home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Minyak Canola Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Tapi Hati-hati Risiko Kesehatannya

Minyak Canola Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Tapi Hati-hati Risiko Kesehatannya

Minyak canola termasuk salah satu pilihan minyak yang lebih sehat untuk memasak karena mengandung 63% lemak tak jenuh tunggal. Lemak tidak jenuh tunggal dapat menurunkan kolesterol jahat LDL sehingga mampu mengurangi risiko penyakit jantung.

Meski manfaatnya cukup menguntungkan, minyak canola belum tentu baik untuk dimasukkan ke dalam rencana diet Anda.

Minyak canola bantu turunkan berat badan

Sebuah penelitian yang dilansir dari Medical Daily menunjukkan bahwa mengganti minyak goreng biasa dengan minyak canola dapat membantu mengurangi lemak perut hanya dalam waktu empat minggu.

Penelitian ini menyertakan 101 orang yang memiliki perut buncit dan lingkar pinggang di atas ukuran normal. Masing-masing dari mereka kemudian diminta menerapkan pola diet sehat selama 4 minggu dengan memasukkan minyak canola e dalam menu makanan hariannya. Setiap porsi makan para peserta juga tidak lupa disesuaikan dengan kebutuhan kalori berdasarkan berat badan dan pastinya tidak melebihi kebutuhan kalori harian mereka.

Penny M. Kris-Etherton, kepala tim penelitian ini mengatakan, lemak berlebih di perut dan berat badan peserta cukup banyak berkurang setelah berdiet dengan minyak kanola.

Minyak kanola kaya akan kandungan lemak tak jenuh tunggal dan asam linoleat yang bisa membantu menurunkan berat badan. Dilansir dari Health Line, penelitian lain menunjukkan bahwa pola makan tinggi lemak tak jenuh tunggal bisa menyebabkan penurunan berat badan setara dengan diet rendah lemak.

Namun, waspadai bahaya kesehatannya

Minyak nabati yang mengandung lemak tak jenuh tunggal seperti minyak canola mampu menekan risiko penyakit jantung. Di sisi lain, minyak kanola tinggi kandungan asam linoleatnya. Asam linoleat adalah turunan asam lemak omega-6 yang jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan dapat meningkatkan risiko banyak masalah kesehatan.

Minyak kanola tidak ideal untuk digunakan memasak suhu tinggi. Ketika dipanaskan, kandungan omega-6 dalam minyak ini akan beroksidasi dan menghasilkan senyawa eicosanoids yang memicu peradangan. Peradangan dapat meningkatkan faktor risiko beberapa penyakit serius, seperti penyakit jantung, peradangan sendi (arthritis), depresi, dan bahkan kanker. Peradangan yang diakibatkan oleh omega-6 juga mungkin merusak struktur DNA.

Selain itu, sekitar 90% produk minyak kanola di pasaran dibuat dari tanaman canola yang telah melalui rekayasa genetik (GMO). Sebagian besar minyak canola diolah menggunakan metode pemrosesan yang tidak alami, menggunakan suhu amat tinggi, deodorisasi (proses menghilangkan bau), dan diolah dengan menggunakan pelarut kimia heksana yang bersifat racun bagi tubuh.

Proses pemurnian minyak juga sering menambahkan sedikit lemak trans. Sebuah penelitian menemukan bahwa minyak canola mengandung sekitar 0,56-4,2% lemak trans. Lemak jenis ini sangat berbahaya bagi tubuh. Salah satunya dapat meningkatkan risiko Anda untuk mengalami penyakit jantung.

Pilih minyak canola yang cold-pressed

Apabila Anda ingin mencoba minyak canola, pastikan Anda memilih minyak kanola organik yang diproses lewat metode cold-pressed. Minyak canola jenis ini tidak menjalani proses pabrikan berbahaya sehingga tidak memiliki kandungan trans fat yang berbahaya.

Cara diet yang aman adalah dengan bijak memilih sumber makanan bergizi tinggi yang sehat dan seimbang. Jangan juga lupakan untuk terus rutin berolahraga jika ingin menurunkan berat badan secara sehat.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Novita Joseph Diperbarui 16/06/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x