Kepiting menjadi salah satu makanan laut lezat yang bisa memanjakan lidah. Namun sayangnya, setelah makan kepiting banyak orang mengeluhkan kepalanya terasa pusing. Kondisi ini bukanlah hal yang normal dan bisa dianggap wajar. Agar tak terus menerka, yuk cari tahu penyebab munculnya keluhan ini.

Penyebab pusing setelah makan kepiting

penyakit graves adalah sakit kepala pusing tidur insomnia

Merasa pusing setelah makan kepiting? Bisa jadi Anda alergi terhadap makanan laut yang satu ini. Pasalnya, alergi makanan bisa menimbulkan rasa pusing yang muncul langsung atau beberapa jam setelah mengonsumsinya.

Biasanya kondisi ini terjadi ketika sistem kekebalan tubuh Anda keliru mengenali protein di dalam kepiting dan menganggapnya sebagai zat berbahaya. Hal ini membuat tubuh kemudian melepaskan histamin sebagai bentuk perlawananannya.

Dilansir dari Verywell Health, histamin adalah senyawa yang dirancang untuk membantu sistem kekebalan tubuh dan mengenali agen penyerang dari luar. Saat tubuh melepaskan histamin, di saat yang bersamaan ada berbagai gejala yang muncul sebagai efeknya. Kondisi inilah yang membuat Anda biasanya mengalami berbagai gejala alergi termasuk salah satunya pusing setelah makan kepiting.

Berbagai gejala alergi setelah makan kepiting

alergi benzoil peroksida kulit kering gatal

Untuk lebih mudah mengenali apakah kondisi yang Anda alami setelah makan kepiting ini termasuk alergi atau bukan, coba lihat gejala lainnya. Biasanya alergi tak hanya memunculkan satu gejala saja melainkan ada gejala lain yang menyertainya. Adapun berbagai gejala lain yang umumnya ikut muncul yaitu:

  • Gatal-gatal
  • Mengi atau sulit bernapas
  • Sakit perut termasuk diare, mual, atau muntah
  • Pembengkakan pada bibir, wajah, lidah, tenggorokan, dan bagian tubuh lainnya

Selain itu, alergi juga bisa menimbulkan reaksi parah dan mengancam nyawa yang disebut dengan anafilaktik. Kondisi ini biasanya ditandai dengan gejala seperti:

  • Tenggorokan bengkak sehingga jalan napas menyempit.
  • Syok disertai dengan tekanan darah yang menurun drastis.
  • Pusing bahkan hingga pingsan.

Coba lebih peka, setelah makan kepiting apakah Anda mengalami berbagai gejala ini? Jika iya, tandanya tubuh Anda alergi terhadap kepiting.

Coba periksakan ke dokter

penyebab sirosis hati

Jika Anda mengalami reaksi alergi setelah makan kepiting, coba datang ke dokter untuk meminta obat penawarnya. Terkadang memang reaksi alergi bisa hilang dengan sendirinya tetapi jika gejalanya semakin buruk jangan ragu untuk memeriksakannya.

Jika dokter mengatakan bahwa Anda memang benar-benar alergi kepiting, jangan lagi memakan makanan laut yang satu ini. Selain makan kepiting, Anda juga perlu berhati-hati pada makanan laut lainnya yang serupa seperti lobster, udang, cumi, dan kerang.

Baca Juga:

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca