3 Resep Alami untuk Memutihkan Gigi Kuning

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 20 Juni 2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Merawat gigi ternyata tidak hanya cukup dengan menggosok gigi, namun kita juga perlu menjauhi kebiasaan buruk yang dapat mengakibatkan gigi menjadi kuning. Namun, jika gigi sudah terlanjur berubah warna, berikut sejumlah tips sederhana untuk memutihkan gigi yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Bahan alami untuk memutihkan gigi

1. Baking soda dan jus lemon

Baking soda memiliki butiran bertekstur agak kasar yang dapat mengikis noda yang menempel di gigi. Baking soda bersifat basa yang dapat menetralkan asam di mulut akibat residu makanan dan bakteri. Asam dapat merusak enamel gigi. Selain itu, baking soda akan bertindak sebagai agen penyeimbang asam dari jus lemon, yang berfungsi sebagai pemutih.

Alternatifnya, Anda dapat bergantian menggunakan jus lemon dan air putih sebagai pelarut baking soda tiap beberapa hari sekali untuk menghindari kerusakan gigi.

Yang Anda perlukan:

  • Baking soda, secukupnya
  • Air perasan lemon, secukupnya untuk mengencerkan baking soda
  • Sikat gigi

Caranya?

Campur rata baking soda dengan air perasan lemon hingga terbentuk adonan seperti pasta gigi. Seka gigi Anda dari sisa makanan dan air liur dengan tisu atau kain lap bersih. Letakkan adonan pasta lemon tersebut di atas sikat gigi dan mulailah menyikat gigi, seperti yang biasa Anda lakukan. Diamkan adonan tersebut menempel di gigi selama kurang lebih 1 menit, lalu kumur bersih untuk menghindari kerusakan enamel gigi. Jika Anda menggunakan air dan bukan perasan lemon, pasta bisa didiamkan hingga tiga menit di dalam mulut.

BACA JUGA: 5 Cara Menggunakan Lemon untuk Mengatasi Jerawat

2. Stroberi, garam, dan baking soda

Stroberi mengandung vitamin C dosis tinggi, yang berfungsi menghancurkan plak penyebab gigi kuning. Buah merah berbintik ini juga kaya akan enzim asam maleat yang akan melunturkan noda di permukaan gigi. Garam bertindak sebagai scrub yang akan menghancurkan kotoran membandel. Baking soda adalah bahan opsional dalam scrub rumahan ini, yang bisa Anda pakai atau bisa juga tidak, sesuai selera.

Yang Anda perlukan:

  • 1-3 buah stroberi berukuran besar
  • Sejumput garam laut
  • 1/2 sdt baking soda (kalau mau)

Caranya?

Lumatkan stroberi dan tambahkan garam laut (serta baking soda, jika Anda menggunakannya), aduk rata. Seka gigi Anda dari sisa makanan dan air liur dengan tisu atau kain lap bersih. Letakkan adonan pasta stroberi tersebut di atas sikat gigi dan mulailah menyikat gigi, seperti yang biasa Anda lakukan. Diamkan adonan tersebut menempel di gigi selama kurang lebih 5 menit, lalu kumur bersih. Lakukan setiap malam.

BACA JUGA: 5 Manfaat Berkumur dengan Air Garam

3. Minyak kelapa

Berkumur dengan minyak kelapa adalah cara unik dan turun temurun yang dipercaya oleh banyak orang dapat memutihkan gigi. Rasanya tidak enak, namun terbukti efektif mengembalikan warna gigi. Memang tidak akan seefektif “bleaching” yang dilakukan dengan alat khusus atau langsung di dokter gigi, namun senyawa lauric acid yang terkandung dalam minyak kelapa akan membasmi plak dan bakteri penyebab gigi kuning. Minyak kelapa juga akan menjaga kesehatan gusi dan bau mulut tetap segar.

Yang Anda perlukan:

  • 1 sdm minyak kelapa

Caranya?

Pagi hari sebelum Anda menggosok gigi, sendokkan 1 sdm minyak kelapa (atau sebanyak yang Anda butuhkan). Anda dapat melumatnya sampai halus terlebih dulu, atau langsung masukkan utuh ke dalam mulut. Kumur seluruh rongga mulut dan jangkau setiap gigi dengan lidah Anda, gosok perlahan selama 10 – 15 menit, dan buang. Lalu, kumur dengan air putih. Lanjutkan rutinitas menggosok gigi seperti biasa.

BACA JUGA: 4 Cara Menggunakan Minyak Kelapa untuk Kecantikan

Yang perlu Anda perhatikan jika ingin mendapat gigi putih dengan cara alami:

  • Rutinitas itu perlu. Setelah Anda membuat jadwal rutinitas, Anda wajib mematuhinya. Jangan membolos untuk mendapatkan efek optimal.
  • Mungkin tidak terhitung sebagai cara alami, namun, menggunakan 3% hidrogen peroksida sebagai obat kumur dapat mempercepat proses pemutihan gigi melalui proses oksidasi. Hidrogen peroksida merupakan bahan aktif yang terkandung dalam obat pemutih gigi yang dijual di pasaran, walaupun umumnya konsentrasi senyawa kimia ini akan lebih tinggi (dan lebih mahal).
  • Meskipun sulit untuk dilakukan, cobalah untuk menghindari minuman berwarna gelap, seperti soda dan kopi yang dapat meninggalkan noda gigi.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy

Yang juga perlu Anda baca

Penyebab Gigi Tonggos dan Pilihan Cara Memperbaikinya

Mungkin tidak semua orang yang punya gigi tonggos bisa tampil se-pede Freddie Mercury. Namun, haruskah gigi tonggos diperbaiki?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 25 November 2020 . Waktu baca 10 menit

Maloklusi (Gigi Berantakan)

Maloklusi adalah gangguan pada tulang rahang yang menyebabkan gigi berantakan,entah itu jadi tumpang tindih, bengkok, atau gigi tonggos (overbite).

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Penyakit A-Z, Kesehatan A-Z 25 November 2020 . Waktu baca 11 menit

Tak Hanya Memutihkan Kulit, Ini 6 Manfaat Bengkoang Bagi Kesehatan

Siapa yang suka makan bengkoang? Nyatanya, kandungan dan manfaat bengkoang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaatnya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Kecantikan 25 November 2020 . Waktu baca 4 menit

Benarkah Vitamin C Bisa Membuat Warna Kulit Lebih Cerah?

Banyak orang menjalani suntik vitamin C dan memakai produk berbahan vitamin C untuk memutihkan kulit. Tapi apa benar vitamin C bisa mencerahkan kulit?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Hidup Sehat, Kecantikan 24 November 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

infeksi gusi periodontitis

Periodontitis

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 27 November 2020 . Waktu baca 15 menit
Gingivitis

Gingivitis (Radang Gusi)

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 26 November 2020 . Waktu baca 12 menit
kedutan mata kiri atas

9 Cara Alami Memanjangkan Bulu Mata Supaya Lebih Lentik

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 26 November 2020 . Waktu baca 6 menit
mengatasi kulit siku kering

Siku Kering? Ini 6 Cara Efektif untuk Mengatasinya

Ditulis oleh: Priscila Stevanni
Dipublikasikan tanggal: 26 November 2020 . Waktu baca 4 menit