home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

4 Titik Akupresur untuk Mengatasi Mabuk Perjalanan

4 Titik Akupresur untuk Mengatasi Mabuk Perjalanan

Mabuk perjalanan dapat menimbulkan sejumlah keluhan, mulai dari mual, sakit kepala, rasa tidak enak badan, terus-menerus sendawa, hingga muntah. Kondisi ini sebenarnya bisa ditangani dengan obat-obatan. Namun, apabila Anda lebih senang mencari cara alami untuk mengatasi mabuk perjalanan, akupresur dapat menjadi pilihannya.

Titik akupresur untuk mengatasi keluhan mabuk perjalanan

Akupresur adalah metode pengobatan tradisional dengan menekan titik tertentu pada tubuh. Tujuannya adalah melancarkan aliran energi yang terhambat agar tubuh dapat berfungsi kembali dengan normal.

Dari sisi medis, tekanan pada akupresur bermanfaat untuk melancarkan aliran darah, mengendurkan otot, dan merangsang produksi hormon endorfin yang memberikan rasa rileks. Dengan demikian, tubuh terasa lebih nyaman dan tidak mudah mual.

Berkat manfaat tersebut, akupresur diyakini bermanfaat untuk mengatasi mabuk perjalanan. Beberapa titik yang dapat ditekan adalah sebagai berikut:

1. Titik pericardium 6 (PC6 atau P6)

Sumber: Healthline

Titik PC6/P6 terletak di tengah-tengah pergelangan tangan bagian dalam. Melansir salah satu penelitian dalam jurnal PLoS One, tekanan pada titik PC6/P6 diketahui dapat meredakan keluhan mual dan muntah pascaoperasi.

Untuk mencobanya, lakukan langkah-langkah berikut:

  • Angkat tangan kiri dengan posisi telapak tangan menghadap Anda.
  • Tempelkan tiga jari tangan kanan Anda di tangan kiri, lalu tempelkan ibu jari Anda di bawah ketiga jari tersebut. Inilah titik PC6/P6.
  • Tekan ibu jari secara perlahan hingga Anda bisa merasakan dua baris otot.
  • Ulangi pada tangan kanan Anda.

2. Titik usus besar 4 (large intestine 4/LI4)

Sumber: Healthline

Titik akupresur lain yang dinilai efektif untuk mengatasi mabuk perjalanan adalah titik LI4. Titik ini juga disinyalir dapat meredakan mual akibat pusing, nyeri, dan sakit kepala. Anda dapat mencobanya dengan langkah-langkah berikut:

  • Angkat tangan kiri Anda, lalu cari titik pertemuan antara otot ibu jari dan jari telunjuk.
  • Jika sulit menemukannya, coba tempelkan ibu jari Anda dengan jari telunjuk. Titik LI4 terletak pada tonjolan antara kedua jari ini.
  • Tekan titik LI4 secara perlahan.
  • Ulangi pada tangan kanan Anda.

3. Titik spleen meridian 4 (SP4)

Sumber: Healthline

Seperti namanya, titik S4 terhubung dengan limpa. Titik akupresur yang terletak pada sisi dalam kaki ini dinilai efektif untuk mengatasi mual karena gangguan pada perut, termasuk akibat mabuk perjalanan.

Berikut langkah-langkah menerapkan akupresur pada titik SP4:

  • Duduklah, lalu angkat kaki kiri Anda hingga telapak kaki menghadap Anda.
  • Tempelkan jari tangan Anda pada ibu jari kaki, lalu ikuti garisnya sepanjang sisi dalam kaki.
  • Berhentilah saat jari Anda mencapai lengkungan kaki. Titik S4 terletak pada area tersebut, tepatnya di sebelah tulang kaki yang menonjol.
  • Tekan titik tersebut secara perlahan.
  • Ulangi pada kaki kanan Anda.

4. Titik perut 36 (stomach 36/ST36)

Sumber: Healthline

Satu lagi titik akupresur yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi mabuk perjalanan adalah titik ST36. Titik ini terletak di kaki, tepatnya di bawah tempurung lutut. Tekanan dan pijatan pada area ini diyakini dapat meredakan keluhan mual.

Untuk mencobanya, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Duduklah, lalu letakkan tangan kanan Anda di atas lutut kiri.
  • Tekan area kaki yang bersentuhan dengan jari kelingking. Jika Anda merasakan benjolan, ini adalah tulang kering Anda.
  • Titik ST36 terletak pada bagian luar tulang kering Anda.
  • Tekan area tersebut dengan gerakan memutar.
  • Ulangi pada kaki kanan Anda.

Akupresur merupakan metode yang cukup ampuh untuk mengatasi mual, termasuk yang disebabkan oleh mabuk perjalanan. Metode ini pun bisa menjadi salah satu pilihan saat Anda ingin meredakan mabuk perjalanan tanpa obat.

Meski demikian, Anda tetap disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter bila mual tak kunjung hilang, bertambah parah, atau disertai gejala lain.

Pasalnya, mual merupakan keluhan yang sangat umum dan dapat menandakan gangguan kesehatan lain.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

How does acupressure work? https://www.webmd.com/balance/qa/how-does-acupressure-work Diakses pada 12 November 2019.

7 Pressure Points for Nausea. https://www.healthline.com/health/pressure-points-for-nausea Diakses pada 12 November 2019.

Acupressure for Nausea and Vomiting. https://www.mskcc.org/cancer-care/patient-education/acupressure-nausea-and-vomiting Diakses pada 12 November 2019.

Acupressure Point P6: Pericardium 6 or Nei Guan. https://exploreim.ucla.edu/self-care/acupressure-point-p6/ Diakses pada 12 November 2019.

Cheong, K., Zhang, J., Huang, Y. and Zhang, Z. (2013). The Effectiveness of Acupuncture in Prevention and Treatment of Postoperative Nausea and Vomiting – A Systematic Review and Meta-Analysis. PLoS ONE, 8(12), p.e82474.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Diah Ayu Lestari Diperbarui 10/06/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro