Kenali Tanda dan Gejala Kanker Pankreas Berdasarkan Jenisnya

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Dilansir dari Mayo Clinic, 1 dari 10 kasus kanker pankreas disebabkan oleh faktor keturunan. Namun, risiko Anda terhadap kanker pankreas bisa meningkat apabila Anda berusia 50 tahun ke atas; seorang perokok aktif; dan/atau memiliki masalah kesehatan tertentu — seperti diabetes, tukak lambung, infeksi H. pylori, dan pankreatitis kronis. Bila tidak diobati, kanker bisa menyebar dengan cepat ke organ atau pembuluh darah yang berada di sekitarnya. Maka dari itu, Anda perlu mengenali berbagai tanda dan gejala kanker pankreas sejak dini untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Gejala kanker pankreas yang mungkin terjadi

Kanker pankreas bisa tidak menimbulkan gejala apapun pada awalnya sehingga sulit untuk didiagnosis. Gejala biasanya muncul jika kanker sudah memasuki stadium lanjut,  saat sel kanker sudah mulai menyebar. Gejala kanker pankreas pun bisa berbeda, tergantung dari jenisnya.

Gejala kanker pankreas adenokarsinoma

Kanker pankreas karsinoma adalah sel kanker yang terbentuk di saluran pankreas dan menyerang kelenjar eksokrin. Kelenjar eksokrin adalah kelenjar yang memproduksi dan mengeluarkan zat ke permukaan epitel melalui saluran.

Gejala kanker pankreas karsinoma adalah:

  • Sakit perut yang ditandai dengan nyeri tumpul di perut atas. Rasa nyerinya bisa menyebar hingga ke punggung. Gejala ini sifatnya kambuhan; bisa datang dan pergi, namun sering terjadi.
  • Perut kembung. Adanya tumor pada pankreas akan menyebabkan perut terasa tidak nyaman, mudah kembung, dan mudah merasa kenyang. Selain itu, muncul juga gejala lainnya seperti mual dan muntah.
  • Penyakit kuning (jaundice). Sel kanker dalam pankreas bisa menyumbat aliran empedu sehingga terjadi penumpukan empedu dalam darah. Kondisi ini mengubah kulit dan putih mata menjadi kuning.  Selain itu, warna urin pun menjadi lebih gelap. Gejala lainnya dari penyakit kuning adalah gatal-gatal dan feses berwarna terang.

Ketika sudah menyebar, gejala kanker pankreas karsinoma akan memengaruhi seluruh tubuh yang meliputi:

  • Penurunan berat badan secara drastis
  • Rasa tidak nyaman pada tubuh
  • Kehilangan selera makan
  • Tekanan gula darah meningkat karena kemampuan pankreas untuk memproduksi insulin terganggu.

Gejala kanker pankreas neuroendokrin (tumor sel islet)

Kanker pankreas neuroendokrin adalah jenis kanker pankreas yang menyerang kelenjar produsen hormon. Kanker ini juga disebut tumor sel islet atau tumor neurendokrin.

Gejala kanker pankreas neuroendokrin hampir menyerupai kanker pankreas adenokarsinoma, seperti sakit perut, berat badan menurun drastis, hingga mual dan muntah. Hormon yang dilepaskan oleh tumor sel islet juga bisa menyebabkan beberapa gejala, seperti:

  • Insulinoma (kelebihan insulin), ditandai dengan berkeringat, cemas, pusing, dan pingsan akibat gula darah rendah.
  • Glukagonoma (kelebihan glukagon), ditandai dengan diare, haus berlebihan atau sering kencing, dan penurunan berat badan.
  • Gastrinoma (kelebihan gastrin), ditandai dengan sakit perut, seperti maag, namun mengeluarkan darah, dan penurunan berat badan.
  • Somatostatinoma (kelebihan somatostatin), ditandai dengan diare, nyeri perut, feses berlemak dan berbau busuk, serta penurunan berat badan.
  • VIPomas (kelebihan peptida usus vasoaktif), ditandai dengan diare, kram perut, dan kemerahan pada wajah.

Semua gejala kanker pankreas yang muncul bisa menyerupai gejala banyak penyakit lainnya. Oleh karena itu, bila Anda mengalami gejala-gejala yang telah disebutkan sebaiknya pergi ke dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat. Menunda pemeriksaan dan pengobatan bisa memperparah kondisi dan menyulitkan pengobatan yang dilakukan.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: April 6, 2018 | Terakhir Diedit: Maret 22, 2018

Sumber
Yang juga perlu Anda baca