Artikel Bersponsor

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Jangan Sampai Terlambat! Kenali Tanda-Tanda Anda Harus Segera Periksa Gigi

DISPONSORI OLEH:

Jangan Sampai Terlambat! Kenali Tanda-Tanda Anda Harus Segera Periksa Gigi

Pernahkah Anda bertanya-tanya, mengapa harus rutin periksa gigi 6 bulan sekali? Umumnya, salah satu alasan seseorang memeriksakan giginya ketika sudah ada masalah, seperti gigi yang tanggal. Padahal, periksa gigi ke dokter gigi tidak harus menunggu munculnya salah satu tanda seperti itu.

Pemeriksaan gigi ke dokter gigi pada umumnya terlambat dilakukan oleh sebagian besar orang. Kebanyakan baru mulai mengunjungi dokter gigi apabila muncul tanda-tanda atau permasalahan yang mengganggu.

Lantas, tanda-tanda apa saja yang membuat seseorang harus segera periksa gigi ke dokter gigi? Ketahui selengkapnya pada artikel di bawah ini.

Faktor penyebab gigi tanggal

mengapa harus periksa gigi 6 bulan sekali

Sebelum membahas tanda-tanda harus mengunjungi dokter gigi, perlu diketahui bahwa salah satu masalah yang umum dialami sebagian orang dewasa adalah gigi tanggal.

Faktanya, data dari Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018 menyebutkan, rata-rata orang Indonesia kehilangan giginya saat memasuki usia 65 tahun.

Ditambah lagi, data dari CDC menunjukkan bahwa 1 dari 6 orang berusia 65 tahun akan kehilangan semua giginya.

Hal ini bisa berdampak pada kemampuan seseorang untuk menjalani pola makan yang sehat karena akan kesulitan mengunyah daging, buah-buahan, dan sayuran.

Agar lebih jelas, permasalahan gigi tanggal umumnya terjadi karena beberapa faktor penyebab.

Pertama, kurangnya kesadaran untuk periksa ke dokter gigi karena kurangnya informasi dan imbauan untuk periksa ke dokter gigi sejak dini.

Kedua, adanya keterbatasan akses ke dokter gigi seperti terhalang oleh faktor biaya, jarak ke dokter gigi yang terbilang jauh, dan ketersediaan dokter yang terbatas.

Kedua faktor penyebab ini membuat sebagian besar orang tidak dapat melakukan pencegahan sejak dini dari pemeriksaan gigi.

Alhasil, mereka tidak mengetahui potensi permasalahan gigi yang dialami dan bisa berdampak di masa tuanya.

Ternyata, selain kedua faktor penyebab di atas, ada faktor penyebab lain yang membuat orang dewasa rentan mengalami gigi tanggal, yaitu karena mereka perokok aktif.

Pada kasus yang parah, merokok merupakan penyebab utama munculnya penyakit pada gusi bernama periodontitis yang berpotensi membuat gigi copot.

10 tanda Anda harus periksa gigi ke dokter gigi

periksa gigi rutin

Adapun beberapa tanda yang harus diperhatikan sebagai pengingat bahwa Anda harus segera memeriksakan gigi ke dokter gigi meliputi:

1. Sakit gigi

Apabila Anda mengalami sakit gigi dengan tanda-tanda seperti nyeri di area mulut yang sangat mengganggu, segera buat janji dengan dokter gigi.

2. Gusi bengkak dan berdarah

Periksakan diri Anda jika gusi tiba-tiba membengkak dan berdarah saat menyikat gigi atau menggunakan benang gigi.

Terlebih lagi, bila Anda memiliki anggota keluarga dengan riwayat periodontitis sehingga berisiko mengalami masalah yang sama.

3. Pernah melakukan prosedur pada gigi

Jika memiliki tambalan, implan gigi atau gigi palsu, kunjungi dokter gigi secara rutin untuk memastikan semuanya dalam kondisi yang baik.

4. Menghadapi kondisi medis khusus

Jadwalkan rutin untuk mengunjungi dokter gigi jika Anda memiliki riwayat penyakit seperti diabetes, penyakit kardiovaskular, gangguan makan, dan HIV.

Hal ini juga berlaku apabila Anda sedang menjalani perawatan medis seperti radiasi, kemoterapi, dan terapi penggantian hormon.

5. Sedang hamil

Kehamilan bisa menyebabkan masalah gigi pada wanita hamil termasuk penyakit gusi dan kerusakan gigi.

Maka dari itu, bila Anda sedang hamil, sebaiknya jangan lewatkan pemeriksaan rutin dengan dokter untuk melihat kondisi kesehatan gigi.

6. Susah makan

Apabila Anda menghadapi kesulitan mengunyah atau menelan dalam jangka waktu yang lama, segera buat janji dengan dokter gigi untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

7. Memiliki mulut yang kering

Mulut yang selalu terasa kering bisa menjadi tanda masalah medis yang serius atau efek samping pengobatan, sehingga Anda dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter gigi mengenai hal ini.

8. Perokok aktif

Perokok aktif lebih rentan mengalami gangguan pada mulut seperti bau mulut, gigi kuning hingga kanker mulut.

Untuk itu, pastikan Anda rutin mengunjungi dokter gigi untuk meminimalisir risiko yang tidak diinginkan.

9. Mengalami sakit rahang

Segera buat janji dengan dokter jika rahang Anda terasa sakit saat membuka dan menutup, mengunyah atau saat pertama kali bangun tidur.

10. Terdapat bintik-bintik atau luka di mulut

Waspada bila ada sesuatu yang mengganggu di mulut Anda seperti:

Saat mengalami salah satu dari tiga kondisi tersebut, segera konsultasi ke dokter gigi terlebih bila gangguan berlangsung selama seminggu atau lebih.

Bahkan, jika Anda tidak menunjukkan salah satu dari sepuluh tanda di atas, pemeriksaan gigi secara rutin penting dilakukan.

Pasalnya, pemeriksaan gigi secara rutin dapat membantu mencegah masalah pada mulut dan gigi Anda.

Pemeriksaan rutin akan memudahkan Anda dalam melakukan pengobatan dan pencegahan sejak dini.

Frekuensi pemeriksaan gigi secara rutin ini perlu dilakukan secara berkala setidaknya dua tahun sekali, atau 6 bulan sekali.

Alasan mengapa harus periksa gigi setiap 6 bulan sekali

Lantas, apa yang menjadi alasan mengapa Anda harus periksa gigi setiap 6 bulan sekali?

Mencegah lebih baik daripada mengobati, jadi pemeriksaan rutin memungkinkan dokter gigi untuk melihat masalah pada gigi dan mulut.

Selain itu, pemeriksaan rutin juga membantu Anda menjaga kesehatan mulut dan gigi dengan lebih baik.

Memeriksakan gigi lebih awal merupakan cara terbaik untuk menekan risiko yang bisa berdampak negatif di masa tua nanti.

Terlebih lagi, pemeriksaan gigi tak sekedar melihat masalah pada gigi dan mulut, dokter akan memberikan tips perawatan untuk menjaga gigi dan gusi tetap sehat di rumah.

Selain itu, dokter gigi juga bisa memberikan saran khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Intinya, tidak ada orang yang lebih tepat untuk membantu menjaga kesehatan mulut dan gigi Anda selain dokter gigi.

Oleh sebab itu, mari mulai jadikan dokter gigi sebagai tujuan pertama Anda untuk menghilangkan kekhawatiran seputar masalah gigi dan mulut yang sedang Anda hadapi.

Ikuti konsultasi dengan dokter gigi secara online dan gratis

Kini, melakukan pemeriksaan gigi dengan dokter gigi dapat dilakukan secara mudah dan gratis, serta bisa dilakukan dengan praktis dari rumah.

Anda bisa berkonsultasi langsung dengan dokter gigi profesional di seluruh Indonesia secara gratis melalui scan QR code di kemasan Pepsodent.

Dengan kemudahan akses dari Pepsodent, harapannya layanan ini dapat menjadi solusi praktis seluruh masyarakat Indonesia di pelosok negeri untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Kirimkan pesan dan keluhan terkait gigi dan mulut ke nomor WhatsApp 087888768880. Jangan tunggu sampai sakit gigi! #KonsultasiGigiSekarang untuk #SenyumIndonesia Senyum Pepsodent.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Tooth Loss. CDC. (2021). Retrieved 11 April 2022, from https://www.cdc.gov/oralhealth/fast-facts/tooth-loss/index.html.

Smoking, Gum Disease, and Tooth Loss. CDC. (2022). Retrieved 11 April 2022, from https://www.cdc.gov/tobacco/campaign/tips/diseases/periodontal-gum-disease.html.

Top Reasons to See a Dentist – American Dental Association. Mouthhealthy.org. (2022). Retrieved 11 April 2022, from https://www.mouthhealthy.org/en/top-reasons-to-visit-dentist.

Pregnancy and teeth – Better Health Channel. Betterhealth.vic.gov.au. (2020). Retrieved 11 April 2022, from https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/pregnancy-and-teeth.

Dental check-ups. nhs.uk. (2022). Retrieved 11 April 2022, from https://www.nhs.uk/live-well/healthy-teeth-and-gums/dental-check-ups/.

The importance of regular dental visits. Oral Health Foundation. (2019). Retrieved 11 April 2022, from https://www.dentalhealth.org/blog/the-importance-of-regular-dental-visits.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Nadhila Erin Diperbarui 13 hours ago
Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto