Nyeri perut di sebelah kanan, artinya apa, ya? Beberapa dari Anda mungkin sering merasakan nyeri perut di sebelah kanan yang tidak diketahui apa penyebabnya. Saat Anda merasakan hal ini mungkin Anda berpikir bahwa nyeri yang dirasakan pasti akan hilang dan tidak ada masalah apa pun dalam tubuh Anda. Tapi, tunggu dulu, jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan. Bisa saja nyeri yang Anda rasakan di perut sebelah kanan adalah tanda dari penyakit tertentu.

Nyeri perut umumnya digunakan untuk menggambarkan rasa sakit yang berasal dari organ-organ dalam rongga perut. Organ-organ yang berada di rongga perut adalah lambung, usus kecil, usus besar, hati, kantung empedu, limpa, dan pankreas. Nyeri perut ini dapat Anda rasakan dalam intensitas ringan sampai nyeri akut parah dan dapat disebabkan oleh berbagai kondisi.

Apa penyebab nyeri perut sebelah kanan?

Nyeri perut bisa disebabkan karena peradangan, misalnya karena usus buntu, divertikulitis, dan kolitis. Juga dapat disebabkan oleh peregangan atau distensi organ, seperti obstruksi usus, penyumbatan saluran empedu oleh batu empedu, atau pembengkakan hati dengan hepatitis. Selain itu, nyeri perut juga dapat dirasakan karena tidak adanya pasokan darah ke dalam organ, seperti pada penyakit kolitis iskemik. Namun, untuk alasan yang tidak jelas, nyeri perut juga dapat terjadi bukan karena peradangan, distensi, atau ketidakadaan pasokan darah, seperti pada sindrom iritasi usus besar (irritable bowel syndrome/IBS).

Nyeri perut dapat Anda rasakan di berbagai bagian perut, seperti bagian tengah, kanan, atau kiri. Berbeda letak nyerinya, maka berbeda pula penyebabnya. Pada nyeri perut yang terletak di sebelah kanan, umumnya disebabkan oleh apendisitis akut, batu empedu atau kolik bilier, kolesistitis, atau penyakit lain yang berhubungan dengan hati, usus, ginjal, atau kandung empedu.

1. Apendisitis

Apendisitis atau radang usus buntu merupakan penyebab paling umum dari nyeri perut sebelah kanan bawah. Usus buntu merupakan organ perpanjangan dari dari usus besar. Radang usus buntu bisa terjadi saat terdapat sumbatan pada usus buntu akibat infeksi, akibatnya usus buntu membengkak dan Anda merasakan nyeri pada bagian perut sebelah kanan.

Nyeri yang dirasakan biasanya dimulai dari perut sekitar pusar (umbilikus) menuju ke perut sebelah kanan bawah. Rasa nyeri yang dirasakan menetap dan bisa memburuk jika Anda bergerak atau ada penekanan. Gejala lain yang menunjukkan penyakit apendisitis adalah kehilangan nafsu makan, mual, muntah, dan demam. Apendisitis biasanya diobati dengan melakukan operasi usus buntu.

2. Kolik bilier

Kolik bilier merupakan istilah medis yang digunakan untuk menggambarkan nyeri perut sebelah kanan atas yang muncul tiba-tiba. Kolik bilier terjadi saat adanya sumbatan pada saluran empedu oleh batu empedu. Nyeri yang ditimbulkan biasanya berlangsung selama beberapa menit sampai satu jam setelah Anda mengonsumsi makanan, terutama makanan berlemak.

Nyeri yang dirasakan bisa muncul mendadak dan berlangsung terus-menerus, kemudian rasa nyeri bisa meningkat intensitasnya, seperti gelombang. Rasa nyeri ini muncul dari perut bagian kanan ke sisi samping kanan dan bawah tulang belikat kanan. Selain itu, Anda juga bisa merasa mual dan muntah.

Jika Anda menderita gejala di atas ditambah dengan adanya demam, merasa panas dingin atau menggigil, kekuningan di sekitar area putih mata, mungkin ini disebabkan oleh kolesistitis. Kolesistitis bisa menjadi sangat serius jika tidak segera diobati.

3. Batu ginjal

Jika Anda mempunyai batu ginjal, Anda mungkin akan merasakan nyeri perut pada bagian kanan. Rasa nyeri karena batu ginjal seringnya mirip dengan rasa nyeri karena kolik bilier. Rasa nyeri muncul mendadak dan terjadi di sisi kanan perut atau pinggang. Rasa nyeri nyeri bisa menjalar ke pangkal paha. Anda juga bisa mengalami kram, mual, dan muntah.

Seringnya rasa nyeri ini muncul dalam intensitas yang sangat parah. Sehingga, biasanya individu yang merasakan nyeri ini akan berusaha untuk mencari posisi yang nyaman. Rasa nyeri yang dirasakan tergantung dari besarnya batu pada ginjal. Batu ginjal yang berukuran kecil mungkin tidak akan menimbulkan rasa nyeri seperti ini dan masih bisa keluar dari tubuh tanpa penanganan khusus. Namun, jika batunya sudah besar, lebih dari 7 mm, prosedur pembedahan diperlukan untuk mengeluarkan batu ini agar ginjal Anda tidak memburuk.

4. Sembelit

Konstipasi atau sembelit adalah kesulitan buang air besar. Perlu diingat bahwa sembelit bukan hanya karena feses yang keras atau sulit keluar, sembelit juga bisa dikatakan jika Anda jarang buang air besar. Normalnya, orang dewasa buang air besar sebanyak 3 kali atau lebih per minggu.

Sembelit terkadang menimbulkan rasa nyeri di bagian perut kanan. Jika keadaan ini memburuk, Anda juga bisa mengalami pembengkakan pada perut dan kadang muntah. Sembelit bisa dicegah atau diobati dengan minum air yang banyak dan makan makanan berserat.

5. Penyakit lain

Penyakit lain yang berhubungan dengan nyeri perut sebelah kanan adalah limfadenitis mesentrika (peradangan kelenjar getah bening pada selaput yang melekat di usus atau dinding perut), kista ovarium, kehamilan ektopik, kanker usus besar, hepatitis atau penyakit lain yang berhubungan dengan hati.

Jika Anda merasakan nyeri di bagian perut sebelah kanan disertai dengan gejala lain, sebaiknya segera periksakan ke dokter Anda. Dokter akan memeriksa Anda lebih lanjut untuk mengetahui penyakit atau masalah yang sedang Anda derita.

 

BACA JUGA

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca