Gigi yang sehat dan bersih tentu dapat meningkatkan rasa kepercayaan diri Anda. Tidak cukup hanya dengan menyikat gigi, banyak perawatan gigi yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan gigi. Salah satunya scaling gigi.

Apa itu scaling gigi?

Scaling gigi adalah prosedur pembersihan karang gigi dengan menggunakan alat yang disebut dengan ultrasonic scaler. Karang gigi itu sendiri adalah tumpukan plak yang telah mengeras dan menempel pada gigi. Karang gigi membuat tampilan gigi menjadi kusam dan tak terawat, karena plak keras tersebut melapisi gigi dengan lapisan berwarna kuning cokelat, hingga hitam.

Berbeda dengan plak yang bisa dibersihkan dengan menyikat gigi, karang gigi tidak mudah dibersihkan dengan cara yang sama. Scaling gigi dapat membersihkan karang yang sangat keras sekalipun.

Alat khusus tersebut bekerja membersihkan sela-sela hingga bagian terdalam gigi dari tumpukan karang gigi serta bagian garis gusi yang biasanya sulit dijangkau dengan sikat gigi.

scaling gigi

Manfaat lainnya dari scaling gigi?

Scaling gigi bukan hanya membersihkan gigi dari karang, tetapi juga dapat mencegah beberapa penyakit. Berikut beberapa penyakit yang disebabkan oleh karang gigi:

Masalah gigi. Karang gigi akan menjadi tempat bagi berbagai bakteri. Bakteri tersebut dapat menyebabkan berbagai masalah gigi, umumnya adalah halitosis (mulut bau), gusi terasa gatal, gusi berdarah. Selain itu, asam yang dikeluarkan oleh bakteri dapat membuat gigi berlubang. Karang gigi juga dapat mengikis tulang penyangga gigi dan membuat gigi menjadi goyang bahkan bisa lepas.

Gingivitis. Masalah gigi yang disebabkan oleh karang gigi bila disepelekan akan mengiritasi dan menyebabkan peradangan gusi (gingivitis). Penyakit ini membuat gusi merah, bengkak, dan mudah berdarah.

Periodontitis. Bila gingivitis tidak diobati, maka akan menjadi lebih parah yang dikenal dengan periodontitis. Penyakit ini menyebabkan adanya jarak antara gusi dan gigi yang disebut kantong. Ketika kantong tersebut dipenuhi bakteri, sistem kekebalan tubuh secara alami melepaskan zat kimia untuk melawan bakteri tersebut. Reaksi dari zat kimia yang dilepaskan tubuh dan bakteri dapat merusak tulang gigi. Akhirnya menyebabkan tulang, gusi, dan jaringan penopang gusi menjadi hancur.

Penyakit jantung. Dikutip dari WebMD, bakteri yang menyebabkan penyakit gusi juga dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung. Bakteri yang terkandung dalam karang gigi dapat menginfeksi jaringan penyangga gigi dan dapat menyebar ke seluruh tubuh. Bakteri tersebut masuk ke aliran darah dan dapat menyebar ke organ lain seperti jantung.

Harus berapa kali melakukan scaling gigi?

Scaling gigi disarankan untuk dilakukan setiap 6 bulan sekali. Namun, untuk beberapa kasus berat, scaling gigi dapat dilakukan 3 bulan sekali. Saat melakukan scaling gigi mungkin akan terjadi pendarahan, gusi bengkak dan nyeri. Hal ini terjadi karena gusi dan gigi yang berkarang menyesuaikan diri dengan proses scaling tersebut.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca