8 Panduan Gaya Hidup yang Membuat Anda Awet Muda

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 06/09/2017
Bagikan sekarang

Terlihat lebih muda dari usia yang sebenarnya adalah impian semua orang; sehingga tidak mengherankan jika banyak orang terutama wanita berupaya keras untuk mendapatkan kulit yang segar, sehat, cantik, dan awet muda. Bahkan saat ini, banyak wanita muda yang telah melakukan berbagai perawatan untuk merawat kulitnya sejak dini.

Namun tahukah Anda jika ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar bisa awet muda? Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan.

1. Jangan merokok

Jika Anda tidak ingin memiliki keriput lebih cepat, maka, jangan merokok! Merokok dapat mempercepat proses penuaan normal kulit Anda. Nikotin yang terkandung dalam rokok menyembabkan penyempitan pembuluh darah di lapisan terluar kulit Anda. Hal tersebut akan mengganggu aliran darah ke kulit, sehingga hanya sedikit aliran darah ke kulit, menyebabkan kulit Anda tidak mendapatkan oksigen dan nutrisi penting yang cukup.

Bahan kimia dalam asap tembakau juga dapat merusak kolagen dan elastin kulit; akibatnya, kulit akan memiliki keriput lebih cepat karena merokok. Merokok bahkan tidak hanya menyebabkan keriput pada wajah, namun juga pada bagian lain pada tubuh, termasuk bagian lengan dalam Anda. Biasanya, perubahan kulit ini terjadi setelah seseorang merokok 10 tahun.

2. Rajin makan makanan yang mengandung antioksidan

Antioksidan merupakan molekul yang mampu melindungi kulit dari radikal bebas yang dapat merusak kulit. Antioksidan memiliki kemampuan dalam merangsang produksi kolagen kulit. Kolagen merupakan bagian penting dari struktur dan proses peremajaan kulit. Sehingga salah satu cara untuk tetap awet muda adalah dengan perbanyak konsumsi antioksidan, seperti buah, sayur, kacang-kacangan, biji-bijian termasuk kacang merah, blueberry, minyak nabati, ikan, dan lain-lain.

3. Perbanyak protein

Selain antioksidan, konsumsi protein juga dapat membantu tubuh Anda membangun dan mempertahankan massa otot. Makanan yang mengandung protein tinggi bermanfaat untuk menghasilkan kolagen pada kulit tubuh. Beberapa makanan yang mengandung protein tinggi di antaranya adalah salmon, telur, tahu, dan lain-lain.

4. Kelola stres Anda

Studi tahun 2013 menemukan bahwa sel-sel kulit orang yang mengalami depresi berusia lebih cepat dibandingkan dengan mereka yang tidak mengalami depresi. Stres kronis dapat mempercepat proses penuaan dini dengan memperpendek telomere DNA. Panjang telomere adalah penanda penuaan biologis dan sel-sel kulit Anda.

Jadi, jika Anda ingin mencegan penuaan dini, maka Anda harus dapat mengelola stres Anda. Beberapa cara yang dapat Anda lakukan diantaranya adalah dengan berjalan-jalan, belanja, yoga, olahraga, bernyanyi, atau melakukan hal yang membuat Anda senang.

5. Selalu cuci muka sebelum tidur

Meskipun sepele, kebiasaan ini dapat membantu kulit Anda beregenerasi saat tidur. Jadi, jangan sampai lupa untuk mencuci wajah Anda sebelum tidur, terlebih setelah Anda beraktivitas di luar ruangan atau menggunakan make up di wajah.

6. Pakai tabir surya

Anda pasti sudah mengetahui bahwa paparan sinar matahari dapat berkontribusi pada perubahan warna kulit. Jadi, jangan lupa untuk menggunakan tabir surya saat Anda beraktivitas di luar ruangan. Studi tahun 2013 di Annals of Internal Medicine menemukan bahwa orang-orang yang menggunakan tabir surya (sunblock atau sunscreen) tiga sampai empat hari dalam seminggu cenderung tidak mengalami penuaan kulit dibandingkan dengan mereka yang tidak menggunakannya.

7. Perbanyak minum air putih

Konsumsi air yang cukup dapat menjaga kulit Anda tetap terhidrasi. Hilangnya hidrasi kulit dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan rentan terhadap kerutan. Air juga sangat penting dalam menjaga kelembapan kulit karena air dapat memberikan nutrisi penting ke sel kulit tubuh Anda.

8. Tidur cukup (tidak kurang, tidak berlebihan)

Perawatan kulit sederhana yang dapat Anda lakukan namun sering Anda abaikan adalah tidur yang cukup. Setidaknya, Anda dianjurkan untuk tidur 6 jam per hari agar dapat memudahkan melakukan tugasnya dalam meregenerasi kulit. Tidur cukup juga dapat mencegah munculya lingkaran hitam di bawah mata.

You are already subscribed to notifications.

Baca Juga:

Yang juga perlu Anda baca

5 Hal yang Menyebabkan Rejime Skincare Anda Tidak Efektif

Sudah pakai produk skin care berbulan-bulan tapi kulit tetap sama tidak berubah? Mungkin ini penyebab skin care Anda tidak bekerja dengan baik.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph

Bolehkan AHA BHA dan Vitamin C Digunakan Bersamaan?

AHA BHA dan vitamin C banyak ditemukan pada produk skin care. Tapi, apakah zat-zat tersebut aman untuk dikombinasikan? Simak ulasannya di Hello Sehat.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Shylma Na'imah

Bukannya Bugar, 5 Kesalahan Olahraga Ini Malah Membuat Anda Terlihat Tua

Coba lihat kembali bagaimana cara Anda berolahraga selama ini. Beberapa kesalahan dalam olahraga justru bisa membuat Anda terlihat cepat tua.

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu

5 Cara yang Salah untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Mengoleskan vitamin E bukannya menghilangkan bekas jerawat, tapi malah akan menghambat proses penyembuhannya, bahkan memicu dermatitis.

Ditulis oleh: Hello Sehat Medical Review Team

Direkomendasikan untuk Anda

Kulit Kering Bikin Gatal? Begini Cara Mengatasinya

Kulit Kering Bikin Gatal? Begini Cara Mengatasinya

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 01/06/2020
Warna Rambut Sesuai Karakteristik Diri, yang Manakah Anda?

Warna Rambut Sesuai Karakteristik Diri, yang Manakah Anda?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 31/05/2020
6 Perubahan Gaya Hidup untuk Anda yang Sering Depresi

6 Perubahan Gaya Hidup untuk Anda yang Sering Depresi

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 15/02/2020
Tips Pakai Sheet Mask Agar Manfaatnya Maksimal

Tips Pakai Sheet Mask Agar Manfaatnya Maksimal

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 27/01/2020