home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Cara Menghaluskan Kulit Wajah Tanpa Produk Kimia

5 Cara Menghaluskan Kulit Wajah Tanpa Produk Kimia

Kulit wajah halus dan sehat merupakan dambaan. Demi mendapatkan kulit yang mulus, banyak orang rela merogoh kocek lebih dalam untuk menjalani perawatan kulit. Namun, ada cara menghaluskan kulit wajah secara alami yang dapat Anda coba.

Cara menghaluskan wajah secara alami

tips cara menjaga kesehatan kulit

Kehalusan kulit Anda ditentukan oleh beragam faktor, mulai dari usia, paparan polusi udara, cara merawat kulit, hingga pola makan. Faktor-faktor inilah yang perlu Anda perhatikan bila ingin kulit wajah lebih halus secara alami.

Di bawah ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghaluskan wajah secara alami.

1. Eksfoliasi secara rutin

Eksfoliasi bertujuan untuk membersihkan lapisan kulit mati dan minyak yang menumpuk pada wajah. Cara ini juga bisa mempercepat pembelahan sel kulit dan meningkatkan aliran darah sehingga wajah Anda mendapatkan cukup oksigen dan nutrisi.

Ada banyak bahan alami yang dapat Anda jadikan sebagai eksfoliator, antara lain kopi, oatmeal, serta scrub gula dan garam. Gunakan bahan-bahan ini secara rutin sebanyak 3 kali seminggu untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih bersinar.

2. Rajin minum air

Meskipun sederhana, cara yang satu ini terbukti membantu mencerahkan kulit secara alami. Kekurangan asupan air dalam jangka panjang dapat menyebabkan dehidrasi. Salah satu tanda dehidrasi yaitu kulit tampak kering, kusam, dan bahkan bersisik.

Menurut sejumlah penelitian, rutin minum air putih 2,25 liter sehari bisa memengaruhi kepadatan dan ketebalan kulit. Studi lainnya dari University of Missouri, AS, pun mengungkapkan bahwa minum 500 mL air dapat meningkatkan aliran darah menuju kulit.

3. Tidur cukup

Tidur yang cukup terbukti dapat menyehatkan dan menghaluskan kulit wajah. Menurut sebuah penelitian dalam jurnal Nature Cell Biology, hal ini disebabkan karena perbaikan kolagen lebih banyak terjadi ketika Anda tidur.

Kolagen merupakan serat-serat protein yang menyusun kulit, rambut, dan kuku. Jika kulit memiliki kolagen yang cukup, penampilannya akan tampak halus, kenyal, dan sehat. Jadi, jika Anda ingin menghaluskan wajah secara alami, cobalah cara yang satu ini.

4. Melembapkan dan melindungi kulit wajah

Wajah yang cerah bermula dari wajah yang lembap dan terawat. Air putih, sayuran, dan buah-buahan sebenarnya dapat melembapkan kulit wajah secara alami. Namun, Anda juga bisa menambahkan kelembapan kulit dengan madu atau gel lidah buaya.

Selain itu, jangan lupa gunakan tabir surya sebelum beraktivitas untuk melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari. Oleskan kembali setiap 2 – 3 jam sekali, terutama bila Anda berkegiatan di luar rumah dalam cuaca yang terik.

5. Olahraga secara teratur

Olahraga meningkatkan denyut jantung, merangsang produksi kolagen, serta memacu aliran darah yang membawa oksigen dan nutrisi untuk kulit. Jadi, cara ini tidak hanya menyehatkan tubuh, tapi juga membantu menghaluskan kulit wajah secara alami.

Sebuah studi pada hewan pun mengungkapkan bahwa olahraga dapat memperlambat munculnya tanda penuaan dini. Untuk mendapatkan manfaat ini, coba awali dengan olahraga ringan seperti berjalan kaki atau jogging 30 menit dalam sehari.

Bahan alami untuk menghaluskan kulit wajah

Ada banyak sekali bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk menghaluskan kulit wajah. Daftarnya ada di bawah ini.

1. Bubuk kopi

Bubuk kopi memiliki butiran yang dapat menghaluskan kulit sehingga kerap digunakan sebagai bahan scrub alami. Cukup campurkan bubuk kopi dengan sedikit perasan lemon dan brown sugar, lalu gunakan pada wajah setiap 3 hari sekali setelah mandi.

