6 Khasiat Teh Chamomile yang Baik Bagi Tubuh

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Pernahkan Anda merasakan manfaat teh chamomile yang baik untuk tubuh? Ya, chamomile merupakan salah satu bunga yang sering dijadikan salah satu sumber obat herbal yang berkhasiat baik bagi tubuh. Bunga chamomile ini lebih sering dijadikan sebagai minuman teh, dengan cara dikeringkan terlebih dahulu. Mau tau, apa saja khasiat teh chamomile bagi tubuh? Yuk, simak penjelasan artikel berikut ini.

Beragam manfaat teh chamomile bagi kesehatan

Berikut beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari teh chamomile:

1. Memperkuat kekebalan tubuh

Manfaat teh chamomile yang pertama ini baik untuk menguatkan kekebalan tubuh. Pasalnya,teh chamomile baik untuk menangkal berbagai jenis infeksi dalam tubuh, maka sistem imun dan kekebalan tubuh akan bertambah jika Anda rutin minum teh chamomile.

Pada kandungan teh chamomile juga terdapat senyawa fenolik yang memiliki kandungan anti bakteri, yang mampu menyerap racun dari makanan yang biasa Anda makan. Sebuah penelitian menyarankan, dengan meminum 5-6 gelas teh chamomile selama 2 minggu secara rutin, akan berdampak baik bagi tubuh untuk memerangi segala infeksi.

2. Meredakan nyeri haid

Jika Anda suka merasakan sakit pada saat menstruasi, cemas dan tidak nyaman di masa-masa haid itu, ada baiknya cobalah segelas teh chamomile selama menstruasi. Mengapa demikian? Manfaat dari teh chamomile ini salah satunya memiliki zat anti inflamasi dan relaksaksi pada tubuh. Selain meredakan sakit ketika haid, teh chamomile juga bisa menepis rasa kembung dan sakit perut akibat kram.

3. Meredakan stres

Mudah stres dan panik? Jangan khawatir, hal itu bisa terjadi oleh siapa saja. Dengan manfaat teh chamomile yang kaya akan sifat relaksasi, secangkir tehnya saja dapat meredakan rasa stres dan cemas pada pikiran Anda.

Ketika bunga chamomile dijadikan teh, saat diminum akan meningkatkan kadar serotonin dan melatonin dalam tubuh Anda yang baik untuk ketenangan dan relaksasi badan. Minumlah 2-3 cangkir teh chamomile per hari untuk mendapatkan khasiatnya. Tetapi ingat! Ibu hamil tidak disarankan mengonsumi teh chamomile selama kehamilan, karena akan meningkatkan potensi keguguran pada janin.

4. Mencegah diabetes

Beberapa penelitian di Inggris telah menunjukkan bahwa manfaat teh chamomile dapat berguna pada penderita diabetes. Teh chamomile dapat berguna menurunkan kadar gula darah dalam tubuh dan mengatur kadar insulin agar seimbang dalam darah. Tetapi sebelum Anda mengonsumsi minuman chamomile untuk diabetes Anda, baiknya konsultasikan dulu dengan dokter.

5. Memperkuat rambut

Banyak orang merasakan manfaat dari teh chamomile pada rambutnya. Dengan zat anti inflamasinya, teh chamomile yang rutin di konsumsi akan meringankan iritasi kulit kepala bagi Anda yang suka gatal di kepala. Selain itu senyawa fenoliknya mampu membuat rambut indah Anda kuat per helainya, serta rambut terlihat lebih lebat dan lembut.

6. Menyembuhkan alergi

Teh chamomile merupakan sumber anti alergen untuk Anda yang menderita alergi terhadap wangi maupun sentuhan tanaman. Contohnya, teh chamomile mampu mengatasi alergi yang ditimbulkan apa bunga aster atau krisan. Mengapa demikian? Karena zat alergen pada bunga chamomile yang dikeringkan dan dijadikan teh mampu memomodulasi respon imun tubuh manusia terhadap bunga-bunga tersebut. Lalu, anti histamin pada teh chamomile juga bermanfaat untuk menenangkan reaksi-reaksi alergi pada seluruh tubuh.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Apakah Bisa Hamil Jika Kita Menelan Sperma?

Saat oral seks, tidak jarang wanita kelepasan menelan sperma dari penis pria. Tapi amankah jika wanita menelan sperma? Temukan jawabannya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Seksual, Tips Seks 27 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Benarkah Radiasi dari Wi-Fi Bisa Memicu Kanker Anak?

Perdebatan para ahli soal bahaya radiasi wi-fi tentu meresahkan, apalagi jika Anda dan anak setiap hari mengakses wi-fi. Jadi, amankah wi-fi bagi keluarga?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kanker, Penyakit Kanker Lainnya 27 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Apakah Tremor Bisa Disembuhkan? Apa Saja Pengobatannya?

Dalam beberapa kasus, tremor bisa sembuh tapi bisa juga tidak. Tremor jenis apa yang bisa disembuhkan dan seperti apa pengobatannya? Cek di sini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Kesehatan Otak dan Saraf, Penyakit Saraf Lainnya 27 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Benarkah Minyak Kutus Kutus Baik untuk Kesehatan? Cek Faktanya di Sini!

Salah satu minyak herbal yang sedang populer adalah minyak kutus kutus. Namun sebelum beli, yuk cek klaim manfaat minyak kutus-kutus di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Pengobatan Herbal dan Alternatif, Herbal A-Z 27 Januari 2021 . Waktu baca 9 menit

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat habbatussauda

Segudang Manfaat Kesehatan Habbatussauda, Jintan Hitam dari Timur Tengah

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 28 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
gatal setelah mandi

Gatal Setelah Mandi? Beberapa Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 28 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
jenis buah sehat

Jenis Buah-buahan yang Paling Sehat, Menurut Kebutuhan Anda

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 28 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
obat kuat alami

11 Pilihan Obat Kuat Alami yang Bikin Pria Lebih Tahan Lama di Ranjang

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 9 menit