backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh agar Tak Mudah Sakit

Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H. · General Practitioner · Medicine Sans Frontières (MSF)


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 12/04/2023

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh agar Tak Mudah Sakit

Seperti peribahasa bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati, sudah sepatutnya kita mengetahui cara menjaga kesehatan tubuh supaya terhindar dari berbagai penyakit.

Menjaga kesehatan tubuh sebenarnya bisa dilakukan dengan cara yang sederhana. Hanya saja, Anda memang perlu konsisten dalam melakukannya.

Cara menjaga kesehatan tubuh agar tidak mudah sakit

Menerapkan pola hidup sehat merupakan langkah utama yang perlu Anda lakukan untuk menjaga kesehatan.

Meski beberapa orang mungkin merasa susah untuk memulainya, hasil dari pola hidup sehat akan membuat kesehatan Anda lebih terjaga ke depannya.

Berikut adalah beberapa tips sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan.

1. Makan buah dan sayur

buah dan sayuran

Ketika mengambil makan, jangan hanya terfokus pada pemenuhan karbohidrat saja. Cobalah untuk memenuhi piring dengan berbagai zat gizi, termasuk melengkapinya dengan sayur dan buah-buahan.

Mengutip dari situs World Health Organization (WHO), orang dewasa setidaknya membutuhkan 400 gram asupan buah dan sayur setiap harinya.

Selain sebagai lauk, Anda bisa makan sayur dan buah setiap hari dalam bentuk camilan sehat, seperti salad atau smoothie bowl.

Dengan asupan makanan yang sehat, Anda bisa memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat. Ini juga mengurangi risiko berbagai penyakit, seperti diabetes jantung, stroke, hingga kanker.

2. Olahraga rutin

Tetap aktif melakukan olahraga secara rutin akan membuat tubuh Anda bugar dan tidak mudah terserang penyakit.

Orang dewasa (18–64 tahun) setidaknya membutuhkan aktivitas fisik selama 150 menit setiap minggunya.

Tidak hanya menjaga kesehatan fisik, olahraga rutin juga membantu Anda menjaga kesehatan mental dengan cara mengurangi stres. Pastikan untuk menyesuaikan  jenis olahraga dengan kondisi tubuh Anda.

3. Minum teh hijau

Sudah cukup lama teh hijau dipercaya mampu memberi berbagai manfaat bagi kesehatan. Manfaat ini didapatkan dari tingginya kandungan antioksidan yang ada di dalamnya, terutama flavonoid.

Dengan kandungan flavonoid, teh hijau dipercaya mampu menurunkan tekanan darah hingga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Teh hijau juga dikenal mengandung polifenol yang dapat menghambat pertumbuhan berbagai jenis sel kanker. Meski begitu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut tentang pemanfaatan satu ini.

4. Tidur cukup

Terdapat hubungan yang kuat antara kualitas tidur dengan sistem kekebalan tubuh.

Pasalnya, ketika beristirahat, tubuh Anda akan membersihkan racun dan mengembalikan energi. Dengan begitu, sistem kekebalan tubuh Anda akan terjaga.

Kurang tidur akan meningkatkan risiko berbagai penyakit kronis, seperti diabetes tipe dua, jantung, obesitas, hingga depresi.

Pastikan Anda tidak mengganti jam tidur malam dengan tidur siang karena keduanya tidak memberikan manfaat yang sama.

Waktu tidur ideal

Anak-anak dan remaja berusia 12–18 tahun perlu tidur selama 8–9 jam per hari, sedangkan orang dewasa berusia 18–40 tahun idealnya tidur selama 7–8 jam per hari Kebutuhan tidur mungkin bertambah jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu.

5. Kelola stres

Salah satu cara menjaga kesehatan tubuh adalah mengelola stres. Pasalnya, stres terbukti dapat melemahkan sistem imun sehingga membuat Anda lebih mudah sakit.

Ketika stres, tubuh akan melepaskan hormon kortisol sebagai penyedia energi. Namun, jika kortisol dilepaskan secara terus menerus, kinerja tubuh justru bisa menurun sehingga Anda rentan sakit.

