Sebenarnya, Berapa Banyak Sel yang Ada Dalam Tubuh Manusia?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 5 November 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Meski kecil hampir tak kasat mata, sel tubuh adalah cikal bakal dari terbentuknya semua organ yang ada di dalam tubuh Anda. Bahkan, sel tubuhlah yang bertanggung jawab terhadap setiap fungsi dan gerak-gerik tubuh. Coba bayangkan, berapa banyak sel yang tubuh Anda miliki untuk bisa melakukan fungsinya dan menjaga Anda tetap sehat sampai sekarang ini?

Ada berapa banyak sel tubuh yang dimiliki manusia?

Faktanya, tak ada yang tahu pasti berapa jumlah sel tubuh manusia. Sampai saat ini, para ahli masih memperdebatkannya. Namun, rata-rata sel yang ada pada seorang manusia berkisar antara 30-40 triliun sel.

Sel tubuh adalah unit terkecil yang membentuk jaringan serta organ manusia sehingga membentuk suatu sistem organ, seperti sistem pencernaan, sistem kekebalan tubuh, atau sistem peredaran darah. Semua sistem-sistem yang Anda di dalam tubuh Anda itu, berawal dari sebuah sel yang kemudian tumbuh dan berkembang. Saking kecilnya, sel memiliki rata-rata ukuran sebesar 0,001-0,003 cm, sehingga harus menggunakan alat khusus – mikroskop – untuk melihatnya dengan jelas.

Di dalam tubuh, sel yang paling mendominasi adalah sel darah merah yaitu memenuhi hingga 80% tubuh. Namun, sel darah merah ini hanya berkontribusi sebanyak 4% dari total massa tubuh. Berbeda dengan sel lemak, jumlahnya tidak sebanyak sel darah, tetapi mengambil bagian sebanyak 19% dari total massa tubuh.  

Tak hanya sel Anda saja yang tumbuh di dalam tubuh, tetapi juga sel bakteri

Fakta unik lainnya adalah, tubuh Anda tak hanya diisi dengan sel manusia saja, tetapi juga sel bakteri. Ya, berbagai penelitian telah menyebutkan bahwa dari berat badan, Anda dapat mengetahui perkiraan berapa jumlah sel manusia maupun sel bakteri.

Misalnya saja, Anda memiliki berat badan sebanyak 70 kg, maka bisa diperkirakan bahwa jumlah sel Anda sebanyak 30 triliun dan 40 triliun lagi adalah bakteri. Bakteri-bakteri ini ada yang secara alami tumbuh di dalam tubuh dan untungnya, bakteri tersebut tak membahayakan, justru beberapa di antaranya membantu menjalankan fungsi tubuh.

Tapi, hal ini tentu masih sebatas perkiraan saja. Perlu penelitian dan analisis yang lebih lanjut untuk mengetahui seberapa banyak sel tubuh yang dimiliki oleh seseorang.

Ada banyak sel tubuh yang mati setiap hari

Pada dasarnya, tubuh Anda memang dirancang untuk membuat sel dan kemudian dihancurkan kembali. Tetapi, tentu tak sembarang sel yang dihancurkan oleh tubuh. Sel-sel yang dihancurkan biasanya merupakan sel yang sudah rusak dan tidak berfungsi lagi.

Dalam satu hari, ada 300 miliar sel yang mati dalam hitungan menit. Ada 210 jenis sel di dalam tubuh dan semuanya memiliki fungsi yang berbeda-beda. dari setiap bagian tubuh, pasti ada sel yang mati dan kemudian digantikan dengan sel yang baru.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Khasiat Minyak Daun Basil untuk Kesehatan Tubuh

Selain digunakan sebagai bumbu masak rica-rica, daun basil juga bisa diekstrak menjadi minyak yang baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Herbal A-Z 2 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

Tips Membedakan Sakit Perut Karena Gas dan Karena Penyakit Lain

Sakit perut merupakan gejala dari masalah pencernaan yang sering muncul. Namun, apa bedanya sakit perut karena gas dan karena penyakit lain?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Monika Nanda
Kesehatan Pencernaan, Radang Usus Buntu 2 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit

Begini Cara Memilih Multivitamin yang Aman dan Sesuai untuk Anda

Banyak jenis multivitamin yang ada di pasaran. Tapi yang manakah yang sesuai dengan Anda? Berikut cara memilih multivitamin yang tepat.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Fakta Gizi, Nutrisi 2 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

Sering Tidak Disadari, Bulu Mata Juga Bisa Kutuan! Apa Gejalanya?

Hati-hati, mata yang gatal bisa jadi disebabkan oleh kutu bulu mata. Wah, bagaimana bisa terjadi dan seperti apa cara mengobatinya? Berikut ulasannya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Elita Mulyadi
Penyakit Mata 1 Maret 2021 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

tanaman untuk kamar

Selain Mempercantik Kamar, 7 Tanaman Ini Juga Bisa Bantu Tidur Nyenyak

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
mulut bayi berjamur

Ciri-ciri Infeksi Jamur (Oral Thrush) di Mulut Anda

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 9 menit
Bekas luka

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Langkah yang Tepat

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit
cara menghilangkan nyeri haid

9 Cara Jitu Mengatasi Nyeri Haid Tanpa Obat

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit