1. Definisi

Apa itu kaki diabetik?

Orang dengan diabetes dapat terkena banyak masalah kaki yang berbeda. Bahkan masalah biasa dapat menjadi lebih buruk dan mengakibatkan komplikasi serius. Masalah kaki yang paling sering terjadi ketika ada kerusakan saraf, disebut neuropati.

Meskipun bisa terasa sakit, kerusakan saraf di kaki karena diabetes juga dapat mengurangi kemampuan Anda untuk merasakan nyeri, panas, dan dingin. Hilangnya rasa sering kali berarti Anda tidak merasakan apapun saat mengalami cedera kaki. Anda bisa berjalan dengan nyaman seharian penuh meskipun di kaki Anda terdapat batu atau kerikil yang tidak Anda rasakan. Anda bisa memiliki bisul dan tidak merasakannya. Anda mungkin tidak menyadari cedera kaki sampai kulit rusak dan menjadi terinfeksi.

Kerusakan saraf juga dapat menyebabkan perubahan bentuk pada kaki dan jari-jari kaki Anda.

Apa saja tanda-tanda dan gejalanya?

Kaki diabetik dapat menyebabkan kesemutan, nyeri (seperti panas atau tersengat), atau kelemahan di kaki. Hal ini juga dapat menyebabkan hilangnya rasa di kaki, sehingga Anda dapat terluka dan tidak menyadarinya. Aliran darah yang buruk atau perubahan bentuk kaki  atau jari kaki juga dapat menyebabkan masalah.

  1. Cara mengatasinya

Apa yang harus saya lakukan?

Pengobatan tergantung pada jenis masalah kaki. Sebagai contoh, beberapa masalah seperti penebalan kulit di kaki mungkin memerlukan penggunaan sepatu korektif, sementara yang lain seperti infeksi ringan dapat diobati dengan antibiotik atau antijamur. Masalah lain mungkin perlu debridement dan antibiotik. Gangren, atau kematian jaringan, tidak dapat dikembalikan, tapi pengobatan tersedia untuk mencegah gangren (sering disebut gangren kering) dari penyebaran atau infeksi (gangren kering menjadi terinfeksi dan berkembang menjadi gangren basah).

Operasi pengangkatan jaringan mati biasanya diperlukan, dan antibiotik diberikan untuk mencegah perkembangan infeksi yang mengancam kehidupan di jaringan yang mati. Dalam kasus gangren yang serius, amputasi mungkin diperlukan.

Jenis masalah kaki lain dapat dihilangkan dengan pemilihan sepatu yang tepat, kadang-kadang dengan perangkat orthotic, dan belat atau kawat. Untuk beberapa kondisi seperti hammertoes, bunions, dan kuku tidak tumbuh; operasi mungkin diperlukan untuk memperbaiki kasus yang parah.

Orang dengan neuropati perlu lebih memperhatikan kaki mereka. Saraf menuju kaki adalah saraf terpanjang dalam tubuh dan yang paling sering terkena neuropati. Hilangnya rasa di kaki berarti bahwa luka atau cedera mungkin tidak disadari dan dapat menjadi borok atau terinfeksi. Masalah sirkulasi juga meningkatkan risiko borok kaki. Merokok meningkatkan risiko masalah kaki dan amputasi. Penyedia layanan kesehatan mungkin dapat memberikan bantuan untuk berhenti merokok.

Perawatan kaki bagi penderita diabetes dapat dilakukan dengan cara:

  • Membersihkan kaki setiap hari menggunakan air hangat dan sabun ringan. Hindari merendam kaki. Sebuah handuk lembut dapat digunakan untuk mengeringkan kaki dan di sela-seka jari kaki.
  • Memeriksa kaki dan jari-jari kaki setiap hari untuk luka, lecet, kemerahan, pembengkakan, kapalan, atau masalah lainnya. Penggunaan cermin genggam atau cermin lantai mungkin membantu dalam memeriksa bagian bawah kaki, atau orang lain dapat membantu memeriksa kaki Anda. Beri tahu dokter setiap ditemukan masalah.
  • Orang yang membutuhkan bantuan perwatan kaki harus mempertimbangkan untuk membuat janji dengan dokter kaki, atau biasa juga disebut podiatrist (ahli penyakit kaki).

Kapan saya harus ke dokter?

Anda harus segera menemui dokter jika:

  • Anda melihat luka di kulit kaki Anda, atau luka terbuka
  • Kulit di atas sebagian atau seluruh kaki berubah warna menjadi lebih merah, biru, pucat atau gelap
  • Anda melihat pembengkakan di kaki Anda di mana ada bisul atau cedera.
  1. Pencegahan

Beberapa masalah diabetes yang berhubungan dengan kaki dapat dicegah dengan menjalani langkah waspada untuk mengamati dan merawat kaki Anda. Jaga kadar gula darah tetap terkontrol (dalam range yang disarankan oleh dokter), dan ikuti rekomendasi diet serta program latihan olahraga. Ini merupakan cara terbaik untuk mencegah semua komplikasi diabetes, termasuk masalah kaki. Sebagai tambahan untuk menjaga diabetes Anda tetap terkontrol, Anda dapat menjalani langkah berikut untuk merawat kaki Anda, seperti:

  • Menggunakan alas kaki yang nyaman dan tertutup setiap saat. Sepatu khusus untuk orang yang mengalami pembengkakan ibu jari dan perubahan bentuk kaki sudah banyak tersedia jika dibutuhkan. Pastikan tidak ada benda asing yang terjebak di dalam sepatu yang dapat melukai kaki Anda.
  • Jangan berjalan dengan kaki telanjang, bahkan di rumah. Pastikan kaki Anda tidak terbakar dengan tidak berjalan kaki di jalanan aspal pada saat musim panas.
  • Selalu mencuci kaki Anda dengan air hangat dan mengeringkannya setelah dicuci.
  • Periksa kaki Anda setiap hari untuk setiap luka atau cedera.
  • Gunakan lotion untuk area kering, terutama tumit, tapi jangan gunakan lotion d iantara jari. Jangan gunakan gunting atau pisau cukur untuk menipiskan atau melepaskan ¬†penebalan atau kapalan.
  • Potong kuku secara tegak kurus, jangan memotong bagian sudut lebih pendek dibandingkan dengan bagian kuku lainnya
  • Pastikan dokter Anda memeriksa kaki Anda di setiap pemeriksaan
  • Hentikan meorokok jika Anda perokok. Merokok dapat meningkatkan risiko arterosklerosis dan berkurangnya sirkulasi darah ke kaki.

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca