Buah persik dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama peach. Buah ini hampir mirip dengan buah apel namun warna daging buahnya cenderung lebih kuning. Dalam budaya Cina, buah persik sering digunakan untuk keperluan dalam kegiatan doa. Buah ini sudah cukup populer di Indonesia karena rasanya yang enak untuk dikonsumsi setiap hari sebagai makanan pelengkap dan tambahan masakan. Nah, apa saja manfaat buah persik?

Manfaat buah persik untuk kesehatan

Buah persik selain enak juga mengandung banyak gizi yang berguna untuk kesehatan. Lemak tak jenuh, magnesium, Iron, vitamin C, vitamin A, protein, gula, dan serat makanan yang ada di dalam buah yang satu ini.

Sampai saat ini orang hanya mengenal persik sebagai buah saja, namun belum banyak yang mengetahui jika buah ini bisa digunakan sebagai makanan pencegah dan obat berbagai macam penyakit. Agar tidak salah dalam memahami manfaat buah persik, berikut rincian penjelasan tentang beberapa kegunaan buah ini untuk kesehatan Anda. 

1. Menyehatkan kulit

Jika Anda adalah seorang wanita yang sangat memperhatikan penampilan kulit Anda, maka Anda perlu membuat kulit Anda lebih sehat dengan bahan yang alami. Manfaat persik untuk kulit adalah menyehatkannya tanpa efek samping yang buruk dengan kandungan vitamin C nya.

2. Membantu mengobati kanker

Manfaat persik yang selanjutnya adalah membantu pengobatan kanker. Perlu Anda ketahui bahwa buah ini mengandung senyawa selenium yang berguna untuk pengobatan penyakit kanker. Dengan tambahan vitamin E di dalam buah ini, maka akan menjadikannya sebagai obat alami kanker.

3. Menyehatkan pencernaan

Mineral dan juga serat bermanfaat untuk sistem pencernaan. Khasiat persik yang satu ini bisa membuat pencernaan Anda lebih sehat karena kandungan serat dan mineralnya. Pencernaan Anda akan lebih lancar dan sehat.

4. Membuat ginjal lebih sehat

Manfaat persik untuk ginjal juga sudah terbukti. Buah ini mampu membuat ginjal Anda menjadi lebih sehat. Dengan ginjal yang bekerja lebih optimal, maka Anda juga akan terhindar dari beberapa penyakit, termasuk penyakit kandung kemih.

5. Obat rematik

Buah persik mempunyai fungsi sebagai obat penghilang rasa sakit. Hal inilah yang biasanya diambil untuk dijadikan obat penghilang rasa sakit, terutama dalam penyakit rematik. Konsumsilah dengan rajin buah ini untuk meringankan penyakit rematik Anda.

6. Makanan diet

Salah satu cara diet yang baik adalah dengan mengurangi memakan makanan yang mengandung banyak kalori. Buah persik bisa menjadi makanan diet Anda karena buah ini merupakan jenis buah yang mengandung sedikit kandungan kalori.

7. Menyembuhkan kulit yang terluka

Manfaat persik sebagai penyembuh kulit yang terluka adalah dengan menggunakan kandungan protein di dalam buah ini sebagai senjata untuk mengobati kulit yang terluka. Dengan begitu, luka Anda akan cepat sembuh.

8. Antioksidan

Vitamin C yang ada pada buah persik adalah vitamin utama sebagai anti oksidan yang ampun menangkal semua akibat dari serangan radikal bebas. Jagalah tubuh Anda dari bahaya radikal bebas dengan makan buah persik setiap hari.

9. Membuat mata lebih sehat

Buah persik juga punya vitamin A untuk menyehatkan mata. Bagi Anda yang ingin menguatkan penglihatan, Anda perlu banyak makanan yang mengandung vitamin A, termasuk buah segar yang satu ini.

10. Perlindungan dari sinar UV

Gabungan vitamin A, K, dan juga E adalah gabungan vitamin yang berguna untuk melindungi tubuh Anda dari sinar UV. Pancaran sinar UV yang mengenai tubuh tidak boleh terlalu banyak atau Anda akan terjangkit penyakit yang akan merusak tubuh.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca