Riset Terbaru: Maraton Bisa Meningkatkan Kualitas Kesehatan Jantung

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Patricia Lukas Goentoro

Belakangan ini, maraton atau lari jarak jauh cukup populer di kalangan masyarakat. Selain baik untuk kesehatan tubuh, ternyata lari maraton dapat meningkatkan kesehatan jantung, yaitu memperlambat penuaan usia jantung.

Bagaimana kondisi ini bisa terjadi? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini. 

Lari maraton ternyata dapat meningkatkan kesehatan jantung

bahaya maraton untuk ginjal

Banyak yang menganggap bahwa maraton merupakan salah satu jenis olahraga ekstrem karena jaraknya yang lebih jauh dan beban yang dibawa lebih banyak. 

Walaupun terkenal cukup sulit untuk dilakukan, maraton menawarkan segudang manfaat untuk kesehatan Anda. Mulai dari menguatkan otot kaki, menjaga berat badan, hingga meningkatkan kesehatan jantung. 

Faktanya, penelitian dari Journal of the American College of Cardiology mengungkapkan bahwa lari maraton membuat dinding arteri lebih elastis.

Arteri koroner merupakan salah satu dari tiga pembuluh darah utama dan lokasinya mengelilingi jantung. Dindingnya yang elastis membuat arteri berfungsi untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil. 

Selain itu, arteri juga bertugas untuk membawa darah dari jantung menuju organ-organ lainnya. Maka itu, tingkat elastis arteri cukup penting untuk menjaga kesehatan jantung tetap baik. 

Di dalam penelitian tersebut terdapat 138 peserta lari yang melakukan pemeriksaan jantung sebelum dan sesudah lari dilaksanakan.

detak jantung cepat

Dari pemindaian jantung tersebut, peneliti mencoba melihat apakah rasa kaku pada arteri akan berkurang atau tidak. Semua peserta tersebut bukan seorang atlet yang sering berlari, tetapi mengikuti pelatihan untuk London Marathon. 

Sebelum latihan dan dua minggu setelah maraton dilakukan, peneliti menilai akan mulai menilai dari beberapa faktor. Mulai dari tekanan darah aorta hingga kekakuan jantung. 

Kemudian, usia jantung akan dihitung melalui kekakuan usia jantung pada awalnya. Hasilnya, lari maraton dapat mengurangi kekakuan dinding arteri dengan mengurangi plak yang menempel. 

Kondisi tersebut setara dengan pengurangan usia jantung sebanyak 4 tahun. Maka itu, para peneliti sepakat bahwa elastisitas jantung bisa kembali membaik ketika Anda melakukan lari maraton. 

Pengerasan arteri meningkatkan risiko penyakit jantung

Setelah mengetahui manfaat yang ditawarkan oleh lari maraton untuk meningkatkan kesehatan jantung Anda, terutama arteri, kenali mengapa pembuluh darah ini cukup penting. 

Pengerasan arteri atau lebih dikenal sebagai aterosklerosis merupakan masalah jantung yang dapat menyebabkan stroke dan penyakit jantung. Aterosklerosis terjadi ketika pembuluh darah mengeras atau menyempit akibat plak yang menumpuk. 

Plak yang terdiri dari kolesterol, lemak, dan sisa kalsium serta fibrin ini dapat membesar dan menyumbat aliran darah. Akibatnya, risiko penyakit jantung, stroke, hingga masalah kesehatan lainnya pun meningkat. 

stres kerja menyebabkan stroke

Hal ini dikarenakan ketika aliran darah tersumbat dan tiba-tiba pecah dapat membuat darah membeku di sekitar pembuluh darah arteri yang pecah. Jika kondisi ini terjadi, serangan jantung dan stroke pun tidak dapat dihindarkan. 

Oleh karena itu, Anda bisa melakukan beberapa cara di bawah ini untuk menghindari pengerasan jantung, seperti:

  • Berhenti merokok karena rokok dapat merusak dinding pembuluh darah
  • Mengurangi makanan berlemak, manis, dan kemasan
  • Memperbanyak konsumsi makanan segar, sayur, dan buah
  • Rutin berolahraga intensitas moderat seperti jalan kaki, sepeda statis sebanyak 30 menit per hari atau 150 menit per minggu

Sebenarnya, kondisi di atas memakan waktu yang cukup lama. Maka itu, Anda masih bisa mencegahnya dengan lari maraton untuk meningkatkan kesehatan jantung dan menghindari pengerasan arteri.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Januari 18, 2020 | Terakhir Diedit: Januari 20, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca