Lidah adalah indra pengecap yang memiliki banyak fungsi. Selain mendeteksi rasa, lidah juga membantu Anda untuk berbicara dan mengunyah makanan. Normalnya, lidah yang sehat berwarna merah muda. Namun, karena adanya masalah kesehatan lidah bisa berubah menjadi hijau. Lantas, bagaimana cara mengatasi lidah berwarna hijau? Yuk, simak cara mengatasinya berikut ini.

Kenapa warna lidah berubah jadi hijau?

Tahukah Anda jika lidah bisa mendeteksi kesehatan mulut? Ya, ini bisa dilihat dari perubahan warna lidah, salah satunya lidah berwarna hijau. Kondisi ini bukan disebabkan oleh makanan atau minuman berwarna hijau, melainkan adanya masalah kesehatan, di antaranya:

Oral thrush

Penyakit ini membuat indra pengecap Anda memutih, tapi seiring waktu lidah akan berubah kehijauan. Selain lidah kehijauan, infeksi jamur ini juga menyebabkan benjolan di lidah, rasa sakit pada lidah sehingga sulit menelan atau berbicara, dan mudah berdarah jika tergores makanan atau sikat gigi.

Leukoplakia

Perubahan warna lidah akibat leukoplakia sama seperti oral thrush. Awalnya memutih kemudian berubah menjadi kehijauan. Kondisi ini biasanya terjadi pada orang yang sering merokok dan minum alkohol.

Kanker mulut

Lidah berwarna hijau bisa terjadi karena adanya sel-sel abnormal pada indra pengecap. Selain itu, gejala kanker mulut yang mungkin terjadi adalah adanya luka seperti sariawan yang tidak kunjung sembuh, lidah rentan berdarah, lidah membengkak, dan area bibir, wajah, hingga dagu akan mati rasa.

Lidah berbulu

Kondisi ini menandakan adanya tonjolan kecil di lidah sehingga terlihat seperti bulu-bulu. Permukaan kasar ini akan menyebabkan bakteri atau jamur ragi berkembang, mengubah warnanya jadi kehijauan. Selain warna lidah yang berubah, akan ada sensasi terbakar di lidah dan kemampuan untuk mendeteksi rasa jadi menumpul.

Lichen planus

Adanya ruam di lidah yang ditumbuhi bakeri atau ragi akan menyebabkan lidah kehijauan. Selain mengubah lidah berwarna hijau, lichen planus juga menimbulkan sensasi terbakar di mulut.

Cara mengatasi lidah berwarna hijau dan mencegahnya kambuh

penyebab lidah berwarna hijau

Mengatasi lidah berwarna hijau harus sesuai dengan penyebab yang mendasarinya. Jadi, tetap utamakan untuk konsultasi pada dokter. Pada kebanyakan kasus, masalah kesehatan ini disebabkan oleh infeksi bakteri atau jamur di mulut. Nah, pilihan pengobatan yang bisa Anda lakukan, meliputi:

  • Menggunakan obat antijamur, seperti nistatin, flukonazol, itrakonazol, atau clotrimazole untuk mengentikan infeksi jamur sekaligus membunuhnya
  • Minum antibiotik yang diresepkan dokter untuk membunuh bakteri penyebab infeksi
  • Obati dengan vitamin A atau retinoid untuk mengatasi leukoplakia
  • Minum antihistamin atau kortikosteroid untuk mengobati peradangan di lidah atau mulut. Kemudian, minum juga ibuprofen atau paracetamol untuk mengurangi rasa sakit
  • Sementara bila disebakan oleh kanker, pengobatan akan disesuaikan dengan stadium, jenis, dan lokasi sel yang abnormal. Perawatannya biasanya meliputi, operasi pengangkatan sel kanker, terapi radiasi, kemoterapi, terapi nutrisi, dan terapi yang targeted therapy.

Selain pengobatan dokter, ada perawatan pendukung untuk membantu mempercepat pemulihan lidah berwarna hijau sekaligus mencegahnya kambuh, yaitu:

  • Sikat gigi 2 kali sehari secara rutin pada pagi dan malam hari, yaitu setelah makan dan sebelum tidur
  • Lakukan flossing setiap hari untuk mengurangi bakteri dan kotoran yang menempel di gigi dan lidah
  • Menghindari obat kumur yang mengandung bahan kimia keras atau tinggi alkohol
  • Bilas mulut dengan larutan garam untuk membunuh bakteri penyebab infeksi
  • Meningkatkan asupan makanan mengandung probiotik, seperti yogurt
  • Perbanyak minum air dan jaga kadar gula darah tetap stabil dengan mengurangi makanan manis
  • Hindari pasta gigi yang mengiritasi mulut, seperti pasta gigi beraroma
  • Rutin cek kesehatan mulut dan gigi Anda selama masa pengobatan dan sesudahnya

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca