Apa Artinya Kalau Jumlah Hematokrit Rendah Setelah Tes Darah?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 12/01/2018 . 3 menit baca
Bagikan sekarang

Kadar hematokrit rendah biasanya menandakan seseorang mengalami anemia. Akan tetapi, jumlah hematokrit dalam tubuh bisa mengartikan banyak hal selain itu. Memang, apa itu hematokrit, dan untuk apa mengetahui jumlahnya?

Apa itu hematokrit?

Darah terdiri dari tiga komponen, yaitu sel darah merah, sel darah putih, dan plasma darah. Hematokrit adalah perbandingan jumlah sel darah merah dengan volume darah keseluruhan yang dihitung dalam persentase. Contohnya jika kadar hematokrit Anda diketahui 20 persen, ini artinya ada 20 mililiter sel darah merah per 100 mililiter darah Anda.

Tes ini mengukur kadar sel darah merah yang bertugas membawa oksigen dan berbagai nutrisi lainnya ke seluruh tubuh. Tubuh membutuhkan kadar sel darah merah yang tepat untuk memelihara seluruh fungsi tubuh.

Pengecekan kadar hematokrit menjadi bagian dari pemeriksaan darah lengkap. Biasanya dilakukan untuk mendeteksi anemia, mendampingi pemeriksaan kadar hemoglobin (Hb). Pemeriksaan hematokrit juga bisa dilakukan untuk mengetahui reaksi tubuh terhadap pengobatan yang sedang Anda jalani.

Apa artinya jika kadar hematokrit rendah?

Kadar hematokrit setiap orang berbeda-beda, tergantung jenis kelamin dan usia masing-masing. Jumlah normal hematokrit pria dewasa pada umumnya adalah 38,8-50 persen. Untuk perempuan dewasa, jumlah hematokrit normalnya sekitar 34,9 sampai 44,5 persen. Jumlah hematokrit anak-anak usia 15 tahun ke bawah bisa terus berubah seiring bertambahnya usia.

Hasil tes hematokrit yang normal mungkin berbeda dari satu laboratorium dengan yang lain. Namun biasanya perbandingan rentang angkanya tidak akan melebihi 7 persen. Hematokrit rendah bisa menjadi pertanda berbagai jenis gangguan tubuh. Antara lain:

Selain itu, kadar hematokrit rendah juga bisa dipengaruhi oleh kehamilan, donor darah, kehilangan banyak darah (misalnya akibat perdarahan), atau tinggal di dataran tinggi.

Dokter biasanya akan mencocokkan hasil tes hematokrit Anda dengan hasil tes darah lainnya dan pemeriksaan fisik berikut gejala yang dialami, sebelum menentukan diagnosis. Penting untuk membeberkan setiap gejala dan riwayat kesehatan yang pernah Anda atau keluarga alami, untuk membantu dokter memastikan diagnosis yang tepat. 

Apa yang bisa dilakukan kalau kadar hematokrit rendah?

Jika kadar hematokrit Anda turun sedikit dari rentang normal dan tidak mengalami keluhan tertentu, biasanya dokter hanya akan melakukan pemeriksaan dasar..

Apabila jumlah hematokrit rendah disebabkan oleh anemia, dokter dapat merekomendasikan pengobatan yang sesuai dengan penyebab anemia. Misalnya dengan meresepkan suplemen zat besi, atau mengobati luka atau infeksi. Pada kondisi tertentu, misalnya demam berdarah dengue (DBD), tes hematokrit dan darah lengkap disertai tanda vital penting dipantau secara berkelanjutan untuk mengetahui perkembangan kondisi pasien.

Konsultasikan lebih lanjut dengan dokter jika Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran tertentu seputar kadar hematokrit Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Cara Pencegahan Anemia yang Utama

Memiliki anemia membuat Anda mudah mengalami lemas, letih, lesu tiba-tiba. Lantas, langkah pencegahan apa yang tepat agar anemia tidak mudah kambuh?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Anemia, Health Centers 26/02/2020 . 6 menit baca

Anemia Gravis

Anemia gravis adalah penyakit kekurangan darah berat. Cari tahu gejala, penyebab, diagnosis, pengobatan, obat, dan cara mencegah kondisi ini di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Penyakit A-Z, Kesehatan A-Z 16/01/2020 . 1 menit baca

3 Manfaat Penting Buah dan Sayur Bagi Anak yang Sayang Jika Dilewatkan

Makanan tinggi serat penting untuk tumbuh kembang anak. Memang, apa saja manfaatnya makan sayur dan buah untuk bayi yang perlu orangtua tahu?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Serat Anak, Parenting, Nutrisi Anak 12/12/2019 . 5 menit baca

Anemia Sideroblastik

Anemia sideroblastik adalah penyakit kelainan darah. Cari tahu gejala, penyebab, diagnosis, pengobatan, serta mencegahnya di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Penyakit A-Z, Kesehatan A-Z 10/11/2019 . 1 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

anemia rash

Hal yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Anemia Rash

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 29/06/2020 . 4 menit baca
apa itu kolesterol

7 Hal yang Paling Sering Ditanyakan Tentang Kolesterol

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . 5 menit baca
pantangan penderita anemia g6pd

5 Hal yang Perlu Dihindari Jika Anda Menderita Anemia Defisiensi G6PD

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 24/05/2020 . 4 menit baca
Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan saat Pasien Anemia Ingin Puasa

Hal yang Perlu Diperhatikan Pasien Anemia Saat Puasa Ramadan

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 24/04/2020 . 3 menit baca