5 Kebiasaan yang Bisa Membuat Wajah dan Tubuh Awet Muda

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 06/09/2017
Bagikan sekarang

Rahasia awet muda tidak hanya bisa didapat menggunakan krim atau obat awet muda dengan harga selangit. Untuk mendapatkan penampilan awet muda, Anda harus menyeimbangkan antara perawatan dari luar dan dari dalam tubuh juga. Nyatanya, ada beberapa kebiasaan hidup sederhana, yang bisa memancarkan kesehatan dan kebugaran tubuh agar terlihat lebih muda. Mau tahu, apa saja? Simak pembahasan di bawah ini.

Kebiasaan penting yang bisa menjadi rahasia awet muda

1. Tidur yang cukup

Megan Telpner, seorang nutrisionis di Amerika Serikat, salah satu rahasia awet muda yang paling penting adalah tidur cukup. Tidur yang cukup sangat penting dan baik manfaatnya untuk meregenerasi sel-sel baru dalam tubuh. Telpner mengatakan, setidaknya butuh tidur malam nyenyak sekitar 8 jam, agar tubuh Anda bisa merasakan manfaat awet muda.

Selain itu, kurang tidur dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh melemah, sehingga Anda akan mudah untuk terkena penyakit-penyakit yang akan membuat seseorang terlihat lebih tua.

2. Olahraga

Sebuah penelitian dari Universitas McMaster di Kanada mengemukakan, dengan berolahraga, tubuh bisa mengembalikan peremajaan kulit yang akan membuat Anda terlihat lebih muda. Hal ini akan mencegah lapisan kulit epidermis dari penipisan, dan mencegah bagian luar epidermis kulit dari penebalan. Kedua hal tersebut bisa membuat kulit berpuluh-puluh tahun lebih muda, jika dilihat pada tingkat mikroskopik.

American Medical Society for Sports Medicine juga mengemukakan bahwa olahraga bisa mencegah jerawat muncul dengan cara menghilangkan racun dan stress dalam tubuh. Disarankan untuk berolahraga rutin, sekitar 3 kali seminggu, sebagai salah satu rahasia awet muda yang mudah Anda dapatkan.

3. Minum air yang cukup

Minum air mineral yang cukup adalah salah satu hal penting untuk mendapatkan kulit yang sehat serta terlihat awet muda. Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi, berguna meningkatkan sirkulasi kulit dan membantu mencegah kerusakan kulit (seperti kulit keriput atau kering).

Sebuah penelitian di tahun 2007 menemukan, 30 menit setelah Anda minum 500 mil air, dapat meningkatkan aliran darah melalui kapiler di kulit. Pasalnya, kulit manusia mengandung hingga 30% air komposisinya. Minum air lebih dari 2 liter sehari juga dapat membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dan menghilangkan racun dari tubuh, sehingga kulit, wajah, dan tubuh Anda terlihat lebih segar dan sehat.

4. Berhubungan seks teratur

Siapa sangka kalau rajin berhubungan seks bisa menjadi salah satu rahasia awet muda? Ya, Dr. David Weeks, seorang psikolog dari Inggris menyatakan, berhubungan seks secara teratur dapat membuat Anda terlihat berusia tujuh tahun lebih muda. Dr. David Weeks percaya bahwa rahasia utama untuk terlihat lebih muda tetap aktif adalah dengan rajin dan memiliki kehidupan seks yang baik seiring bertambahnya usia.

Dr. Weeks juga menyarankan, bagi yang ingin terlihat muda dan bugar, lakukanlah hubungan seks sekurang-kurangnya 3 kali dalam seminggu. Niscaya, wajah dan penampilan awet muda akan terpancar dari tubuh Anda.  

5. Rajin pakai sunscreen

Menggunakan sunscreen atau tabir surya (UVA/UVB) dengan tingkat SPF 15 atau lebih tinggi lagi, dapat mencegah dan mengurangi penuaan kulit akibat kerusakan sinar matahari. Seperti yang telah banyak diketahui, paparan sinar matahari langsung adalah salah satu penyebab 90% tanda-tanda penuaan muncul. Contohnya antara lain seperti keriput, bercak kasar, kulit kendur, bahkan bisa mengubah warna kulit menjadi lebih gelap.

Selain itu, sebuah studi tahun 2013 juga menunjukkan, pakai sunscreen bukan hanya mencegah penuaan kulit, tapi dapat melindungi kulit dari kanker kulit. Sangat disarankan ketika keluar rumah untuk menggunakan tabir surya harian, guna mencegah kerusakan kulit jangka panjang.

You are already subscribed to notifications.

Baca Juga:

Yang juga perlu Anda baca

Rutin Minum Madu Saat Sahur Bisa Memberikan 5 Kebaikan Ini

Katanya, minum madu saat sahur bisa memberikan segudang manfaat baik bagi tubuh selama menjalani puasa. Tertarik ingin coba? Simak beragam khasiatnya.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Hari Raya, Ramadan 17/05/2020

3 Buah Selain Kurma yang Baik untuk Berbuka Puasa

Kurma bukan satu-satunya buah yang baik dimakan saat berbuka puasa. Lihat berbagai pilihan lainnya.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Monika Nanda
Hari Raya, Ramadan 14/05/2020

7 Cara Menjaga Tubuh Agar Tetap Fit Saat Puasa

Jangan sampai karena puasa Anda jadi lemas, lesu, dan mudah sakit. Simak rutinitas yang bisa dilakukan agar tetap fit saat puasa.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Hari Raya, Ramadan 09/05/2020

4 Tips Mencegah Maag Kambuh Saat Puasa

Puasa menjadi tantangan tersendiri untuk Anda yang memiliki maag. Namun, jangan khawatir, berikut tips-tips mencegah maag saat puasa.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hari Raya, Ramadan 07/05/2020

Direkomendasikan untuk Anda

4 Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

4 Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020
Berbagai Manfaat Daun Kale, Si Hijau yang Kaya Zat Gizi

Berbagai Manfaat Daun Kale, Si Hijau yang Kaya Zat Gizi

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020
Cara Diet Turun Berat Badan yang Aman Tanpa Bahayakan Kesehatan

Cara Diet Turun Berat Badan yang Aman Tanpa Bahayakan Kesehatan

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020
Apa Bedanya Stres dan Depresi? Kenali Gejalanya

Apa Bedanya Stres dan Depresi? Kenali Gejalanya

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 26/05/2020