Yang Harus Dipahami Sebelum Memilih Asuransi Pendidikan Anak

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21/04/2020
Bagikan sekarang

Pahit manis pengalaman menjadi orangtua memiliki cara tersendiri untuk mengubah hidup seseorang dalam skala yang bukan main. Kini, Anda bertanggung jawab atas kehidupan dan kesejahteraan orang lain. Untuk itu, Anda akan memastikan mendapatkan segala yang terbaik demi si kecil kesayangan Anda.

Salah satu topik pengasuhan anak yang tidak boleh diabaikan oleh para orangtua — baik yang baru maupun yang sudah cukup ahli — adalah perencanaan masa depan anak. Orangtua harus mulai mempertimbangkan jenis asuransi pendidikan seperti apa yang dibutuhkan untuk menjamin kemulusan masa depan si kecil.

Karena ada begitu banyak jenis asuransi anak yang ditawarkan di pasaran, wajar untuk Anda merasa bingung dan kewalahan saat pertama kali mencari tahu apa yang harus Anda lakukan. Terus terang, banyak dari kita orang dewasa yang masih bingung menentukan polis insuransi jiwa mana yang baik untuk diri sendiri, apalagi menentukan perencanaan yang menyangkut masa depan jangka panjang anak kita.

Dalam artikel ini, kami berharap dapat membantu memudahkan Anda mengenai serba-serba seputar asuransi pendidikan anak yang mungkin bisa Anda pertimbangkan.

Apa itu asuransi pendidikan anak?

Asuransi pendidikan anak adalah produk asuransi yang khusus ditujukan sebagai medium tabungan guna menyediakan persediaan dana untuk biaya pendidikan anak, sekaligus sebagai perlindungan asuransi jiwa berjangka bagi anak.

Dengan kata lain, perusahaan asuransi sebagai pihak penanggung akan membayarkan uang pertanggungan (klaim) dari tabungan asuransi Anda apabila Anda meninggal dunia, sementara anak Anda masih harus menyelesaikan pendidikannya. Dana asuransi tetap akan diberikan jika orangtua meninggal dunia tanpa keharusan membayar premi lagi.

Dana yang terkumpul bisa digunakan untuk mendanai pengeluaran yang diperlukan seputar universitas dan pendidikan tinggi. Dengan asuransi ini, anak adalah pihak yang terjamin, sementara Anda atau pasangan Anda adalah pihak tertanggung (pemegang polis).

Mengapa asuransi pendidikan anak penting

Biaya pendidikan semakin meninggi setiap tahunnya. Kebutuhan terhadap akses ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan biaya yang mengikutinya akan menempatkan beban finansial bagi Anda dan keluarga. Itulah sebabnya mengapa penting untuk memulai merencanakan pendidikan anak sedini mungkin, karena secepatnya Anda bisa memulai, semakin banyak pula waktu yang tersedia untuk mengembangkan tabungan Anda.

Polis asuransi pendidikan anak akan menyediakan dana yang dibutuhkan oleh anak Anda untuk mengejar pendidikan setinggi mungkin, sekaligus memastikan bahwa apapun yang terjadi di masa depan, ia masih memiliki sarana untuk memenuhi tujuan hidupnya.

Asuransi pendidikan untuk anak Anda akan didaftarkan atas nama salah satu pihak orangtua yang menjadi pencari nafkah utama dalam keluarga. Setiap bulan, Anda akan membayarkan sejumlah besar premi, yang diatur berdasarkan beberapa pertimbangan oleh perusahaan asuransi.

Sebaiknya Anda mendaftarkan anak Anda ke asuransi pendidikan saat ia masih kecil, karena semakin kecil umurnya, semakin kecil juga premi yang harus dibayarkan. Selain itu, usia orangtua juga menjadi pertimbangan dalam perhitungan biaya premi. Jika Anda mendaftarkan asuransi pendidikan di saat Anda masih di usia muda, pihak asuransi akan menilai bahwa Anda memiliki niat yang serius untuk memberikan pendidikan bagi anak Anda hingga ke perguruan tinggi, dan kemungkinan jumlah premi yang Anda bayarkan akan lebih besar dan terus berjalan dalam jangka waktu yang lebih panjang.

Memilih asuransi pendidikan anak terbaik

Saat mempertimbangkan pilihan polis asuransi pendidikan, selalu:

  • Pastikan Anda mendapatkan asuransi pendidikan dari perusahaan penyedia asuransi yang bonafid dan terpercaya.
  • Pastikan Anda mempertimbangkan fasilitas dan manfaat, serta kekurangan, dari setiap pilihan perusahaan asuransi Anda.
  • Pertimbangkan jumlah uang yang ingin Anda sisihkan untuk perencanaan pendidikan anak.
  • Pastikan bahwa premi yang ditawarkan terjangkau untuk kemampuan finansial Anda.
  • Pilih polis yang dapat memberikan Anda fleksibilitas, sehingga Anda bisa meningkatkan jumlah tabungan secara bertahap seiring waktu, atau pencairan klaim asuransi dengan cepat dan mudah
  • Pastikan program yang ditawarkan sesuai dengan manfaat yang dijanjikan. Artinya, nilai tabungan asuransi harus sesuai dengan estimasti dana sekolah anak Anda.
  • Pastikan bahwa Anda mempertimbangkan opsi payor benefit rider.

Jika Anda memilih polis asuransi pendidikan dengan opsi payor benefit rider, kebijakan tersebut sekaligus memberi jaminan bahwa, mengikuti kematian pemegang polis, anak penerima klaim asuransi akan memiliki akses ke dana untuk membantunya membiayai studi.

Berikut ini adalah pilihan utama asuransi pendidikan yang bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan, dikutip dari Cermati:

1. Unit Link (asuransi pendidikan)

Asuransi unit link adalah jenis asuransi pendidikan paling umum. Asuransi ini merupakan kombinasi dari manfaat asuransi dan investasi. Selain itu, layanan ini juga memberikan beragam fasilitas tambahan, seperti: penyakit kronis, income replacement, asuransi kesehatan, dan berbagai fasilitas lainnya.

Premi yang telah dibayarkan oleh Anda sebagai pihak tertanggung akan diinvestasikan oleh perusahaan asuransi dalam bentuk lain, untuk selanjutnya unit investasi tersebut akan dikelola oleh seorang manager investasi dalam berbagai alat investasi (ekuitas, obligasi, atau pasar uang, misalnya) yang Anda pilih sebelumnya. Hasil yang diperoleh dari unit ivestasi tersebut akan digunakan untuk mendanai biaya asuransi serta biaya lainnya, dan selisihnya menjadi milik pihak Tertanggung yang akan dicairkan dalam bentuk dana pendidikan.

Beberapa hal yang harus Anda ketahui seputar asuransi unit link:

  • Biaya premi akan mengalami peningkatan setiap tahunnya, dan kemungkinan besar hal tersebut tidak akan tercantum atau dijelaskan dalam proposal asuransi pendidikan Anda. Pada umumnya, proposal asuransi hanya akan mencantumkan besaran biaya pada tahun pertama saja. Alasannya, biaya tersebut akan dipotong melalui unit investasi yang Anda miliki setiap tahunnya.
  • Pemotongan biaya asuransi akan disesuaikan dengan kinerja investasi yang Anda pilih sejak awal. Dengan kata lain, arus balik dana investasi akan tidak pasti, sementara nominal besar potongan yang ditentukan oleh pihak asuransi adalah pasti. Singkatnya, jika pasar investasi anjlok, maka Anda akan diharuskan untuk menanggung tambahan dana karena hasil investasi tidak aan cukup untuk menutupi biaya asuransi. Jika tidak dibayarkan, polis akan hilang, sehingga semua manfaatnya juga akan hangus secara otomatis.
  • Setiap tambahan asuransi akan dikenakan biaya asuransi. Biaya ini secara otomatis akan mengurangi porsi investasi Anda dengan memotong dana pendidikan.

2. Term life dan reksa dana

Saat mempertimbangkan jenis asuransi ini, pahami bahwa akan ada pemisahan antara asuransi jiwa dan investasi. Perlindungan untuk pihak pewaris asuransi (anak Anda) akan dilakukan dengan membeli asuransi murni (term life), sedangkan dana lainnya akan ditempatkan dalam reksa dana.

