5 Masalah Kesehatan yang Mengintai Freelancer dan Cara Mengatasinya

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 30 Juli 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Sejumlah orang lebih memilih menjadi freelancer alias pekerja lepas daripada bekerja di kantor. Menjadi tenaga lepas memang menyenangkan bagi sebagian orang. Waktu kerja yang fleksibel, dapat bekerja di mana saja, dan terkadang tidak harus selalu mengikuti rapat-rapat yang tidak produktif. Namun, bukan berarti menjadi freelancer tidak ada masalah tersendiri. Masalah tetap ada, salah satunya terkait kesehatan. Yuk, cari tahu masalah dan cara menjaga tubuh dari masalah kesehatan yang kerap dialami sebagai freelancer.

Masalah dan cara menjaga kesehatan sebagai freelancer

Bekerja sebagai tenaga lepas memang memiliki sukacitanya sendiri. Akan tetapi, apabila tidak cermat, ada masalah kesehatan yang bisa mengincar. Simak masalah dan cara menjaga kesehatan sebagai seorang freelancer.

Bekerja sendirian

Beberapa orang memang gemar menghabiskan waktu sendirian. Namun, untuk sejumlah orang yang gemar bersosialisasi, hal ini dapat memicu perasaan kesepian. Terus-menerus merasa kesepian membuat orang stres. Stres yang berlarut pun dapat mengganggu kesehatan mental seorang freelancer.

Maka dari itu, luangkan waktu untuk berinteraksi dengan keluarga dan teman, terlepas Anda gemar menghabiskan waktu sendirian atau tidak. Momen menyenangkan dengan teman dan keluarga pun dapat menjadi cara menjaga kesehatan mental sebagai freelancer.

Jam tidur berantakan dan kurang istirahat

Bekerja di tempat yang nyaman, seperti rumah memang menyenangkan. Namun, hal ini juga dapat memicu kebiasaan, seperti menunda pekerjaan atau tidak peduli sudah berapa lama Anda bekerja. Alhasil, sejumlah pekerja lepas terkadang kerap memiliki jam tidur yang kurang baik.

Beberapa harus tidur larut malam dan bangun di pagi hari untuk mengikuti rapat yang diminta oleh klien. Jam tidur menjadi berantakan, kebutuhan istirahat yang cukup jadi tidak terpenuhi. Kekurangan istirahat telah sering menjadi pemicu masalah kesehatan fisik maupun kejiwaan.

Sebagai freelancer, Anda dapat menjaga kesehatan dengan tetap mengatur waktu dan berapa lama harus bekerja. Kemudian, bila sudah tahu durasi tidur yang dibutuhkan tubuh, lanjutkan berdisiplin dalam mengikuti jadwal supaya jam tidur tidak terganggu.

Postur tubuh yang kurang baik

postur tubuh ideal

Salah satu keuntungan bekerja di kantor adalah, sebagian perusahaan memiliki standar lingkungan kerja yang sehat. Contohnya, menyediakan meja dan kursi ergonomis. Ergonomis dalam artian peralatan yang dibuat untuk menjaga kesehatan fisik penggunanya, seperti kursi dengan tinggi yang dapat disesuaikan atau memiliki dukungan untuk bagian pinggang.

Hal ini belum tentu berlaku di ruangan rumah tempat bekerja atau kedai kopi favorit Anda. Terlalu lama duduk di kursi yang tidak nyaman dapat membuat postur tubuh menjadi kurang baik. Menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dapat menjadi cara menjaga kesehatan sebagai freelancer. Caranya dengan:

Fisik yang tidak aktif

Kebanyakan pekerja lepas menghabiskan waktu bekerja dari rumah dan tidak perlu berjalan ringan ke halte bus atau mencari transportasi. Hal ini membuat fisik seseorang menjadi tidak aktif. Fisik yang tidak aktif dapat memicu nyeri pada anggota tubuh, bahkan menjadi faktor risiko masalah jantung.

Supaya tubuh tetap sehat, luangkan waktu sedikitnya 5 menit di setiap jam kerja untuk beranjak dari tempat kerja. Di 5 menit tersebut, Anda dapat minum supaya tubuh tetap terhidrasi. Bisa juga melakukan peregangan atau stretching.