Terdapat berbagai cara yang bisa Anda gunakan untuk mengelola stres, contohnya melakukan hobi, meditasi, dan menghabiskan waktu dengan orang-orang terdekat.

6. Bersosialisasi dengan orang sekitar

Ketika Anda merasa terpuruk saat menghadapi sesuatu, jangan pernah merasa sendiri.

Cobalah untuk menceritakan kondisi tersebut pada orang-orang terdekat Anda yang bisa dipercaya. Jika itu tidak cukup, Anda bisa mempertimbangkan untuk datang ke psikolog.

Mengisolasi diri saat sedang terpuruk justru memperbesar risiko Anda untuk mengalami stres dan depresi.

Saat Anda stres, kekebalan tubuh akan ikut menurun sehingga tubuh Anda rentan terkena penyakit.

7. Menjaga kebersihan

Cara menjaga kesehatan yang selanjutnya adalah dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari berbagai penyakit menular.

Berikut adalah beberapa cara menjaga kebersihan yang bisa Anda terapkan.

  • Cuci tangan sebelum dan setelah makan.
  • Tutup mulut dan hidung saat batuk atau bersin.
  • Minum air dari sumber terpercaya.
  • Menutup genangan air.

8. Konsumsi vitamin tambahan

Beberapa orang mungkin membutuhkan tambahan suplemen vitamin untuk memenuhi kebutuhan gizi setiap harinya.

Contohnya, jika Anda masih kekurangan vitamin D meski sudah mengonsumsi sumber makanannya, suplemen bisa dijadikan tambahan.

Meski begitu, usahakan untuk membicarakan dengan dokter terlebih dahulu terkait jenis suplemen yang Anda butuhkan.

9. Hindari rokok dan alkohol

Tidak ada takaran alkohol yang aman bagi kesehatan. Berapa pun jumlah alkohol yang masuk dalam tubuh, itu bisa mengganggu kesehatan fisik dan mental.

Jika dibiarkan, kebiasaan minum alkohol juga bisa menyebabkan ketergantungan dan memberikan efek samping yang lebih membahayakan.

Sama halnya dengan alkohol, rokok juga tidak baik untuk tubuh. Bukan hanya bagi perokok aktif, asap rokok juga berbahaya bagi perokok pasif.

Maka saat Anda merokok, Anda bukan hanya membahayakan diri sendiri, tetapi juga orang sekitar.

10. Praktikan seks yang aman

Seks yang dilakukan dengan aman tidak hanya memberi kepuasan secara emosional, tetapi juga menjaga kesehatan fisik.

Salah satu cara menerapkan seks aman adalah dengan tidak berganti-ganti pasangan. Dengan begitu, Anda bisa mengurangi risiko infeksi menular seksual.

11. Jaga berat badan tetap ideal

Melansir dari laman American Academy of Family Physicians, menjaga berat badan tetap ideal merupakan salah satu cara menjaga kesehatan tubuh.

Kelebihan berat badan akan meningkatkan risiko Anda terjangkit berbagai gangguan kesehatan, seperti diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, dan stroke.

Dengan memiliki berat badan ideal, Anda juga akan memiliki tubuh yang lebih bugar dan merasa lebih mudah ketika harus beraktivitas.

12. Cara lain menjaga kesehatan

makanan junk food bikin imun agresif

Selain beberapa tips di atas, berikut adalah tips lain yang bisa Anda gunakan untuk menjaga kesehatan.

  • Membatasi konsumsi gula dan garam.
  • Mengurangi konsumsi lemak jahat atau low density lipoprotein (LDL).
  • Mendapatkan vaksin terbaru.
  • Menggunakan tabir surya.
  • Membatasi penggunaan peralatan elektronik.
  • Melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin.

Orang-orang yang memiliki masalah kesehatan atau penyakit kronis juga perlu mengelola kondisi tubuhnya dengan baik, misalnya dengan meminum obat secara rutin.

Konsultasikan dengan dokter Anda untuk mengetahui jenis obat-obatan yang harus Anda minum serta hal-hal yang menjadi pantangan bagi Anda.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.

General Practitioner · Medicine Sans Frontières (MSF)


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 12/04/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan