Pilihan Makanan yang Tepat untuk Penderita Kanker Pankreas

    Pilihan Makanan yang Tepat untuk Penderita Kanker Pankreas

    Keberadaan tumor ganas pada pankreas bisa memengaruhi kondisi pencernaan. Selain itu, efek samping pengobatan kanker pankreas sendiri bisa menyebabkan gangguan pencernaan seperti mual, muntah, dan diare. Untuk itu, penderita kanker pankreas sebaiknya tidak sembarangan mengonsumsi makanan. Pilihlah jenis makanan yang lebih mudah dicerna dan bisa mengurangi gejala gangguan pencernaan yang dialami. Apa saja jenisnya?

    Jenis makanan yang baik untuk penderita kanker pankreas

    Kanker pada pankreas dapat mengganggu proses pencernaan dan metabolisme tubuh secara keseluruhan.

    Ketika mulai menjalani pengobatan kemoterapi atau radioterapi, pasien biasanya mengalami efek samping yang menyerang pencernaan. Akibatnya, penderita sering mengalami gangguan seperti, kram perut, kekembungan, mual, muntah, dan konstipasi.

    Kanker pankreas juga bisa menyebabkan peningkatan gula darah dan penurunan berat badan secara drastis. Lebih jauh, gangguan proses pencernaan karena kanker ini bisa menyebabkan pasien mengalami malnutrisi (kekurangan nutrisi).

    Oleh karena itu, penderita perlu memilih jenis makanan yang tepat untuk membantu mengatasi gejala kanker pankreas dan memperkuat kondisi tubuh.

    1. Buah dan sayur

    Buah dan sayur

    Penderita kanker pankreas perlu lebih banyak mengonsumsi sumber antioksidan yang banyak ditemukan pada makanan nabati, seperti buah-buahan dan sayuran.

    Menurut penelitian yang dipublikasikan di jurnal Nutrients, diet dengan banyak mengonsumsi sumber antioksidan dari buah, sayuran, dan biji-bijian dapat memperpanjang harapan hidup pasien kanker.

    Meski begitu, kita tidak bisa sembarangan memilih buah dan sayuran. Pilihan buah dan sayur secara sembarang bisa membahayakan kerja pankreas dan sistem pencernaan yang telah terganggu kanker.

    Buah dan sayuran yang baik untuk penderita kanker pankreas adalah yang mudah dicerna dan tidak mengandung terlalu banyak pektin atau serat yang mudah larut dalam air. Di bawah ini beberapa jenis buah dan sayur yang dapat dijadikan makanan pilihan untuk kanker pankreas.

    • Pir
    • Pisang
    • Apel
    • Wortel
    • Bayam
    • Brokoli

    2. Karbohidrat tinggi serat

    karbohidrat

    Karbohidrat kompleks yang mengandung banyak serat dapat menjadi sumber energi yang tepat untuk penderita kanker pankreas, terutama jika pasien mengalami kenaikan kadar gula darah atau diabetes.

    Jenis karbohidrat kompleks yang dianjurkan sebagai makanan untuk penderita kanker pankreas seperti di bawah ini.

    • Nasi merah
    • Nasi cokelat
    • Gandum
    • Oatmeal
    • Ubi jalar
    • Jagung
    • Kacang-kacangan

    Meski begitu, Anda perlu mengatur asupan karbohidrat sesuai dengan kebutuhan kalori harian. Hindari mengonsumsi karbohidrat kompleks dalam jumlah banyak secara langsung dan berlebihan karena bisa menyebabkan gula darah melonjak.

    Pilihan Beras dan Sumber Karbohidrat Sehat Pengganti Nasi untuk Diabetes

    3. Protein rendah lemak

    protein

    Pankreas berperan penting memproduksi enzim yang membantu proses pencernaan lemak. Kanker yang terbentuk pada pankreas dapat menghambat produksi enzim sehingga pankreas tidak dapat memecah lemak sepenuhnya.

    Maka dari itu, penderita kanker pankreas sebaiknya menghindari asupan makanan tinggi lemak dan beralih ke sumber protein rendah lemak.

    Sama halnya dengan buah dan sayuran, penderita kanker pankreas perlu memilih jenis protein rendah lemak yang lebih mudah dicerna. Di bawah ini sumber protein rendah lemak yang direkomendasikan untuk penderita kanker pankreas.

    • Tahu
    • Tempe
    • Telur
    • Dada ayam
    • Ikan

    4. Lemak tak jenuh

    lemak tak jenuh makanan untuk kanker pankreas

    Kanker memang dapat menghambat fungsi pankreas untuk mencerna lemak, tapi lemak tetap diperlukan untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

    Agar lebih aman, Anda bisa memilih sumber lemak yang mudah dicerna di dalam tubuh. Jenis lemak yang menyehatkan adalah asam lemak tak jenuh tunggal (HDL) dan asam lemak tidak jenuh ganda (omega-3 dan omega-6).

    Asam lemak HDL dapat ditemukan pada minyak zaitun, kanola, alpukat, dan kacang pecan, almon, biji labu, dan biji wijen. Sementara omega-3 dan omega-6 bisa diperoleh dari ikan tuna, ikan sarden, minyak jagung, telur, dan kacang-kacangan.

    Dalam menjalani pola makan untuk kanker pankreas, dokter biasanya akan menganjurkan untuk memperbanyak makanan sumber nabati dari, buah, sayuran, serta biji-bijian utuh. Sumber protein dan lemak tetap disertakan untuk menyeimbangkan diet.

    Saat menerapkan diet nabati ini, tubuh biasanya memerlukan waktu untuk penyesuaian. Anda mungkin akan jenuh, tapi Anda bisa mengganti kombinasi makanan setiap seminggu sekali. Cobalah menggabungkan makanan dengan tekstur dan rasa yang berbeda sehingga lebih bervariasi.

    Penting juga untuk mengetahui cara mengatur jadwal makan dan porsi yang tepat sehingga tidak mudah memicu gangguan pencernaan. Untuk merancang menu diet untuk kanker pankreas, Anda bisa berkonsultasi dengan spesialis nutrisi untuk penyakit kanker.

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.

    General Practitioner · Medicine Sans Frontières (MSF)


    Ditulis oleh Fidhia Kemala · Tanggal diperbarui 30/08/2021

    Iklan
    Iklan
    Iklan
    Iklan