Serba-serbi Penyakit Kawasaki yang Menyebabkan Anak Demam

Oleh

Penyakit kawasaki adalah suatu kondisi yang menyebabkan peradangan di dinding arteri berukuran sedang di seluruh tubuh, termasuk arteri koroner yang memasok darah ke otot jantung. Penyakit kawasaki juga disebut mucocutaneous lymph node syndrome karena ia juga mempengaruhi getah bening, kulit, dan selaput lendir di dalam mulut, hidung, dan tenggorokan. Ini adalah kondisi langka yang terutama mempengaruhi anak-anak di bawah usia lima tahun.

Gejala pada kasus ini adalah suhu tinggi yang berlangsung lebih dari lima hari disertai dengan ruam, pembengkakan kelenjar di leher, bibir kering dan pecah-pecah, jari kaki atau tangan merah, dan mata merah. Setelah beberapa minggu, gejala tersebut menjadi kurang begitu parah, namun dapat bertahan lebih lama. Pada tahap ini, anak yang terkena mungkin akan mengalami pengelupasan kulit pada jari tangan dan kaki mereka.

Fase-fase penyakit kawasaki

Gejala penyakit ini muncul dalam fase-fase.

Fase pertama

Tanda dan gejala pada fase pertama mungkin termasuk:

  • Demam yang seringnya lebih tinggi dari 39°C dan berlangsung lebih dari 5 hari
  • Mata sangat merah (konjungtivitis) tanpa banyak cairan
  • Ruam pada bagian utama dari tubuh dan di daerah genital
  • Bibir merah, kering, dan pecah-pecah, serta lidah bengkak dan sangat merah
  • Kulit di telapak tangan dan telapak kaki membengkak dan memerah
  • Pembengkakan di kelenjar getah bening di leher dan mungkin di tempat lain
  • Sifat mudah marah

Fase kedua

Pada tahap kedua penyakit ini, penderita dapat mengembangkan:

Fase ketiga

Pada fase ketiga, tanda dan gejala perlahan-lahan pergi, kecuali jika komplikasi berkembang. Ini mungkin terjadi selama delapan minggu sebelum tingkat energi tampak kembali normal.

Penyebab penyakit kawasaki

Infeksi

Gejala-gejala penyakit kawasaki ini mirip dengan infeksi, sehingga bakteri atau virus mungkin bertanggung jawab, tetapi sejauh ini penyebabnya belum teridentifikasi. Penyakit ini tidak dapat menular dari satu orang ke orang lain, sehingga tidak mungkin jika kondisi ini disebabkan oleh virus saja. Penyakit kawasaki biasanya tidak mempengaruhi bayi di bawah enam bulan, meskipun terkadang anak yang sangat muda dapat mengembangkan kondisi.

Genetik

Anak-anak yang mengidap penyakit kawasaki mungkin cenderung disebabkan oleh genetik. Ini berarti orangtua berpengaruh pada penyakit init. Dan bisa jadi tidak hanya satu gen saja yang bertanggung jawab, mungkin ini juga hasil dari banyak gen. Penyakit kawasaki lebih sering terjadi pada anak-anak dari timur laut Asia, terutama Jepang dan Korea. Ini juga menunjukkan genetik sangat berpengaruh.

Teori lainnya

Ada teori yang mengatakan bahwa penyakit ini mungkin disebabkan oleh kondisi autoimun, di mana sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan sehat dan organ.Teori lain juga menunjukkan bahwa penyakit ini mungkin adalah reaksi dari obat tertentu atau polusi lingkungan, seperti bahan kimia atau toksin (racun).

Pengobatan

Untuk mengurangi risiko komplikasi, dokter anak Anda pasti menginginkan pengobatan sesegera mungkin kepada anak Anda. Tujuan dari pengobatan awal adalah untuk menurunkan demam dan peradangan, serta mencegah kerusakan jantung. Untuk mencapai tujuan tersebut, dokter mungkin akan merekomendasikan:

Aspirin

Anak Anda mungkin diresepkan aspirin jika memiliki penyakit kawasaki. Ini adalah salah satu pengecualian untuk peraturan penggunaan aspirin pada anak-anak di bawah 16 tahun. Jangan pernah memberikan aspirin pada anak Anda kecuali jika diresepkan oleh seorang ahli kesehatan, karena hal itu dapat menyebabkan efek samping, termasuk sindrom Reye. Pengobatan memakai aspirin untuk penyakit ini dapat dimulai jika demam menetap.

Aspirin boleh digunakan untuk penyakit kawasaki, karena:

  • Dapat meringankan rasa sakit dan ketidaknyamanan
  • Dapat membantu mengurangi suhu tinggi (demam)
  • Pada dosis tinggi, aspirin adalah anti-inflamasi, ia mengurangi pembengkakan
  • Pada dosis rendah, aspirin adalah antiplatelet, ia mencegah pembentukan penggumpalan darah

Imunoglobulin intravena

Imunoglobulin intravena (IVIG) merupakan solusi antibodi yang diambil dari donor sehat dan disuntikkan langsung ke pembuluh darah pasien. Penelitian telah menunjukkan IVIG dapat mengurangi demam dan risiko masalah jantung. Imunoglobulin yang biasa digunakan untuk mengobati penyakit kawasaki adalah gamma globulin. Jika pasien masih mengalami peningkatan gejala setelah diberikan IVIG, maka mereka dapat diberikan dosis IVIG kedua.

BACA JUGA:

Yang juga perlu Anda baca