2. Alpukat

Buah alpukat kaya akan vitamin A, D, E, dan asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk kulit. Anda bisa menghaluskan wajah secara alami dengan cara menggosokkan bagian dalam kulit alpukat pada wajah selama 15 menit.

3. Minyak kelapa

Minyak kelapa bisa menjaga kelembapan kulit dan menambah jumlah lemak pada permukaan kulit. Cukup oleskan satu sendok makan minyak kelapa pada wajah dan leher, lalu diamkan selama semalaman. Esok paginya, bilas hingga bersih.

4. Lidah buaya

Lidah buaya mengandung antioksidan, enzim, vitamin A dan C, serta zat antiradang yang dapat melembutkan kulit. Oleskan sedikit lidah buaya pada wajah dan diamkan selama beberapa menit sesuai kebutuhan. Setelah itu, bilas hingga bersih.

5. Oatmeal

Oatmeal bisa menyerap minyak berlebih dan mengunci kelembapan kulit. Ini sebabnya banyak orang menghaluskan kulit wajah secara alami dengan cara membuat scrub oatmeal. Oleskan tipis pada wajah selama 15 menit, lalu bilas hingga bersih.

Ada banyak cara alami untuk menghaluskan kulit wajah, mulai dari eksfoliasi, minum air secara rutin, hingga menggunakan bahan-bahan tertentu. Cara alami seperti ini dapat memberikan hasil yang baik, tapi biasanya tidak instan.

Maka dari itu, Anda harus bersabar dan melakukannya dengan rutin. Jika Anda mampu menerapkan hal ini, kulit yang sehat dan halus bukan lagi sekadar impian.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

HOW TO SAFELY EXFOLIATE AT HOME. (2021). Retrieved 17 March 2021, from https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-secrets/routine/safely-exfoliate-at-home

Moisturizers: Do they work?. (2019). Retrieved 17 March 2021, from https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/moisturizers-do-they-work

Magnani, C., Isaac, V., Correa, M. and Salgado, H. (2014). Caffeic acid: a review of its potential use in medications and cosmetics. Anal. Methods, 6(10), pp.3203-3210.

Wipke-Tevis, D. D., & Williams, D. A. (2007). Effect of oral hydration on skin microcirculation in healthy young and midlife and older adults. Wound repair and regeneration : official publication of the Wound Healing Society [and] the European Tissue Repair Society, 15(2), 174–185. https://doi.org/10.1111/j.1524-475X.2007.00202.x

Chang, J., Garva, R., Pickard, A., Yeung, C., Mallikarjun, V., Swift, J., et al. (2020). Circadian control of the secretory pathway maintains collagen homeostasis. Nature Cell Biology, 22(1), 74-86. https://doi.org/10.1038/s41556-019-0441-z

Crane, J. D., MacNeil, L. G., Lally, J. S., Ford, R. J., Bujak, A. L., Brar, I. K., Kemp, B. E., Raha, S., Steinberg, G. R., & Tarnopolsky, M. A. (2015). Exercise-stimulated interleukin-15 is controlled by AMPK and regulates skin metabolism and aging. Aging cell, 14(4), 625–634. https://doi.org/10.1111/acel.12341

Nagata, C., Nakamura, K., Wada, K., Oba, S., Hayashi, M., Takeda, N., & Yasuda, K. (2010). Association of dietary fat, vegetables and antioxidant micronutrients with skin ageing in Japanese women. British Journal of Nutrition, 103(10), 1493-1498. https://doi.org/10.1017/S0007114509993461

Pazyar, N., Yaghoobi, R., Kazerouni, A., & Feily, A. (2012). Oatmeal in dermatology: a brief review. Indian journal of dermatology, venereology and leprology, 78(2), 142–145. https://doi.org/10.4103/0378-6323.93629

Hekmatpou, D., Mehrabi, F., Rahzani, K., & Aminiyan, A. (2019). The Effect of Aloe Vera Clinical Trials on Prevention and Healing of Skin Wound: A Systematic Review. Iranian journal of medical sciences, 44(1), 1–9.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Diah Ayu Lestari Diperbarui 21/04/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Patricia Lukas Goentoro
x