Khasiat Lidah Buaya untuk Menghilangkan Ketombe dan Cara Menggunakannya

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Ketombe merupakan masalah kulit yang umum, tapi kadang bisa jadi sangat sulit diatasi. Ada berbagai macam perawatan untuk kondisi ini, baik menggunakan obat, sampo khusus, hingga bahan alami. Satu di antara banyaknya bahan alami yang digadang-gadang dapat menghilangkan ketombe adalah Aloe vera alias lidah buaya.

Benarkah demikian? Lalu, bagaimana cara menggunakan lidah buaya untuk mengatasi ketombe yang membandel?

Pengaruh lidah buaya terhadap ketombe

Lidah buaya selama ini dikenal sebagai bahan alami untuk meredakan peradangan, luka bakar ringan, serta mempercepat penyembuhan luka kecil. Tanaman ini juga kerap digunakan pada rambut karena dipercaya dapat membantu pertumbuhannya.

Hal ini bukan tanpa alasan, sebab lidah buaya memang mengandung berbagai nutrisi yang membantu pemulihan jaringan. Tidak hanya itu, bagian dalam tanaman lidah buaya yang berbentuk gel juga memberikan efek sejuk dan melembapkan pada kulit.

Penyebab ketombe berawal dari penumpukan minyak, kotoran, serta sel kulit mati yang mengering. Ketika digunakan pada kulit kepala, lidah buaya dapat membantu menghilangkan ketombe dengan cara berikut:

  • Melembapkan kulit kepala yang kering sehingga tidak berubah menjadi ketombe
  • Mengurangi peradangan pada kulit kepala melalui kandungan enzim dan senyawa antiperadangan
  • Membersihkan rambut dan kulit kepala dari minyak berlebih
  • Melindungi sel kulit kepala dari kerusakan berkat kandungan antioksidan
  • Mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur yang dapat memperparah ketombe

Cara menghilangkan ketombe dengan lidah buaya

Anda dapat memanfaatkan lidah buaya dengan menggunakan gelnya secara langsung atau membuatnya menjadi masker rambut. Berikut adalah beberapa cara sederhana yang bisa Anda terapkan:

1. Gel lidah buaya

Anda bisa mengambil sendiri gel lidah buaya menggunakan pisau tajam atau bergerigi. Potong bagian pangkal tanaman lidah buaya, lalu potong lapisan kulit atasnya yang berwarna hijau. Gunakan pisau untuk mengambil gel di dalamnya dengan hati-hati.

Oleskan gel lidah buaya pada kulit kepala Anda dengan lembut dan merata. Biarkan selama 30-60 menit agar gel menyerap, lalu bersihkan rambut Anda dengan sampo hingga seluruh gel hilang. Lakukan cara ini sebanyak 2-3 kali setiap minggu.

2. Masker lidah buaya dan minyak eukaliptus

Campuran lidah buaya dan minyak eukaliptus dapat menghilangkan ketombe dengan cara mencegah peradangan pada kulit kepala. Siapkan 4 sendok makan gel lidah buaya dan 2-3 tetes minyak eukaliptus dan campurkan hingga rata.

Oleskan campuran tersebut pada kepala, mulai dari akar hingga ujung rambut. Pastikan Anda juga mengoleskannya pada kulit kepala secara merata. Biarkan selama 30-60 menit, lalu bersihkan dengan air. Ulangi sebanyak 2-3 kali setiap minggu.

3. Masker lidah buaya dan minyak zaitun

Minyak zaitun memiliki kandungan yang dapat melembapkan kulit kepala. Selain itu, kandungan antimikroba pada minyak zaitun juga dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur yang membuat ketombe semakin parah.

Campurkan 2 sendok makan gel lidah buaya, 1 sendok makan minyak zaitun, dan 1 sendok makan yogurt. Oleskan pada kulit kepala dan rambut, lalu tutupi kepala Anda dengan shower cap. Biarkan selama 30-40 menit, kemudian bilas hingga bersih.

Anda juga bisa menghilangkan ketombe dengan cara mencampurkan madu, minyak kelapa, atau tea tree oil ke dalam gel lidah buaya. Untuk menjaga kulit kepala tetap bersih, Anda dapat mencampurkannya dengan perasan lemon atau cuka apel.

Gel lidah buaya aman digunakan untuk kulit kepala selama tidak terdapat reaksi alergi atau iritasi. Namun, apabila ketombe justru bertambah parah, hentikan penggunaan bahan ini dan konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan solusinya.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca