Ternyata ini Minyak Goreng yang Paling Sehat untuk Menggoreng

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 8 September 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Proses penggorengan makanan biasanya ada dua macam, yaitu dengan cara ditumis dan menggoreng sambil direndam dalam minyak yang banyak (deep fry). Selama proses penggorengan, minyak akan terserap ke dalam makanan dan terjadi pelarutan sebagian dari komponen makanan ke minyak goreng. Cara masak seperti ini sebenarnya buruk untuk kesehatan. Namun, Anda bisa menyiasatinya dengan memilih minyak goreng sehat.

Apakah Anda tahu minyak mana yang paling sehat untuk menggoreng?

Kriteria minyak goreng sehat

Ada beragam jenis minyak yang dapat dipakai untuk memasak. Kriteria minyak goreng yang baik adalah kandungan lemak jenuhnya berjumlah lebih sedikit dibandingkan dengan lemak tak jenuh yang ada dalam komposisi minyak tersebut.

Ketika memasak, minyak harus di bawah suhu tertentu agar tidak mengoksidasi dan menghasilkan radikal bebas. Banyak orang-orang yang menganggap bahwa minyak zaitun atau olive oil lebih sehat dibandingkan minyak goreng lainnya. Benarkah?

Minyak zaitun, minyak jagung, minyak kedelai, dan minyak bunga matahari: mana lebih sehat?

Peneliti di Sfax University Tunisia melakukan penelitian dan membandingkan minyak yang cocok untuk menggoreng. Mereka membandingkan minyak zaitun dengan minyak jagung, minyak kedelai dan biji bunga matahari.

Riset ini dipublikasikan di Journal of Agricultural and Food Chemistry. Mereka mencatat perubahan fisik, kimiawi, dan nutrisi pada minyak saat dipanaskan dan dipakai untuk menggoreng makanan.

Pada saat dipanaskan, minyak bisa memproduksi zat yang beracun dan kandungan nutrisinya bisa hilang atau berubah. Penelitian ini bertujuan menemukan minyak yang paling sedikit mengalami perubahan nutrisi saat dipakai untuk menggoreng berulang kali.

Tim peneliti menggoreng kentang dengan 3 suhu dengan 4 jenis minyak berbeda, minyak zaitun, minyak jagung, minyak kedelai dan minyak biji bunga matahari. Kentang digoreng dalam 3 suhu, 160 C, 190 C dan suhu 180 C.

Pengujian ini diulang 10 kali dengan minyak yang sama, dalam konsisi seperti rumah tangga umumnya. Cara berbeda dipakai untuk mengetahui perubahan minyak selama proses penggorengan.

Hasilnya menunjukkan bahwa jika dipakai untuk menggoreng, komposisi kimiawi minyak goreng secara umum akan stabil dibandingkan minyak biji-bijian. Sedangkan minyak zaitun ternyata adalah yang paling tahan terhadap oksidasi. Asam lemak trans serta persentase total zat nutrisinya adalah yang paling sedikit berubah pada suhu 160 derajat C saat dalam proses penggorengan.

Minyak zaitun yang paling sehat

Kesimpulannya, minyak zaitun lebih bagus dibandingkan minyak biji-bijian untuk menggoreng, karena kualitasnya dan nutrisinya lebih baik atau tidak banyak mengalami perubahan. Sedangkan International Olive Oil Council menyatakan bahwa minyak zaitun ideal untuk menggoreng, namun harus dengan kondisi dan suhu yang tepat dan tidak terlalu panas.

Tidak ada perubahan struktur pada minyak zaitun, dan kandungan nutrisinya tetap awet dibandingkan dengan minyak lainnya. Bukan hanya kandungan antioksidannya saja, tetapi juga karena kandungan oleic acid yang tinggi.

Cara menggunakan minyak goreng agar tetap sehat

  • Jangan panaskan minyak goreng dengan suhu terlalu tinggi.
  • Gunakan secukupnya saja agar senyawa yang terbentuk dari pemanasan tersebut tidak berlebihan.
  • Sebelum memasukkan bahan yang akan digoreng, pastikan minyak goreng panas terlebih dulu agar proses memasak tidak terlalu lama berada dalam minyak.
  • Gunakan kertas atau tissue untuk mengalasi makanan yang telah digoreng agar kelebihan minyak dapat diserap oleh kertas atau tissue.
  • Agar senyawa yang terbentuk akibat pemanasan tidak menjadi banyak dan tidak menempel pada makanan, ada baiknya tidak menggunakan minyak bekas berulang kali.
  • Simpan minyak goreng pada tempat sejuk dan tidak terkena cahaya agar kandungan pada minyak tidak mengalami perubahan.

Minyak goreng sehat tidak berarti membuat Anda berlebihan dalam mengonsumsi makanan yang di goreng. Tetap batasi untuk mengonsumsi makanan yang digoreng.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Bahan Pengganti Mentega untuk Membuat Kue yang Lebih Sehat

Ingin membuat kreasi kue yang lebih sehat tapi tetap lezat? Coba ganti mentega dengan bahan lain. Apa saja bahan yang bisa menjadi pengganti mentega?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Nutrisi, Hidup Sehat, Tips Sehat 22 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit

Benarkah Minyak Kelapa Memengaruhi Hormon Testosteron Pria?

Hormon testosteron dibutuhkan pria untuk meningkatkan gairah seks. Minyak kelapa disebut dapat memengaruhi dan meningkatkan kadar testosteron. Benarkah?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Perawatan Pria, Hidup Sehat 8 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit

Manfaat Masak Sendiri bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Saat mengakhiri hari yang sibuk, makan di luar rasanya menjadi pilihan tercepat dan mudah, padahal masak makanan sendiri punya banyak manfaat lho.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Hidup Sehat, Fakta Unik 3 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit

Seberapa Ampuh Minyak Zaitun Ampuh Mengobati Jerawat dan Bekasnya?

Minyak zaitun menjadi produk serba guna yang banyak digunakan untuk kecantikan termasuk mengatasi jerawat. Namun, jangan asal pakai sebelum tahu faktanya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Jerawat, Health Centers 16 Januari 2020 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat virgin coconut oil minyak kelapa dara; virgin coconut oil

Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Kesehatan

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 4 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit
bahan alami untuk mengusir kulit kepala gatal

Bahan-bahan Alami untuk Mengusir Kulit Kepala Gatal

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 9 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit
cara menggunakan minyak zaitun olive oil

Manfaat dan Cara Menggunakan Minyak Zaitun Dengan Benar untuk Memasak

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 28 Mei 2020 . Waktu baca 12 menit
makan sayuran

Tips Makan Sayuran Agar Mudah Dicerna oleh Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 27 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit