Yuk, Coba Rutin Berendam Air Panas yang Terbukti Baik Bagi Jantung

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 29/11/2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Setelah seharian bekerja, tubuh Anda pasti terasa lelah. Salah satu cara mudah untuk mengatasinya adalah berendam air panas. Menurut sebuah studi, berendam air panas rutin setidaknya lima kali dalam seminggu bisa menjaga kesehatan jantung para lansia. Benarkah demikian?

Potensi berendam air panas untuk menjaga kesehatan jantung

Berendam dengan air panas biasanya dilakukan seseorang setelah berolahraga atau lelah beraktivitas. Uap panas dapat merelaksasi otot-otot pada tubuh yang tegang sehingga membantu Anda tidur lebih nyenyak. Namun, manfaat berendam air panas bukan hanya itu saja. Penelitian menunjukkan bahwa rutin berendam dengan air panas menyehatkan jantung para lansia.

Tim penelitian di Jepang yang dipimpin oleh Prof. Katsuhiko Kohara, dari Faculty of Collaborative Regional Innovative di Ehime University mempublikasikan penelitiannya mengenai hal ini pada jurnal Scientific Reports.

Prof. Kohara dan Timnya melibatkan sebanyak 873 peserta berusia 60 sampai 70 tahun dan menanyakan mereka mengenai kebiasaan berendam air panas di sauna.

Kemudian, peneliti menilai kesehatan jantung para peserta, dengan cara mengukur kecepatan denyut nadi brakialis pada kaki yang jadi patokan ukuran aterosklerosis. Mengukur juga tingkat plasma peptida natriuretik tipe B, yang jadi patokan mengukur muatan jantung.

Selanjutnya, peneliti juga mendata 164 peserta yang menjalani minimal 2 kali pemeriksaan medis. Hasilnya menunjukkan bahwa peserta yang rutin berendam air panas setidaknya 5 kali dalam seminggu memiliki efek yang bermanfaat ada jantung mereka, yaitu menurunkan risiko aterosklerosis dan penurunan muatan jantung.

Penelitian lain juga menunjukkan hasil yang tidak berbeda jauh. Orang yang rutin berendam air panas, sebanyak empat hingga tujuh kali seminggu memiliki risiko stroke dan tekanan darah tinggi yang lebih rendah. Risiko kedua penyakit tersebut menurun sekitar 60 persen dan 46 persen dibanding orang yang berendam air panas satu kali seminggu.

Kenapa berendam air panas bisa menjaga kesehatan jantung?

berendam air panas

Peneliti percaya bahwa uap panas bisa melancarkan sirkulasi darah pada jantung dan mempercepat detak jantung jadi lebih cepat, sama saat Anda sedang berolahraga. Selain itu, berendam air panas secara rutin membuat tubuh rileks sehingga menurunkan stres.

Uap panas bisa merangsang kulit untuk memproduksi endorpin pada kulit. Endorpin adalah hormon yang mendorong perasaan Anda jadi lebih baik dan senang. Endorpin yang dirangsang dengan uap panas sama dengan endorpin yang dikeluarkan oleh tubuh saat Anda terpapar sinar matahari pagi hari. Nah, ketika suasana hati senang maka stres akan berkurang.

Semua efek uap panas itulah yang bisa membantu seseorang untuk menjaga kesehatan jantung. Berendam air panas juga meningkatkan kemampuan pernapasan jadi lebih baik. Suhu air dan tekanan yang ada pada dada bisa meningkatkan kapasitas paru-paru untuk mengambil oksigen lebih banyak.

Prof. Jeremy Pearson, seorang direktur medis di British Heart Foundation menambahkan, “Penelitian tersebut hanya pengamatan, mungkin ada faktor lain yang mendukung, seperti gaya hidup sehat.”

Maksudnya, menjaga kesehatan jantung bukan hanya sekadar rutin berendam air hangat saja. Anda benar-benar harus memerhatikan pola makan sehingga kadar kolesterol dan tekanan darah tetap terkontrol. Selain itu, Anda juga harus rutin melakukan olahraga, berhenti merokok, serta memiliki waktu tidur yang cukup.

Anda juga harus tahu bahwa terlalu lama berendam air panas juga bisa menyebabkan dehidrasi dan membuat kulit jadi kering. Jadi, pastikan untuk minum air putih sebelum berendam dan tidak berendam lama-lama.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"

Yang juga perlu Anda baca

Elektrokardiografi (EKG), Tes Deteksi Masalah Irama Denyut Jantung

EKG adalah tes untuk mencari tahu seberapa baik laju dan irama detak jantung Anda. Namun, tidak semua orang butuh atau diharuskan menjalani EKG.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 25/03/2019 . Waktu baca 7 menit

Studi: Paparan Berlebih dari Pestisida Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung

Sampai saat ini belum ada yang bisa mengalahkan pestisida sebagai pembasmi hama paling ampuh. Namun, risiko PJK naik 5 kali lipat akibat efek pestisida.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Hidup Sehat, Fakta Unik 05/02/2019 . Waktu baca 4 menit

Berapa Lama Seseorang Mampu Bertahan Hidup dengan Alat Pacu Jantung?

Alat pacu jantung digunakan untuk mengalirkan listrik ke bagian jantung yang terganggu. Lantas, berapa lama seseorang bisa bertahan hidup dengan alat ini?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Hidup Sehat, Fakta Unik 20/01/2019 . Waktu baca 4 menit

Awas, Sering Makan Terlalu Malam Bisa Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung

Kebanyakan orang menghindari makan terlalu malam karena takut gemuk. Bukan cuma itu, makan kemalaman juga bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, lho!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Hidup Sehat, Fakta Unik 07/12/2018 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat bermain golf

Segudang Manfaat yang Ditawarkan Dari Bermain Golf yang Sayang Dilewatkan

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 17/04/2020 . Waktu baca 5 menit
maraton meningkatkan kesehatan jantung

Riset Terbaru: Maraton Bisa Meningkatkan Kualitas Kesehatan Jantung

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 18/01/2020 . Waktu baca 4 menit
manfaat asam jawa kesehatan

Manisnya Manfaat Asam Jawa untuk Hidup yang Lebih Sehat

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 22/09/2019 . Waktu baca 5 menit
kacang kedelai untuk jantung

3 Manfaat Kacang Kedelai untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 04/07/2019 . Waktu baca 4 menit