Harus Pakai Skin Care Berapa Lama Hingga Hasilnya Terlihat?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 05/02/2020 . 4 menit baca
Bagikan sekarang

Produk perawatan kulit atau skin care bekerja dengan cara yang bervariasi. Selain fokus permasalahan kulitnya yang beragam, hampir setiap produk skin care juga mengklaim dapat bekerja dalam rentang waktu yang berbeda-beda. Namun, sebenarnya berapa lama produk skin care akan menunjukkan hasil kerjanya? Seberapa sering Anda harus memakai suatu produk hingga hasilnya terlihat di wajah Anda?

Berapa lama produk skin care menunjukkan hasil di wajah Anda?

Durasi yang dibutuhkan skin care untuk menghasilkan perubahan pada kulit ternyata tidak dapat disamaratakan.

Masing-masing produk membutuhkan waktu yang berbeda-beda, tergantung pada permasalahan kulit yang ingin Anda atasi, serta kandungan di dalam produk itu sendiri.

1. Skin care untuk jerawat

Jika Anda memiliki kulit yang berjerawat dan menggunakan produk yang diformulasikan khusus untuk membasmi jerawat, Anda sebaiknya bersabar. Umumnya, produk anti jerawat akan bekerja setelah 4 sampai 6 minggu.

Berapa lama waktu yang diperlukan skin care anti jerawat hingga menunjukkan hasil memang bervariasi, tergantung pada jenis jerawat serta kandungan dalam produk skin care tersebut.

Dikutip dari The Klog, produk yang mengandung AHA dan salicylic acid biasanya akan bekerja setelah pemakaian selama 1,5 bulan.

Selain itu, hal penting lain yang perlu Anda lakukan adalah menggunakan produk tersebut secara rutin, bukan hanya ketika jerawat muncul. Dengan ini, produk tersebut tidak hanya akan menghilangkan jerawat, namun juga mencegahnya kembali di lain waktu.

2. Skin care untuk penuaan kulit atau anti-aging

Produk anti-aging juga menjadi incaran banyak orang, khususnya yang sudah mulai memasuki usia 30 tahun ke atas. Lalu, berapa lama skin care khusus anti-aging akan menunjukkan hasil pada kulit Anda?

Rata-rata, produk skin care yang difokuskan untuk masalah penuaan kulit membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama dibanding dengan produk perawatan kulit lainnya. Anda biasanya harus menunggu setidaknya 3-6 bulan hingga hasilnya terlihat jelas di wajah Anda.

Menurut Dr. Annie Chiu, dermatologis yang juga mendirikan The Derm Institute, hal ini disebabkan karena produk penuaan kulit bekerja hingga ke lapisan terdalam untuk mengubah tekstur kulit.

Serum peptida dalam produk anti-aging membantu tubuh memproduksi kolagen, dan proses tersebut membutuhkan waktu yang tidaklah singkat.

3. Skin care untuk mengatasi hiperpigmentasi dan mencerahkan kulit

Bagi Anda yang memiliki masalah pada warna kulit, seperti hiperpigmentasi, flek hitam, atau bekas jerawat, Anda perlu menunggu sekitar 2-3 bulan hingga produk pencerah kulit wajah Anda menunjukkan hasil.

Dr. Jennifer Mac Gregor, seorang dermatologis dari Union Square Laser Dermatology, New York, mengatakan bahwa berapa lama skin care pencerah wajah menunjukkan hasil juga tergantung pada pemakaian tabir surya atau sunscreen.

Jika Anda sering melewatkan sunscreen dalam rangkaian produk perawatan wajah, waktu yang diperlukan hingga produk pencerah wajah bekerja pun semakin lama.

4. Skin care untuk rosacea

Rosacea, salah satu jenis penyakit kulit, juga memiliki bentuk yang bervariasi. Mulai dari benjolan, pustula (nanah), kemerahan, hingga peradangan, produk skin care yang ditujukan untuk masalah-masalah tersebut biasanya bekerja setelah 2-3 bulan pemakaian.

Lain halnya dengan pengobatan oral atau minum yang akan menunjukkan hasil lebih cepat, yaitu sekitar 1 bulan. Namun, baik pengobatan oral maupun penggunaan produk topikal untuk rosacea tentunya harus dilakukan berdasarkan anjuran dokter kulit Anda.

Jadi, untuk menjawab pertanyaan berapa lama produk skin care yang Anda gunakan akan menunjukkan hasil di kulit wajah, kuncinya adalah bersabar.

Selain itu, usahakan Anda tidak terlalu sering gonta-ganti produk perawatan wajah untuk memastikan apakah produk yang Anda pakai benar-benar bekerja atau tidak.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Apa Pengaruh TBC pada Ibu Hamil dan Janin?

Kesehatan ibu hamil perlu dijaga dengan baik agar tidak memengaruhi kondisi janin. Lalu, apakah ada pengaruh TBC pada ibu hamil?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Batuk, Health Centers 11/05/2020 . 4 menit baca

Manfaat dan Cara Aman Pakai Skin Care yang Mengandung Asam Aktif

Pemakaian skin care dengan kandungan asam aktif tidak boleh sembarangan. Alih-alih memberikan manfaat untuk kulit, malah bisa merusak kelembapan kulit.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Perawatan Kulit, Kecantikan 08/05/2020 . 4 menit baca

Apa Bedanya Skincare yang Hydrating dan Moisturizing untuk Kulit Anda?

Seringkali Anda menyamakan arti dari hydrating dan juga moisturizing. Agar tidak salah lagi, kenali perbedaan produk skincara hydrating dan moisturizing!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Perawatan Kulit, Hidup Sehat, Kecantikan 08/05/2020 . 4 menit baca

Apa Saja Produk Skincare yang Anda Butuhkan Saat Puasa?

Kulit wajah harus dirawat setiap hari termasuk di bulan Ramadan. Agar kulit tidak kering dan bermasalah, ini produk skincare di bulan puasa untuk Anda!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Hari Raya, Ramadan 07/05/2020 . 4 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

skin fasting adalah

Menilik Skin Fasting, Tren ‘Puasa’ Skincare agar Kulit Lebih Cantik

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 28/06/2020 . 5 menit baca
jerawat gara-gara kacamata

Cara Mencegah Masalah Jerawat Gara-gara Pemakaian Kacamata

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 22/05/2020 . 4 menit baca
mencium bau hujan

Ini Penjelasan Ilmiah Mengapa Beberapa Orang Suka Bau Hujan

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Dipublikasikan tanggal: 15/05/2020 . 4 menit baca
hubungan poliamori

Mengenal Hubungan Poliamori, Saat Cinta Anda Tak Hanya untuk Satu Orang

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rena Widyawinata
Dipublikasikan tanggal: 13/05/2020 . 4 menit baca