Apabila lebih banyak menghabiskan waktu kerja menggunakan laptop, lakukan stretching yang fokus pada pinggang dan punggung untuk meredakan rasa lelah di area tersebut. Pada jam istirahat, jalan kaki ringan keliling area rumah juga berguna untuk menjaga kesehatan sebagai seorang freelancer.

Cemas karena ketidakpastian

Seorang pekerja lepas belum tentu selalu memiliki jumlah klien yang terus bertambah setiap bulannya. Ada waktu sibuk dengan banyak pekerjaan yang harus dilakukan, ada juga waktu ketika sedang sepi pekerjaan. Penghasilan pun menjadi tidak menentu.

Mengingat jumlah penghasilan yang beragam tiap bulannya, cara terbaik jelas mengelola keuangan dengan baik, seperti memastikan kebutuhan dasar terpenuhi. Salah satu kebutuhan dasar menurut Abraham Maslow adalah kebutuhan akan keamanan yang mencakup kesehatan.

Oleh karena itu, supaya tetap terlindungi secara finansial ketika terserang penyakit, pekerja lepas dapat melirik asuransi kesehatan. Dengan begitu, diri tetap terproteksi ketika terjadi hal yang tidak diinginkan. 

Asuransi kesehatan dengan proses pembelian yang mudah dapat menjadi pilihan tepat mengingat cara kerja para freelancer yang dinamis. Pastikan pilihan jatuh pada asuransi yang bermanfaat lengkap dan terjangkau. Dengan begitu, Anda terlindungi dari risiko finansial tanpa harus merogoh kocek dalam.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Manfaat Punya Asuransi di Masa Pandemi COVID-19

Saatnya mempertimbangkan asuransi di masa pandemi COVID-19 sebagai perlindungan kehidupan. Ketahui beragam manfaat asuransi di masa new normal.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Konten Bersponsor
asuransi di masa pandemi
Asuransi, Hidup Sehat 29 Juli 2020 . Waktu baca 4 menit

8 Tips Lari di Luar Ruangan saat Masa New Normal

Gemar berlari sebagai olahraga utama? Cek ragam tips meminimalisasi risiko terserang penyakit saat lari di luar ruang di masa new normal, yuk!

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Konten Bersponsor
Hidup Sehat, Tips Sehat 29 Juli 2020 . Waktu baca 5 menit

8 Hal yang Perlu Dipersiapkan Saat Keluar Rumah di Masa New Normal

Ada beragam persiapan yang perlu dibawa saat beraktivitas di luar ruangan pada masa New Normal. Cari tahu daftar perlengkapan yang perlu disediakan.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Konten Bersponsor
persiapan saat new normal
Hidup Sehat, Tips Sehat 29 Juli 2020 . Waktu baca 6 menit

9 Cara Lindungi Diri Jalankan Hobi di Luar Ruang saat Adaptasi Kebiasaan Baru

PSBB memang mulai longgar, tetapi tetap ikuti tips lindungi diri di adaptasi kebiasaan baru agar terhindar dari COVID-19, Sobat Sehat!

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Konten Bersponsor
lindungi diri di adaptasi kebiasaan baru
Hidup Sehat, Tips Sehat 29 Juli 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Konten Bersponsor
foto keluarga bahagia yang sudah dilindungi oleh manfaat asuransi jiwa

5 Manfaat Asuransi Jiwa bagi Keluarga

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 5 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
Konten Bersponsor
cara mengasuh akan membawa pengaruh pada karakter anak

Mengenal Perbedaan Manfaat Antara Asuransi Jiwa dan Kecelakaan

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 5 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
Konten Bersponsor
perencanaan perlindungan keluarga

4 Jenis Perencanaan Perlindungan Keluarga

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 5 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
Konten Bersponsor
asuransi kesehatan untuk freelancer

Tips untuk Freelancer Menjaga Kesehatan dan Memilih Asuransi

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 29 Juli 2020 . Waktu baca 5 menit