Singkatnya, Anda sebagai pemegang polis diwajibkan untuk mampu mengurus investasi reksadana secara mandiri. Anda bisa mulai untuk mempelajari dan memahami tata cara investasi reksadana terlebih dulu sebelum mulai mengajukan asuransi ini. Selain itu, Anda juga wajib membeli asuransi term life yang preminya sudah hangus.

Beberapa hal yang harus Anda ketahui seputar asuransi ini:

  • Hasil investasi yang Anda dapat akan lebih tinggi, karena potongan yang diberlakukan jauh lebih kecil daripada unit link
  • Kemudahan memilih manager investasi, karena tidak adanya ikatan pada satu perusahaan tertentu.
  • Asuransi term life adalah jenis asuransi jiwa yang memberikan bilai pertanggungan paling tinggi dengan nilai premi terendah.
  • Kemudahan investasi reksadana. Reksadana bisa Anda lakukan dan pantau secara online, dengan nominal investasi terendah mulai dari Rp 100,000

Untuk memilih asuransi pendidikan terbaik untuk anak Anda, ada beberapa kiat yang dapat Anda ikuti atau dijadikan bahan pertimbangan. Yang paling penting, pelajari nilai proteksi dan investasinya. Dua hal ini merupakan faktor yang wajib dipertimbangkan dalam memilih asuransi pendidikan.

Penting untuk mengetahui seberapa besar proteksi atau perlindungan dalam bentuk Uang Pertanggungan (UP) yang diperoleh seandainya Anda atau pasangan Anda sebagai Tertanggung meninggal dunia, mengalami kecelakaan, atau cacat tetap, sehingga memastikan anak tetap dapat bersekolah tanpa perlu khawatir memikirkan biaya sekolah. Investasi yang menyertai asuransi pendidikan, meski lebih berisiko ketimbang tabungan pendidikan, menjanjikan potensi keuntungan lebih tinggi, sehingga lebih sesuai dengan tingginya kenaikan biaya pendidikan. Pelajari lebih lanjut jenis investasi yang mungkin ditawarkan menyertai suatu produk asuransi pendidikan.

BACA JUGA:

You are already subscribed to notifications.

Baca Juga:

    Yang juga perlu Anda baca

    4 Tips Mencegah Maag Kambuh Saat Puasa

    Puasa menjadi tantangan tersendiri untuk Anda yang memiliki maag. Namun, jangan khawatir, berikut tips-tips mencegah maag saat puasa.

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Hari Raya, Ramadan 07/05/2020

    5 Tips Lancar Puasa Bagi Anda yang Punya Tekanan Darah Tinggi

    Punya masalah hipertensi alias tekanan darah tinggi saat puasa tentu memberikan tantangan sendiri. Agar puasa tetap lancar, ikuti tips ampuhnya berikut ini!

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
    Hari Raya, Ramadan 04/05/2020

    Bolehkah Kita Donor Darah Saat Puasa? Apa Saja Risikonya?

    Donor darah sebaiknya dilakukan teratur. Tapi bagaimana jika jadwal donor darah Anda selanjutnya jatuh di bulan Ramadan? Bolehkah donor darah saat puasa?

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Ajeng Quamila
    Hari Raya, Ramadan 02/05/2020

    4 Penyebab Sakit Kepala Saat Puasa dan Cara Mengatasinya

    Sakit kepala saat puasa tentu sangat mengganggu. Nah, kira-kira apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Ini dia jawabannya!

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Hari Raya, Ramadan 27/04/2020

    Direkomendasikan untuk Anda

    Bukan Dimarahi, Ini 5 Cara Agar Anak Mau Mendengarkan Orangtua

    Bukan Dimarahi, Ini 5 Cara Agar Anak Mau Mendengarkan Orangtua

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
    Dipublikasikan tanggal: 30/05/2020
    4 Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

    4 Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Aprinda Puji
    Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020
    Tidak Perlu Bingung Pilih Hewan Peliharaan untuk Anak, Ini 5 Tips dan Manfaatnya

    Tidak Perlu Bingung Pilih Hewan Peliharaan untuk Anak, Ini 5 Tips dan Manfaatnya

    Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Nabila Azmi
    Dipublikasikan tanggal: 10/05/2020
    Kenapa Saya Sakit Perut Setelah Buka Puasa?

    Kenapa Saya Sakit Perut Setelah Buka Puasa?

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
    Dipublikasikan tanggal: 07/05/2020