Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Lidah Gatal

Lidah Gatal

Lidah adalah organ tubuh yang berfungsi membantu tubuh untuk mencerna makan, menelan, berbicara, dan lainnya. Jarang orang ketahui, kalau fungsi lidah juga bisa mencerminkan kesehatan tubuh secara umum. Misalnya saja lidah kuning mungkin menandakan Anda punya sakit kuning atau hanya sebatas mulut kering dan jarang sikat gigi. Lalu, bagaimana dengan lidah gatal? Cari tahu jawabannya pada ulasan berikut.

Definisi lidah gatal

Lidah gatal merupakan salah satu masalah gusi dan mulut yang paling umum terjadi. Pada kebanyakan kasus, kondisi ini tidak perlu dikhawatirkan dan dapat hilang dengan sendirinya. Terlebih jika Anda rutin melakukan perawatan mulut dengan benar. Namun, ada pula beberapa kondisi yang perlu perhatian khusus dan penanganan dokter.

Seberapa umumkah kondisi ini?

Masalah pada lidah ini umum terjadi, dan bisa dialami semua usia, dari anak-anak hingga orang dewasa. Namun, beberapa orang dengan kondisi tertentu mungkin lebih berisiko dengan kondisi ini ketimbang orang yang sehat. Mengetahui penyebabnya bisa membantu untuk meredakan masalah pada lidah ini.

Tanda dan gejala lidah gatal

ilustrasi lidah tertelan

Gangguan pada lidah ini bisa muncul sebagai gejala tunggal. Namun, bisa juga diikuti dengan gejala mengganggu lainnya. Gejala penyerta yang dialami bisa menjadi petunjuk dokter dalam menegakkan diagnosis penyakit.

Selain rasa gatal, gejala lain yang mungkin terjadi, antara lain:

  • rasa panas pada lidah,
  • mulut kering,
  • susah mengunyah karena adanya sariawan, serta
  • gejala lainnya yang bisa mengarah pada masalah kesehatan tertentu.

Kapan harus periksa ke dokter?

Lidah gatal dan perih yang terjadi sesekali saja dan berhubungan dengan permasalahan ringan, seperti alergi makanan, sariawan, lidah terbakar, atau merokok akan hilang dengan sendirinya. Apabila terjadi terus-menerus selama beberapa hari dan mengganggu aktivitas, sebaiknya segera konsultasikan pada dokter.

Hal ini bisa saja dikarenakan lidah gatal merupakan salah satu gejala masalah kesehatan lain, seperti diabetes, infeksi jamur, atau kekurangan vitamin tertentu yang membutuhkan penanganan khusus.

Namun, apabila sensasi ini muncul tiba-tiba dan disertai rasa kesemutan, mati rasa, dan kebas yang menyebar ke wajah, lidah, hingga sebelah kaki atau lengan, Anda perlu waspada akan stroke ringan atau transient ischemic attack (TIA).

Dikutip dari American Stroke Association, beberapa gejala stroke ringan yang perlu Anda waspadai seperti berikut.

  • Kelelahan dan kesemutan pada bagian tubuh sebelah.
  • Kesulitan berbicara dan menelan.
  • Kebingungan dan hilang ingatan.
  • Kebutaan pada sebelah atau kedua mata.
  • Pusing.
  • Rasa sakit kepala parah tanpa penyebab jelas.

Jika Anda atau orang di sekitar mengalami gejala di atas, segera hubungi nomor 118 atau 119 untuk memanggil ambulans untuk penanganan segera di rumah sakit.

Penyebab lidah gatal

Merokok setelah makan

Berikut adalah beberapa penyebab lidah gatal mulai dari masalah ringan hingga serius yang perlu Anda waspadai.

1. Reaksi alergi

Alergi merupakan salah satu kondisi kesehatan yang menyebabkan lidah gatal, terutama reaksi alergi makanan. Beberapa jenis makanan yang umum menyebabkan alergi adalah kacang dan biji-bijian (almond, hazelnut, kedelai, atau gandum), makanan laut (kerang, ikan, udang, dan kepiting), serta susu dan telur.

Selain itu, American College of Allergy, Asthma & Immunology juga menunjukkan bahwa protein yang ditemukan pada beberapa buah dan sayuran memiliki efek pemicu alergi yang hampir sama dengan protein dalam golongan makanan di atas. Jenis alergi buah ini umumnya disebut sebagai sindrom alergi oral atau pollen-food allergy syndrome.

Beberapa buah dan sayuran yang mengandung protein tersebut sehingga dapat menyebabkan lidah gatal, di antaranya:

  • Protein Birch pollen, terdapat dalam apel, ceri, kiwi, persik, pir, dan buah plum.
  • Protein serbuk sari rumput, terdapat dalam melon, jeruk, persik, dan tomat.
  • Protein serbuk sari ragweed, terdapat dalam pisang, mentimun, melon, biji bunga matahari, dan zukini.

2. Komplikasi diabetes

Sistem kekebalan tubuh yang melemah disertai dengan kondisi diabetes yang Anda miliki dapat meningkatkan risiko Anda terkena infeksi jamur pada mulut (oral thrush) dan sejumlah infeksi lainnya. Infeksi inilah yang dapat menyebabkan lidah terasa gatal, kebas, atau bahkan berbulu.

Pasalnya, tingginya gula dalam darah pada penderita diabetes yang tidak ditangani dan dikendalikan dengan baik, juga dapat membuat air liur mengandung jumlah gula yang tinggi. Kondisi ini akan menjadi makanan dan sumber energi yang berlimpah untuk jamur dan bakteri. Akibatnya, bakteri dan jamur semakin berkembang biak dan menyebabkan infeksi.

3. Kekurangan gula darah dan kalsium

Alasan kenapa lidah gatal juga bisa menjadi pertanda kalau tubuh Anda sedang membutuhkan senyawa tertentu, misalnya tubuh sedang kekurangan gula darah (hipoglikemia) dan kekurangan kalsium (hipokalsemia) dalam darah. Walaupun jarang terjadi, namun kedua kondisi ini dapat menyebabkan lidah dan area mulut terasa gatal atau kesemutan.

Selain itu, gula darah rendah atau hipoglikemia dapat menunjukkan gejala lain, seperti:

  • Irama jantung tidak teratur/jantung berdebar-debar
  • Kelesuan
  • Mengantuk
  • Merasa lapar
  • Kulit pucat
  • Kliyengan
  • Badan gemetar
  • Sulit berkonsentrasi

Sementara kalsium darah rendah atau hipokalsemia juga dapat mengakibatkan gejala sebagai berikut.

  • Kram otot pada punggung dan kaki
  • Kejang otot
  • Kesemutan
  • Detak jantung tak normal
  • Kesulitan bernapas

4. Kekurangan vitamin B12

tipes karena kelelahan

Tanda dan gejala kekurangan vitamin B12 dalam tubuh salah satunya ditandai dengan radang lidah (glositis) dan sariawan juga bisa menimbulkan sensasi gatal pada lidah serta mulut.

Dikutip melalui National Health Service, kekurangan vitamin B12 juga dapat menimbulkan gejala lain seperti berikut.

  • Kulit pucat.
  • Kelelahan dan letih.
  • Tubuh seperti tertusuk jarum.
  • Keseimbangan menurun.
  • Sesak napas.
  • Penglihatan kabur.
  • Depresi/mood labil.

5. Mengonsumsi alkohol atau merokok

Kebiasaan merokok dan mengonsumsi minuman alkohol dapat menyebabkan lidah gatal akibat iritasi dari bahan-bahan kimia komposisinya. Selain itu, merokok cenderung meningkatkan risiko terkena sariawan dan mulut kering (xerostomia) penyebab gatal pada lidah.

6. Lidah terbakar karena makanan atau minuman panas

Terburu-buru melahap makanan panas dapat menyebabkan lidah terbakar atau trauma yang ditandai dengan lidah terasa panas dan gatal.

Kedua sensasi menyebalkan ini juga bisa terjadi di area mulut lainnya, seperti bagian dalam pipi, gusi, bibir, atau langit-langit mulut. Gejala lain yang mungkin menyertai termasuk rasa haus dan mulut kering.

7. Infeksi jamur

Infeksi jamur pada mulut (oral thrush) bisa menyebabkan lidah gatal, berwarna pucat, dan terkadang menimbulkan sariawan. Dikutip melalui Mayo Clinic, kondisi yang juga disebut sebagai kandidiasis mulut ini disebabkan jamur Candida albicans, di mana pada kasus yang parah bisa merambat ke bagian dalam pipi dan tenggorokan Anda.

Kondisi ini lebih cenderung terjadi pada bayi dan orang dewasa yang lebih tua karena kekebalan tubuh mereka yang rendah. Tetapi jika Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, gejalanya mungkin lebih parah dan perkembangan jamur pun sulit dikendalikan.

8. Fissure tongue dan lidah geografis

Kondisi ini mengarah pada lidah pecah-pecah karen terbentuknya celah-celah pada lidah. Celah tersebut sering kali menonjol di bagian tengah lidah.

Penyebab dari kondisi ini tidak diketahui secara pasti. Namun, kebanyakan kasus tidak berbahaya. Kecuali, jika celahnya cukup dalam, makanan bisa tersangkut sehingga bisa menimbulkan sensasi gatal dan bau mulut.

Orang dengan kondisi lidah ini biasanya rentan mengalami lidah geografis atau peradangan tidak berbahaya yang memperngaruhi permukaan lidah. Pada orang dengan lidah geografis, bercak pada lidah tidak memiliki papila (benjolan pada permukaan lidah) dan tampak sebagai “pulau” merah yang halus.

Inflamasi pada lidah ini bisa tidak bergejala maupun bergejala. Jika bergejala, umumnya adalah ketidaknyaman, perih yang diperparah oleh makanan panas dan asam.

9. Black hairy tongue (lidah berbulu hitam)

Lidah berbulu hitam adalah masalah mulut tidak berbahaya yang membuat lidah terlihat gelap dan berbulu. Tampilan yang berbeda biasanya hasil dari penumpukan sel-sel kulit mati pada banyak tonjolan kecil (papila) di permukaan lidah yang mengandung kuncup pengecap.

Papila ini, yang lebih panjang dari biasanya, dapat dengan mudah menjebak bakteri, jamur, tembakau, makanan, atau zat lain. Meskipun lidah berbulu hitam mungkin terlihat mengkhawatirkan, biasanya tidak menyebabkan masalah kesehatan atau rasa sakit.

Faktor-faktor risiko lidah gatal

rokok kretek vs rokok filter

Gangguan pada lidah ini bisa menyerang siapa saja. Akan tetapi, orang dengan faktor risiko berikut lebih mungkin mengalaminya ketimbang orang lain.

  • Seseorang yang memiliki anggota keluarga dengan riwayat penyakit yang menyebabkan gatal pada lidah lebih mungkin mengalami hal serupa.
  • Beberapa penyebab lidah pada indera pengecap lebih umum menyerang orang dengan usia tertentu. Contohnya infeksi jamur umum terjadi pada orang dewasa, alergi pada anak-anak, dan komplikasi diabetes pada lansia.
  • Memiliki masalah kesehatan tertentu yang memperngaruhi fungsi kelenjar di tubuh dan sistem imun.
  • Tidak menjaga kebersihan mulut dengan benar dan punya kebiasaan merokok.

Diagnosis dan pengobatan lidah gatal

pemeriksaan ke dokter gigi

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Guna menegakkan diagnosis penyebab dari masalah pada lidah ini, dokter mungkin akan meminta Anda melakukan beberapa tes kesehatan seperti berikut.

  • Pemeriksaan fisik dengan melihat kondisi lidah secara langsung dan menanyakan riwayat kesehatan Anda serta keluarga.
  • Tes darah untuk mengetahui kadar gula maupun mineral tertentu dalam tubuh.
  • Tes kulit atau percobaan makanan jika dokter mencurigai penyebabnya adalah alergi.

Apa saja pilihan pengobatan untuk lidah gatal?

Cara untuk mengatasi masalah pada lidah ini bervariasi tergantung dengan penyebab yang mendasarinya. Beberapa di antaranya bisa sembuh dengan sendirinya dan beberapa di antaranya bisa diobati dengan perubahan gaya hidup serta perawatan khusus dari dokter.

Lebih jelasnya, mari bahas satu per satu pengiobatannya.

Lidah gatal akibat reaksi alergi yang berasal dari makanan bisa diobati dengan cara menghindarinya pemicunya. Namun, apabila Anda tidak sengaja mengonsumsi sehingga menimbulkan sensasi gatal di mulut, bintik merah, dan bengkak sebaiknya segera mengonsumsi obat alergi makanan tanpa resep atau obat alergi antihistamin.

Sementara Jika masalah pada lidah ini berkaitan dengan komplikasi diabetes yang ringann, Anda hanya perlu rutin menjaga kebersihan mulut dan gigi dan selalu menjaga kadar gula tetap dalam kisaran yang normal sesuai anjuran dokter.

Mengonsumsi makanan tertentu bisa meredakan gejala tersebut, misalnya konsumsi teh manis hangat, permen, atau jus buah mengandung gula untuk menaikkan kadar gula darah. Lalu konsumsi suplemen kalsium juga bisa untuk menaikkan kadar kalsium dalam darah.

Jika penyebabnya adalah kekurangan vitamin B12, perawatannya adalah dengan kembali memperbaiki pola makan dan atau ditambah dengan suplemen. Bila alkohol dan rokok adalah penyebab lidah gatal. sebaiknya hentikan kebiasaan merokok dan minum alkohol.

Selanjutnya, pengobatan infeksi jamur pada lidah dapat dilakukan dengan menggunakan obat topikal berupa gel atau obat kumur. Dokter juga merekomendasikan untuk selalu menyikat gigi rutin dan menggunakan obat kumur antiseptik. Hindari kebiasaan merokok dan batasi asupan gula dan makanan beragi, seperti roti, bir, atau wine juga dapat mencegah pertumbuhan jamur candida dalam mulut.


Sering sakit gigi atau punya gigi sensitif?

Yuk gabung Komunitas Gigi Mulut agar kamu bisa tanya dokter atau berbagi cerita bersama member lainnya.


health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

What is a tia. Retrieved December 04, 2021, from https://www.stroke.org/en/about-stroke/types-of-stroke/tia-transient-ischemic-attack/what-is-a-tia

Mayo Clinic. 2018. Oral Thrush – Symptoms And Causes. Retrieved December 04, 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/oral-thrush/symptoms-causes/syc-20353533

nhs.uk. 2019. Vitamin B12 Or Folate Deficiency Anaemia – Symptoms. Retrieved December 04, 2021, from https://www.nhs.uk/conditions/vitamin-b12-or-folate-deficiency-anaemia/symptoms/

ACAAI Public Website. 2020. Pollen Food Allergy Syndrome. Retrieved December 04, 2021, from https://acaai.org/allergies/types/food-allergies/types-food-allergy/oral-allergy-syndrome

Food allergy. (2019, November 02). Retrieved December 04, 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/food-allergy/symptoms-causes/syc-20355095

Reamy, B., Derby, R., & Bunt, C. (2010, March 01). Common tongue conditions in primary care. Retrieved December 04, 2021, from https://www.aafp.org/afp/2010/0301/p627.html

Hypocalcemia. Retrieved December 04, 2021, from https://www.winchesterhospital.org/health-library/article?id=885069

Black hairy tongue. (2018, March 08). Retrieved December 04, 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/black-hairy-tongue/symptoms-causes/syc-20356077

Office, A. (n.d.). Fissured tongue. Retrieved December 04, 2021, from https://www.aaom.com/fissured-tongue

Geographic tongue. (2018, March 06). Retrieved December 04, 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/geographic-tongue/symptoms-causes/syc-20354396

Geographic tongue. (2020, March 27). Retrieved December 04, 2021, from https://rarediseases.org/rare-diseases/geographic-tongue/

Black hairy tongue. Retrieved December 04, 2021, from https://www.ccjm.org/content/ccjom/75/12/847.full.pdf

 

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui May 24
Ditinjau secara medis oleh drg. Farah Nadiya