Sebelum Mencoba Masker Bekicot, Yuk Cari Tahu Dulu Manfaat dan Kandungannya!

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Tren perawatan wajah kian hari semakin beragam. Belum lama ini, lendir siput atau bekicot menjadi salah satu bahan yang diunggulkan dalam banyak produk perawatan Korea, salah satunya masker. Untuk Anda yang masih penasaran mengenai masker siput ini, yuk simak ulasan berikut.

Sebenarnya, apa kandungan masker siput?

Menguak Efektivitas Lendir Siput Dalam Produk Kecantikan

Pernahkah mencoba masker siput lembaran yang banyak dijual di pasaran? Masker ini berbahan dasar ekstrak lendir siput. Tenang saja, lendir ini diambil dari jenis siput yang bisa dimakan, sehingga tak beracun.

Siput atau bekicot yang dapat dimakan tandanya cukup aman dan terbukti memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Spesies yang paling banyak digunakan dalam produk perawatan kulit yaitu Helix aspersa, Helix pomatia, dan Achatina fulica.

Dikutip dari Huffington Post, Dokter Kulit di New York, Tabasum Mir, menyatakan lendir ini pada dasarnya dikeluarkan saat siput sedang merasa terancam. Oleh sebab itu, cairan kental ini sebenarnya digunakan untuk melindungi dirinya sendiri.

Selain itu, bekicot juga memiliki selaput lendir besar yang berada di bawah mulut dan dekat kakinya. Dari sinilah lendir-lendir dihasilkan. Bekicot mampu menghasilkan lendir dalam jumlah banyak setiap harinya untuk menjaga tubuhnya agar tetap lembap. Selain itu, lendir juga membantu pergerakan kakinya untuk mengurangi gesekan.

Meski menjijikkan jika dibayangkan, lendir iniĀ  jika dibayangkan lendir ini sebenarnya mengandung banyak manfaat untuk kulit. Dari mulai antioksidan, asam hyaluronat, asam glikolat, senyawa antibiotik, allantoin, kolagen, elastin, serta vitamin A, D, dan E.

Manfaat masker siput untuk wajah

sheet mask

Masker wajah biasanya menjadi salah satu produk perawatan rutin yang tidak boleh dilewatkan. Dikutip dari Women’s Health, masker wajah berfungsi untuk menghaluskan, menutrisi, dan melembapkan kulit. Namun, semuanya tergantung pada kandungan masker yang Anda gunakan.

Masker dengan bahan utama lendir bekicot memiliki beragam manfaat untuk kulit wajah Anda. Joshua Zaichner, direktur penelitian kosmetik dan klinis dalam bidang dermatologi di Mount Sinai Hospital, New York, menyatakan lendir siput kaya akan asam hyaluronat yang kaya akan antioksidan dan mampu merangsang produksi kolagen.

Tabasum Mir menambahkan, asam glikolat di dalam lendir siput juga membantu sel-sel kulit wajah menghasilkan kolagen dan juga elastin. Keduanya bermanfaat untuk membuat kulit tampak lebih elastis sehingga Anda terlihat lebih muda. Tak hanya itu, asam glikolat juga membantu menghaluskan kulit wajah Anda dan mencerahkannya.

Selain itu, penelitian menunjukkan, lendir siput mampu memicu sel kulit untuk membelah. Sehingga dapat memberikan efek penyembuhan pada kulit yang mengalami luka. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa mengaplikasikan lendir siput dua kali sehari ke wajah dapat meningkatkan kelembapan dan perbaikan terkstur kulit.

Namun, lendir siput belum tentu efektif untuk semua orang

cara membersihkan kulit berminyak

Marie Jhin, seorang dokter kulit di California Pacific Medical Center, menyatakan meski lendir siput mengandung berbagai nutrisi tetapi tidak ada yang menjamin bahwa bahan ini efektif digunakan sebagai perawatan kulit. Akan tetapi Jhin menyampaikan bahwa Anda tetap bisa menggunakan masker bekicot sebagai salah satu produk perawatan kulit.

Namun, usahakan untuk mencobanya terlebih dahulu pada lengan bawah Anda untuk dilakukan tes alergi. Pasalnya, meski lendir siput berasal dari bahan alami tetapi zat kimia lain yang terdapat di dalam masker bisa saja bereaksi negatif pada kulit.

Oleh sebab itu, oleskan sedikit tetesan air dari dalam masker kemudian tunggu selama 24 jam. Jika dalam 24 jam tidak menyebabkan kulit mengalami iritasi atau alergi tandanya bahan yang satu ini cukup aman untuk digunakan di wajah.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca