home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Solusi Tepat Buat Anda yang Gampang Lelah Saat Haid

5 Solusi Tepat Buat Anda yang Gampang Lelah Saat Haid

Menjelang atau saat haid, kebanyakan wanita mengalami PMS (premenstrual syndrome). PMS dapat menimbulkan gejala kram perut atau sakit kepala yang tak tertahankan. Apalagi jika Anda juga merasa mudah lelah, ini tentunya akan menganggu aktivitas Anda. Ada beberapa cara untuk mengatasi lelah saat haid sehingga Anda bisa kembali beraktivitas seperti biasa. Berikut tips-tipsnya.

Tips mengatasi lelah saat haid

1. Perbaiki pola makan

Makan beberapa kali dalam satu hari dengan porsi sedikit lebih disarankan dibandingkan dengan makan hanya tiga kali sehari dengan porsi banyak. Makan lebih sering akan membuat energi Anda pada tingkat yang stabil. Sedangkan jika Anda membiarkan tubuh tidak mendapat asupan makanan dalam waktu yang lama, Anda akan semakin mudah lelah.

Atur pola makan Anda agar lebih teratur dan sehat. Tambahkan sumber protein pada makanan Anda setiap hari. Protein berfungsi untuk meningkatkan energi agar Anda merasa lebih bertenaga sepanjang hari.

Selain itu, mengonsumsi suplemen multivitamin juga bisa membantu mengatasi lelah saat haid. Karena kekurangan nutrisi akan membuat Anda merasa mudah lelah, terutama saat sedang menstruasi. Akan tetapi, konsultasikan dulu ke dokter sebelum Anda menggunakan suplemen apa pun, termasuk suplemen vitamin penambah darah.

Mengurangi konsumsi makananan olahan yang mengandung gula dan garam yang tinggi juga penting dilakukan. Di samping itu, tingkatkan asupan buah dan sayur karena ini mengandung banyak nutrisi yang dapat meningkatkan energi Anda.

2. Minum air putih

Bila Anda kekurangan cairan dalam tubuh, Anda akan mengalami dehidrasi. Hal ini membuat jantung harus bekerja lebih keras untuk menjaga oksigen dan nutrisi tetap bergerak keseluruh sistem peredaran darah. Kurangnya darah bisa menyebabkan kurangnya oksigen yang dibawa ke seluruh tubuh. Hal tersebut membuat Anda mudah lelah dan mengantuk.

Penuhi kebutuhan air Anda dalam sehari. Pada umumnya, setiap orang dianjurkan minum air putih 8 gelas sehari atau sekitar 2 liter. Takaran tersebut sudah dapat mencukupi kebutuhan air dalam tubuh. Namun, yang paling tepat adalah minum air putih setiap kali Anda merasa haus.

3. Hindari minuman mengandung kafein dan alkohol

Saat sedang haid, sebaiknya hindari minum minuman beralkohol serta yang mengandung kafein seperti kopi, teh, minuman energi, dan minuman bersoda. Minuman beralkohol dan kafein dapat membuat Anda sulit tidur nyenyak sepanjang malam, sehingga membuat Anda merasa lelah keesokan harinya.

4. Olahraga

Olahraga setiap hari tidak harus yang berat-berat, kok. Berjalan kaki sekitar 30 menit saja bisa menjadi pilihan olahraga ringan dan mudah untuk Anda lakukan. Olahraga akan membuat tubuh Anda bergerak, sehingga memberi dorongan energi dan memungkinkan Anda tidur lebih nyenyak di malam hari.

5. Kalsium dalam tubuh

Mengonsumsi 1.300 miligram kalsium per hari dapat membantu mengurangi atau mencegah gejala PMS, termasuk mudah lelah. Kalsium bisa didapatkan dari susu sapi dan produk turunannya (yogurt atau keju); sayuran seperti bayam, brokoli, dan kubis; hingga ikan seperti sarden dan salmon.

Bila Anda mau mengonsumsi suplemen kalsium, tanyakan dulu pada dokter Anda apakah memang perlu dan berapa dosisnya. Pasalnya, kelebihan kalsium bisa membahayakan tubuh.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

How to Overcome Extreme Fatigue During Menstruation https://www.livestrong.com/article/93433-overcome-extreme-fatigue-during-menstruation/ diakses 19 Januari 2018.

Fatigue during Your Period https://www.34-menopause-symptoms.com/fatigue/articles/fatigue-during-your-period.htm diakses 19 Januari 2018.

Premenstrual Syndrome (PMS) and Premenstrual Dysphoric Disorder (PMDD) https://youngwomenshealth.org/2013/10/31/pms/ diakses 19 Januari 2018.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Andisa Shabrina
Tanggal diperbarui 01/02/2018
x