direndam lemon untuk mengatasi rasa mual dan tidak enak pada bagian perut.

4. Atur pernapasan sembari menghirup aromaterapi

Dalam sebuah penelitian dari Healthline, para peneliti mencoba untuk menentukan aroma aromaterapi yang paling efektif dalam mengurangi mual setelah operasi.

Peneliti meminta para peserta untuk bernapas dengan perlahan melalui hidung dan menghembuskan nafas melalui mulut tiga kali, sembari diberikan aroma terapi di sekitarnya.

Hasilnya, semua peserta mengatakan bahwa mual mereka terasa berkurang. Hal ini membuat para periset menduga bahwa pernapasan yang tenang dan terkendali bisa memberikan rasa yang lebih baik di tubuh.

Dalam studi kedua, peneliti mengonfirmasi bahwa aromaterapi dan pernapasan yang teratur bisa mengatasi mual secara efektif. Caranya, coba hirup dalam-dalam napas Anda dari hitungan satu sampai tiga. Setelahnya, tahan napas lagi sampai hitungan ketig, buang dan lakukan secara berulang.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"

Yang juga perlu Anda baca

8 Hal yang Perlu Dipersiapkan Saat Keluar Rumah di Masa New Normal

Ada beragam persiapan yang perlu dibawa saat beraktivitas di luar ruangan pada masa New Normal. Cari tahu daftar perlengkapan yang perlu disediakan.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Konten Bersponsor
persiapan saat new normal
Hidup Sehat, Tips Sehat 29/07/2020 . Waktu baca 6 menit

9 Cara Lindungi Diri Jalankan Hobi di Luar Ruang saat Adaptasi Kebiasaan Baru

PSBB memang mulai longgar, tetapi tetap ikuti tips lindungi diri di adaptasi kebiasaan baru agar terhindar dari COVID-19, Sobat Sehat!

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Konten Bersponsor
lindungi diri di adaptasi kebiasaan baru
Hidup Sehat, Tips Sehat 29/07/2020 . Waktu baca 5 menit

Hati-hati Penggunaan Obat Kortikosteroid Berlebihan

Sering disebut "obat dewa" karena bisa menyembuhan alergi, gatal-gatal, hingga flu, obat kortikosteroid juga bisa berbahaya jika dipakai berlebihan.

Ditulis oleh: dr. Angga Maulana
Hidup Sehat, Tips Sehat 28/07/2020 . Waktu baca 4 menit

Minum Madu Setelah Minum Obat, Boleh atau Tidak?

Minum obat terus minum madu? Boleh atau tidak? Baiknya Anda simak penjelasan di sini mengenai bahaya dan anjuran saat minum madu.

Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Tips Sehat, Fakta Unik 27/07/2020 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

mengatasi rambut kering

5 Ramuan Alami Terbaik untuk Mengatasi Rambut Kering

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 04/08/2020 . Waktu baca 4 menit
Konten Bersponsor
menghadapi kecemasan di new normal

Tips Menghadapi Kecemasan Kembali Beraktivitas di Era New Normal

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 03/08/2020 . Waktu baca 5 menit
nutrisi untuk mencegah covid

Penuhi Nutrisi Ini untuk Mencegah Penularan Coronavirus saat New Normal

Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 30/07/2020 . Waktu baca 9 menit
Konten Bersponsor

8 Tips Lari di Luar Ruangan saat Masa New Normal

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 29/07/2020 . Waktu baca 5 menit