Kurang mengonsumsi makanan sehat bisa menyebabkan kadar kolesterol dalam tubuh naik. Terlebih jika Anda yang gemar mengonsumsi makanan berlemak seperti gorengan, santan, ataupun makanan cepat saji.  Jika kolesterol sudah mengendap di tubuh, ini akan menimbulkan berbagai macam penyakit berbahaya seperti jantung, stroke, dan beberapa penyakit lainnya.

Ketika Anda sudah terlanjur menderita kolesterol tinggi, sudah seharusnya Anda menjaga makanan dengan mengonsumsi makanan sehat. Berikut makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi bagi orang yang memiliki kolesterol tinggi.

1. Oatmeal

Oatmeal mengandung serat larut, yang dapat mengurangi kadar lipoprotein low-density (LDL) atau kolesterol buruk. Serat larut juga ditemukan dalam makanan seperti kacang merah, apel, pir, dan plum. Serat larut dipercaya mampu mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah.

Konsumsi 5 sampai 10 gram atau lebih serat larut per hari dapat menurunkan kolesterol LDL. Ketika mengonsumsi 1 1/2 cangkir oatmeal yang dimasak, ini mengandung 6 gram serat. Sedangkan jika Anda menambahkan buah seperti pisang, Anda menambahkan 4 gram serat.

2. Ikan kaya asam lemak omega-3

Makan ikan berlemak dapat menyehatkan jantung karena memiliki asam lemak omega-3 tinggi yang dapat mengurangi tekanan darah dan risiko terjadinya pembekuan darah. Pada orang yang telah mengalami serangan jantung, minyak ikan atau asam lemak omega-3 dapat mengurangi risiko kematian mendadak.

American Heart Association merekomendasikan untuk makan setidaknya dua porsi ikan seminggu. Berikut beberapa ikan yang memiliki asam lemak omega-3 tinggi yaitu:

  • Ikan kembung
  • Ikan herring
  • Ikan sarden
  • Ikan tuna albacore
  • Ikan salmon
  • Ikan pecak

Direkomendasikan ketika mengonsumsi ikan sebaiknya dibakar atau dipanggang agar menghindari lemak yang tidak sehat. Jika Anda tidak suka ikan, asam lemak omega-3 dapat ditemukan pula dari makanan seperti biji rami atau minyak canola. Anda bisa juga mengonsumsi asam omega-3 dari suplemen minyak ikan, tetapi Anda tidak akan mendapatkan nutrisi lainnya dalam ikan, seperti selenium. Disarankan jika Anda memutuskan untuk mengonsumsi suplemen, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.

3. Kenari, almond, dan kacang-kacangan lainnya

Kenari, almond dan jenis kacang lainnya dapat mengurangi kadar kolesterol darah karena kaya asam lemak tak jenuh tunggal dan jamak. Kenari juga membantu menjaga pembuluh darah yang sehat. Makan segenggam kacang dalam sehari, seperti almond, hazelnut, kacang tanah, kemiri, kacang pinus, kacang pistachio dan walnut  dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Pastikan kacang Anda makan kacang yang tidak diberi garam maupun dilapisi dengan gula.

4. Alpukat

Alpukat merupakan sumber potensial nutrisi serta asam lemak tak jenuh tunggal. Menurut sebuah studi baru-baru ini, mengonsumsi alpukat sehari untuk diet sehat dapat membantu meningkatkan kadar HDL pada orang yang kelebihan berat badan atau obesitas. Orang-orang cenderung paling sering mengonsumsi alpukat guacamole ala resep Meksiko, yang biasanya dimakan dengan keripik jagung tinggi lemak.

Mulai sekarang, coba tambahkan irisan alpukat untuk salad dan sandwich atau dimakan saja sebagai makanan pendamping. Tapi tidak ada salahnya mencoba guacamole dengan baku sayuran yang dipotong, seperti irisan mentimun.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca