8 Hal yang Sebaiknya Tak Dilakukan Saat MenstruasiIni adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Oleh

Menstruasi adalah hal yang tidak bisa dihindari dari perempuan, begitu juga efek sakit yang ditimbulkan saat menstruasi. Darah yang diluruhkan saat menstruasi disebabkan tidak terjadinya pembuahan. Siklus bulanan ini dapat membuat suasana hati Anda kacau, sakit pada bagian perut, dan lesu, hal ini disebabkan oleh perubahan hormon estrogen pada perempuan. Ketika Anda mengalami kondisi PMS (premenstrual syndrome), atau kram saat menstruasi, rasanya Anda tidak ingin melakukan apa-apa, hanya berbaring saja di kasur. Penelitian baru-baru ini juga mengungkap fakta menarik, yaitu sangat normal saat kita lebih membutuhkan kasih sayang, sebab hormon progesteron juga mengalami penurunan.

BACA JUGA: Apa yang Terjadi Saat Astronot Menstruasi di Luar Angkasa?

Selain itu, kita sering mendengar mitos-mitos yang beredar di masyarakat, seperti saat menstruasi tidak boleh pergi malam-malam, padahal belum adanya penelitian dari sisi medis yang mengatakan hal seperti itu. Benarkah ada hal-hal yang tidak dapat dilakukan saat menstruasi? Apa saja hal-hal tersebut?

Apa saja hal yang perlu dihindari saat menstruasi?

Berikut ini hal-hal yang perlu Anda hindari saat sedang menstruasi:

1. Menonton film yang membuat emosi Anda jungkir balik

Anda perlu menghindari film menguras emosi Anda. Anda akan mengalami penurunan hormon estrogen, dan progesteron pada masa menstruasi. Oleh karena itu, emosi Anda pun akan tidak seimbang. Hormon estrogen mempengaruhi otak perempuan, yang dikaitkan juga dengan emosi, dan proses kognitif. Ketika menstruasi, kita bisa merasa bahagia, lalu tiba-tiba kesal, tiba-tiba marah, dan cemas. Jadi, sebaiknya hindari menonton film yang membuat Anda depresi.

2. Waxing dan cabut bulu

Penurunan hormon estrogen dan progesteron juga membuat tubuh kita lebih peka terhadap rasa sakit. Tubuh kita pun mengalami perubahan, seperti payudara yang bengkak, dan sakit. Jadi sebaiknya hindari kegiatan yang akan membuat Anda merasa sakit, seperti mencabut gigi, waxing bulu ketiak, mencabut bulu alis dan bulu halus lainnya. Tunggu sampai menstruasi Anda selesai, ketika kedua hormon tersebut telah kembali normal.

BACA JUGA: 8 Metode Menghilangkan Bulu di Tubuh

3. Berdiam diri

Menjelang dan ketika siklus menstruasi berlangsung, Anda akan merasakan kram pada perut, atau gejala PMS lainnya. Anda merasa ingin menghabiskan waktu seharian di dalam rumah, menonton televisi, melupakan kehidupan di luar. Faktanya, olahraga bisa meringankan rasa sakit akibat kram tersebut. Namun, perlu digarisbawahi, Anda juga perlu menghindari olahraga tertentu. Berolahraga yang berat hanya akan menambah rasa sakit tersebut.

4. Minum susu dan produk berbahan susu

Selain untuk kesehatan tulang, kalsium juga dapat mengurangi kram saat menstruasi. Alasannya adalah kalsium membantu menjaga otot juga. Tapi tidak dengan produk susu, Anda sebaiknya menghindarinya saat menstruasi. Memang susu mengandung kalsium, tapi susu dapat membuat perut Anda kembung. Hal ini yang akan membuat perut Anda yang sudah terasa membengkak menjadi semakin tidak enak. Lemak pada susu mengandung asam arakidonat yang memproduksi prostaglandin, hal ini yang dapat menyebabkan kram. Anda bisa mendapatkan kalsium dari makanan lainnya.

BACA JUGA: Keuntungan Minum Susu Setelah Olahraga

5. Menggunakan pembalut selama seharian penuh

Apakah Anda termasuk orang yang sering lupa mengganti pembalut? Jika ya, Anda harus mengubah kebiasaan tersebut. Mengganti pembalut perlu dilakukan sekitar empat jam sekali, dan bisa lebih ketika Anda darah yang dikeluarkan sedang dalam jumlah yang banyak. Pembalut yang tidak diganti dapat menyebabkan bakteri menyerang tubuh Anda.

6. Melakukan hubungan seks tanpa pengaman

Ada yang berpendapat sebaiknya tidak melakukan seks saat menstruasi, namun ada juga yang berpendapat bahwa Anda tetap dapat berhubungan seks meski sedang menstruasi, namun harus memakai kondom. Infeksi tetap dapat menular ketika Anda melakukan seks tanpa pengaman. Kelembapan vagina meningkat saat menstruasi, jamur pun bisa berkembang dengan cepat. Hal ini juga menghindari Anda dari menyebarkan infeksi pada pasangan.

BACA JUGA: Bisakah Hamil Jika Berhubungan Seks Saat Haid?

7. Memakan makanan yang mengandung garam tinggi

Sama seperti susu, makanan yang mengandung garam juga dapat menyebabkan perut kembung. Garam sering ditemukan pada makanan cepat saji. Lebih baik Anda memilih makanan seperti buah-buahan. Selain garam, Anda juga perlu minuman berkafein – cokelat, kopi, teh – sebab kafein dapat mengacaukan hormon di tubuh Anda.

8. Tidak ngemil

Camilan sehat tidak boleh dilewatkan saat Anda sedang menstruasi. Anda mungkin kehilangan banyak darah, dan merasa lemah, sehingga Anda perlu asupan nutrisi yang cukup. Anda bisa memilih alternatif seperti oatmeal, atau buah-buahan seperti pisang. Rendahnya kalium dalam tubuh dapat menyebabkan kram, sedangkan pisang kaya akan kalium.

Sumber
Yang juga perlu Anda baca