3 Cara Mengusir Lendir Tenggorokan yang Tak Juga Hilang

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 07/07/2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Mungkin Anda sering mengalami rasa mengganjal di tenggorokan dan membuat hari Anda tidak nyaman. Hal ini disebabkan oleh lendir yang ada di dalam tenggorokan terlalu banyak dan menebal. Terkadang, untuk membuatnya lega Anda jadi berdeham sepanjang hari. Sebenarnya, apa sih yang membuat tenggorokan berlendir? Lalu bagaimana mengatasinya?

Apa penyebab lendir tenggorokan yang selalu membuat Anda sering berdeham?

Pada dasarnya, lendir tidak hanya ada di dalam tenggorokan saja, tetapi juga melindungi berbagai organ lain di dalam tubuh. Sama seperti lendir di bagian tubuh lain, lendir tenggorokan berperan sebagai ‘alat’ pertahanan alami yang dimiliki tubuh dan mencegah berbagai zat asing masuk ke dalam saluran tenggorokan.

Namun, akibat beberapa kondisi membuat produksi lendir menjadi terlalu banyak dan berlebihan, ini menimbulkan rasa mengganjal di tenggorokan. Biasanya, kondisi yang menyebabkan lendir menjadi menebal adalah kehadiran bakteri atau alergen. Masuknya bakteri dan alergen ke dalam saluran pernapasan, akan secara otomatis membuat tenggorokan memproduksi lendir lebih banyak dari pada biasanya. Jika alergen atau bakteri tersebut tidak ditangani dengan cepat, bisa jadi menyebabkan masalah yang lebih besar seperti kesulitan bernapas atau menelan.

Lendir akan cenderung dihasilkan lebih banyak jika selaput lendir kering yang dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti:

  • Tidak minum cukup air
  • Minum kopi, teh, atau alkohol yang terlalu banyak, sehingga mengakibatkan tubuh mengalami kehilangan cairan.
  • Meminum obat-obatan tertentu yang merangsang produksi lendir
  • Merokok

Lalu bagaimana cara mengurangi lendir tenggorokan yang berlebihan?

Jika memang produksi lendir berlebihan di tenggorokan diakibatkan oleh kebiasaan, maka Anda dapat mengatasinya dengan mengubah kebiasaan buruk Anda. selain itu, ada juga beberapa makanan yang bisa membantu melegakan tenggorokan Anda dari lendir yang terlalu tebal tersebut, seperti:

1. Buah-buahan dan sayuran sumber vitamin C

Buah dan sayur tidak hanya kaya dengan vitamin dan mineral, tetapi mengandung banyak antioksidan. Antioksidan sangat diperlukan tubuh untuk melawan berbagai kuman dan bakteri penyakit yang menyerang.

Menurut University of Maryland Medical Center, buah dan sayur yang memiliki kandungan vitamin C – salah satu jenis antioksidan – yang tinggi, ampuh untuk mengatasi gangguan pernapasan dan melegakan saluran napas yang tersumbat. Sumber vitamin C yang bisa Anda konsumsi yaitu, buah jeruk, melon, kiwi, serta berbagai sayuran yang berwana hijau.

2. Cairan hangat

Jika tenggorokan terasa ada yang mengganjal dan kemudian Anda minum air hangat, maka tindakan Anda tersebut sudah benar. Ya, cairan hangat dipercaya dapat melegakan tenggorokan yang tersumbat akibat lendir yang menumpuk. Tetapi, lebih baik jika memilih air putih hangat saja ketimbang dengan air teh, kopi, atau susu hangat, sebab jenis minuman tersebut hanya akan membuat lendir tenggorokan semakin menebal.

3. Ikan dan kacang-kacangan

Lendir tenggorokan yang menebal terjadi akibat infeksi bakteri, sehingga hal yang perlu Anda lakukan adalah meningkatkan kekebalan tubuh agar bakteri bisa kalah dan hilang. Sementara, untuk membuat tubuh menjadi lebih kuat dan sistem kekebalan tubuh meningkat, Anda dapat mengupayakannya dengan mengonsumsi berbagai jenis kacang-kacangan, seperti kedelai, kenari, dan almon, yang mengandung banyak asam lemak tidak jenuh. Selain itu ikan salmon dan tuna yang mempunyai kandungan tinggi omega 3, mampu membuat bakteri hilang dengan cepat.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"

Yang juga perlu Anda baca

Berbagai Penyebab Penyakit Infeksi Saluran Kencing yang Perlu Anda Ketahui

Anyang-anyangan alias infeksi saluran kencing membuat Anda sering kebelet dan terasa sakit saat buang air kecil. Apa saja penyebab infeksi saluran kencing?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Urologi, Urologi Lainnya 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit

Nokturia, Penyebab Sering Buang Air Kecil pada Malam Hari

Nokturia adalah kondisi yang membuat Anda sering kencing pada malam hari. Pelajari gejala, penyebab, dan cara mengatasinya di sini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Urologi, Kandung Kemih 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Kandung Kemih bagi Pria dan Wanita?

Hati-hati, tidak menjaga kesehatan kandung kemih membuat Anda rentan kena berbagai gangguan sistem kemih seperti infeksi saluran kencing hingga kanker.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Urologi, Kandung Kemih 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit

Ginseng Korea: Benarkah Ampuh Atasi Berbagai Masalah Seksual Pria?

Ginseng Korea diyakini bisa mengatasi masalah pria, dari impotensi hingga ejakulasi dini. Tapi apakah manfaat ginseng ini sudah terbukti dan teruji klinis?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Seks & Asmara 05/08/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

rileksasi tubuh

5 Cara Sederhana untuk Relaksasi Sehabis Olahraga

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 07/08/2020 . Waktu baca 4 menit
mengobati infeksi saluran kencing obat cefixime antibiotik

7 Pengobatan Alami Mengobati Infeksi Saluran Kencing

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 07/08/2020 . Waktu baca 8 menit
cara menghilangkan varises dengan skleroterapi

Sering Menggoyang-goyangkan Kaki Saat Tidur? Ini Penyebabnya

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 06/08/2020 . Waktu baca 3 menit
sering kencing di malam hari

7 Cara Mengatasi Sering Buang Air Kecil yang Mengganggu

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit