4 Cara Meratakan Warna Kulit Wajah

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Kulit wajah belang adalah masalah yang harus dihadapi oleh kebanyakan orang. Padahal, ada cara-cara mudah untuk menghaluskan dan merakan warna kulit wajah Anda dengan kebiasaan sehari-hari. Artikel ini akan menunjukkan beberapa cara sederhana yang harus Anda lakukan setiap hari.

1. Oleskan tabir surya setiap Anda keluar rumah

Sinar matahari berbahaya bagi kulit karena dapat merusak kulit dengan sangat cepat. Matahari juga jadi salah satu alasan utama kenapa warna kulit jadi belang. Jadi, untuk melindungi warna kulit wajah, Anda harus menggunakan tabir surya setiap hari, dan gunakan produk yang memiliki SPF minimal 15++.

Beberapa hal yang harus Anda ketahui mengenai tabir surya meliputi:

  • Sebenarnya, Anda harus mengoleskan minimal SPF 30+ untuk melindungi kulit dengan efektif. Ini dapat mencegah kanker.
  • Pastikan Anda menggunakan tabir surya meskipun pada cuaca berawan karena 80% radiasi sinar matahari masih menembus awan. Sementara itu, sinar matahari masih dapat merusak kulit Anda bahkan ketika sedang mendung dan hujan.
  • Produk tabir surya yang Anda gunakan harus mengandung perlindungan terhadap UVA dan UVB. UVA adalah sinar yang dapat menciptakan keriput dan bintik-bintik penuaan. Sinar UVB dapat membakar kulit Anda. Pelembap wajah dan produk foundation harus mengandung tabir surya dan Anda dapat memeriksa label sebelum memilih produk. Jika tidak, Anda harus mengoleskan tabir surya di bawah riasan Anda.

2. Lakukan pengelupasan kulit wajah

Tahukah Anda bahwa kulit wajah memiliki begitu banyak sel-sel kulit mati yang menumpuk di permukaannya? Ini menghasilkan penampilan usia tua atau wajah kering. Untuk memperbaiki corak kulit wajah Anda, angkat sel-sel kulit mati dengan beberapa cara berikut yang dapat membantu:

  • Kombinasi yang efektif adalah gula dan madu yang harus Anda oleskan saat ingin melakukan pengelupasan kulit. Cara alternatif adalah mengombinasikan oatmeal dengan madu. Pilihan lain adalah baking soda dengan air. Metode ini harus digunakan satu kali setiap satu sampai dua minggu.
  • Anda dapat menggunakan perawatan exfoliation (pengelupasan) khusus di klinik dermatologist dan spa.
  • Exfoliator elektrik juga merupakan pilihan yang baik. Alat ini bekerja dengan menggunakan sikat khusus yang bergerak untuk membersihkan wajah. Anda dapat menggunakannya dua kali sehari.

3. Gunakan pelembab setiap hari

Pelembab sangatlah penting untuk meratakan corak kulit wajah. Ada banyak jenis pelembab yang sesuai untuk masing-masing jenis kulit—dari kulit kering sampai kulit berminyak dan kulit berkeriput.

  • Anda harus menemukan pelembab yang mengandung SPF untuk mempercepat proses aplikasi krim.
  • Anda harus memastikan bahwa Anda menemukan produk yang tepat untuk jenis kulit Anda. Pelembab bisa memberikan sedikit warna selain membuat kulit menjadi lembut. Jika Anda memilih produk yang salah atau warna yang salah, ini dapat membuat kulit wajah Anda tampak tidak sehat.

4. Minum cukup air

Air bertanggung jawab dalam membersihkan kulit dari dalam. Air juga mencegah keriput. Jika Anda tetap terhidrasi dengan baik, kulit wajah Anda akan terlihat kenyal dan tampak seperti kulit anak-anak. Beberapa tips yang dapat Anda ikuti:

  • Minum minimal 2 liter air setiap hari. Selain itu, Anda tidak boleh minum alkohol atau minuman ringan tinggi gula. Minuman jenis ini dapat memengaruhi kulit Anda secara negatif. Jika Anda meminum banyak jenis minuman tersebut, gula dan bahan kimia dalam soda dan minuman bergula dapat menyebabkan jerawat dan penumpukan minyak.
  • Minum alkohol terutama dapat mencuri kelembaban dari kulit dan bisa terjadi penuaan dini.
  • Anda dapat menggunakan irisan buah-buahan seperti mentimun dan lemon dengan air. Mereka terbukti memberikan manfaat lebih.

Semoga tips di atas dapat membantu memperbaiki corak kulit wajah Anda. Cara-cara tersebut adalah langkah dasar yang harus Anda lakukan sekarang untuk mencegah penuaan kulit wajah Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Juni 1, 2017 | Terakhir Diedit: September 6, 2017

Sumber
Yang juga perlu Anda baca