5 Kebiasaan Mudah yang Bisa Turunkan Berat Badan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 6 Maret 2020 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

Kunci untuk menurunkan berat badan ternyata bukan diet dan olahraga mati-matian.

Studi yang diterbitkan dalam Annals of Behavioral Medicine menyimpulkan bahwa perubahan yang dilakukan dalam rutinitas harian adalah cara terbaik untuk mendapatkan hasil berat badan ideal yang bertahan dalam jangka panjang.

Perubahan kecil, hasilnya besar

Dilansir dari Prevention.com, satu perubahan kecil baik itu pilihan makanan atau aktivitas fisik, seperti mengurangi soda atau berjalan kaki, yang dilakukan terus menerus berpotensi membawa perubahan yang signifikan pada berat badan Anda. Jika dibandingkan dengan diet kalori konvensional, partisipan penelitian menunjukkan hingga dua kali lipat pengurangan lemak tubuh, lingkar pinggang yang lebih langsing hingga 7 cm, dan empat kali lipat pengurangan total berat badan selama program per 4 minggu yang mereka lakukan.

BACA JUGA: 3 Cara Turunkan Berat Badan Tanpa Harus Diet Ketat

Saat Anda fokus terhadap beberapa perubahan kecil dalam satu waktu, Anda akan mulai membentuk suatu kebiasaan sehat yang berlangsung seumur hidup, daripada harus mengikuti pola diet ketat dan gym yang sering kali gagal karena sulit untuk diikuti. Memang, diet populer yang kini marak dilakukan oleh sejumlah orang terbukti mengurangi berat badan, namun besar kemungkinan bahwa satu dua kilo lemak akan kembali menghantui Anda usai menjalankan program tersebut.

Bingung untuk mulai dari mana? Jangan khawatir! Di bawah ini kami sajikan sejumlah tips sederhana yang dapat membuat perubahan besar dalam hidup Anda

1. Minum air putih dengan lemon

Minum air putih baik untuk kesehatan. Untuk mengurangi berat badan, minum setidaknya 3 liter air putih yang ditambahkan dengan lemon setiap hari. Menurut Jackie Warner, pelatih kebugaran fisik asal Amerika, menambahkan lemon membantu kerja hati untuk membuang racun dan juga memetabolisme lemak dalam tubuh hingga 33%.

Rajin minum air putih dengan lemon membakar ekstra 100 kalori setiap hari.

BACA JUGA: Benarkah Lemon Bisa Menurunkan Berat Badan?

2. Jangan tunggu sampai lapar

Untuk mengurangi berat badan, jangan biarkan tubuh terlalu lama kelaparan, kata Nicole Nichols, pakar fitnes dan editor dari Sparkpeople.com. Menunggu terlalu lama di antara jam makan menyebabkan makan dalam porsi dua kali lipat di waktu berikutnya.

Dengan catatan, kurangi porsi makan Anda di setiap waktu makan. Kuantitas makanan yang konstan dan jarak waktu makan yang sepadan akan membuat Anda tahan lapar lebih lama. Makan dengan perlahan dan nikmati menu Anda hari itu. Mengunyah tanpa terburu-buru akan menghasilkan kalori yang lebih sedikit tiap kali makan.

Saat Anda merasa kenyang, berhenti makan.

3. Makan sayur dan buah, bukan jus

Terdengar klise? Percayalah, tidak ada yang lebih baik dari makan sayur dan buah untuk mengurangi timbunan lemak di tubuh Anda.

Tapi ingat, makanlah buah dan sayuran segar, bukan dalam bentuk jus. Apalagi jus kemasan siap minum. Buah dan sayuran asli tinggi akan serat yang baik untuk tubuh, dan bisa membuat Anda kenyang lebih lama.

Jangan lupakan salad. Mandy Ingber, instruktur yoga selebritis, menganjurkan untuk mengganti menu makan siang Anda dengan sepiring penuh salad berisi alpukat, kacang-kacangan, dan sayuran berwarna-warni yang baik untuk memecah lemak dalam tubuh. Namun ingat, jangan tambahkan saus dressing seperti mayonaise atau thousand island, atau potongan ayam goreng yang justru dapat meningkatkan kalori jahat dalam salad Anda.

BACA JUGA: Kapan Waktu Terbaik dan Terburuk untuk Makan Buah

Menurut sebuah studi terbaru, wanita yang mengonsumsi serat dua kali lipat dari rekomendasi harian hingga 24 gram dapat menyerap 90 kalori lebih sedikit setiap harinya. Kebiasaan mudah ini saja bisa membantu Anda menghilangkan 5 kilogram dalam satu tahun.

4. Jangan ngemil di sofa

Bersantai di depan tv sambil ngemil terlihat sepele, namun kebiasaan makan “tanpa sadar” ini justru berperan besar pada penumpukan lemak di tubuh Anda. Ngemil sambil nonton tv membuat Anda tidak menyadari sinyal kenyang yang dikirim oleh otak Anda untuk berhenti makan.

Jika kebiasaan ini tidak bisa Anda lepaskan, mulai kurangi frekuensi dan jumlah porsi aemilan tinggi lemak dan kalori. Jika biasanya Anda ngemil makanan ini enam kali seminggu, perlahan kurangi menjadi 5 kali seminggu dan begitu seterusnya hingga menjadi satu kali seminggu. Di waktu yang sama, tukar menu camilan yang Anda kurangi dengan potongan buah segar atau sepiring salad.

Saat iklan, bergeraklah. Lakukan olahraga kecil-kecilan seperti lompat tali, squat, dan knee push-up untuk membangun ketahanan otot dalam waktu singkat. Olahraga sederhana ini sebenarnya sama efektifnya seperti olahraga di gym. “Otot Anda tidak akan mengetahui perbedaan antara olahraga manual menggunakan resistansi tubuh sendiri dengan resistansi yang diberikan oleh peralatan canggih,” kata Wayne Wescott, PhD, pakar fitnes dari Quinsy College. Hanya saja, satu kali set latihan mengharuskan otot merasa lelah dalam jangka waktu 60-90 detik.

5. Jalan kaki

Meningkatkan aktivitas fisik hanya beberapa menit saja terbukti membantu mengurangi berat badan. Jalan kaki setidaknya 5 menit setiap hari bagus untuk memulai kebiasaan sehat.

Ingat, kecepatan Anda berjalan dan jarak juga memainkan peran penting dalam menurunkan berat badan. Jalan kaki biasa akan membakar sekitar tiga perempat kalori per kilogram berat badan, sedangkan jalan cepat akan membakar sedikitnya 125 kalori per kilometernya. Penelitian membuktikan bahwa berjalan 10,000 langkah tiap hari membantu Anda mengurangi hingga 500 kalori per hari.

BACA JUGA: Turun Berat Badan Dengan Cara Jalan Kaki? Ini Rahasianya

Jika Anda rutin melakukan ini minimum 30 menit setiap hari 5 kali seminggu tanpa mengubah pola makan apapun, Anda akan bisa mengurangi setengah kilogram per minggu. Untuk solusi yang lebih cepat lagi, Anda harus perpanjang jarak tempuh dan menambah kecepatan jalan Anda untuk membakar ekstra kalori yang diinginkan.

Bonus tips: gunakan tangga, jangan lift atau eskalator. Naik turun tangga selama 2-3 menit per hari untuk 3-5 lantai dapat membakar kalori setidaknya satu kilo per tahun.

Mulai dari sekarang, pilih salah satu aktivitas di atas (atau lebih!) yang tidak membebani Anda dan rutin lakukan hal tersebut untuk membantu Anda mencapai berat badan ideal.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"

    Yang juga perlu Anda baca

    Memaksa Anak Jago Olahraga

    Banyak orangtua yang memaksa anak untuk berprestasi dalam olahraga. Ambisi orang tua yang lebih besar membuat olahraga bagi anak kehilangan manfaat aslinya.

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
    Kebugaran, Hidup Sehat 9 September 2020 . Waktu baca 5 menit

    15 Pilihan Makanan dan Minuman untuk Diabetes, Plus Menunya!

    Pola makan jadi kunci utama untuk mengendalikan diabetes. Beberapa jenis makanan dan minuman berikut baik untuk penderita diabetes, beserta contoh menunya!

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Aprinda Puji
    Penyakit Diabetes 7 September 2020 . Waktu baca 13 menit

    Ingin Meningkatkan Daya Tahan Tubuh? Coba Konsumsi Makanan Probiotik

    Probiotik dapat memberi banyak manfaat bagi kesehatan. Tak hanya untuk pencernaan tapi juga daya tahan. Bagaimana probiotik meningkatkan daya tahan tubuh?

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Arinda Veratamala
    Hidup Sehat, Tips Sehat, Fakta Unik 4 September 2020 . Waktu baca 4 menit

    Kekebalan Tubuh Berubah saat Hamil? Ini Penanganannya

    Kekebalan tubuh saat hamil berubah karena berbagai macam penyebab. Simak penjelasannya dan cara menjaga sistem imun tetap sehat di tengah kehamilan.

    Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
    Ditulis oleh: Willyson Eveiro
    Konten Bersponsor
    kekebalan tubuh saat hamil
    Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 1 September 2020 . Waktu baca 5 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    beras merah lebih sehat

    Ini Alasannya Kenapa Nasi Merah Jauh Lebih Sehat dari Nasi Putih

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
    Dipublikasikan tanggal: 22 September 2020 . Waktu baca 4 menit
    imunisasi yang harus diulang

    Daftar Imunisasi Anak yang Harus Diulang

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Arinda Veratamala
    Dipublikasikan tanggal: 22 September 2020 . Waktu baca 4 menit
    makanan yang dapat menyembuhkan kanker otak

    Jenis Makanan Sehat untuk Membantu Menyembuhkan Kanker Otak

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Ihda Fadila
    Dipublikasikan tanggal: 16 September 2020 . Waktu baca 5 menit
    diet tinggi serat

    Panduan Diet Tinggi Serat, Cara Sehat untuk Turunkan Berat Badan

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Widya Citra Andini
    Dipublikasikan tanggal: 11 September 2020 . Waktu baca 5 menit