home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Haid

5 Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Haid

Menstruasi memang mengakibatkan berbagai jenis perubahan tubuh wanita setiap bulannya. Biasanya saat haid tiba, para wanita ingin ngemil yang manis-manis seperti cokelat, martabak, atau kue. Sayangnya, ini tidak selalu baik untuk tubuh wanita saat menstruasi. Lalu, makanan saat haid apa yang baik? Simak pilihannya berikut ini.

Makanan saat haid yang baik untuk wanita

Haid atau menstruasi biasanya akan membuat hormon wanita jadi tidak stabil, alias naik turun. Dengan begitu, kebutuhan gizi wanita pun jadi ikut berubah-ubah. Maka, penting untuk menjaga dan memerhatikan makanan dan minuman yang wanita asup sebelum, saat, dan sesudah menstruasi. Berikut merupakan daftar makanan saat haid yang harus Anda tahu.

1. Camilan sehat

Ngemil merupakan salah satu hal yang tidak bisa dihindari saat menstruasi. Nah, ada baiknya Anda menyiapkan camilan yang sehat. Daripada Anda makan martabak, gorengan, atau permen, ganti dengan camilan sehat rendah kalori. Disarankan untuk mengganti camilan tidak sehat dengan yoghurt, kacang-kacangan, buah segar, atau bahkan selai kacang pun tidak apa untuk dikonsumsi selagi haid berlangsung.

2. Makanan yang mengandung zat besi

Darah yang keluar saat menstruasi ternyata bisa meningkatkan risiko anemia, lho. Ya, untuk mengatasi risiko terkena anemia, ada baiknya makanan saat haid ini dipenuhi dengan kandungan zat besi di dalamnya. Contoh, Anda bisa mengonsumsi daging, susu, ikan, sayuran hijau, atau bahkan sereal gandum untuk mencegah anemia datang di saat haid tiba.

3. Jamu atau makanan kaya rempah-rempah tradisional

Rempah-rempah tradisional Indonesia seperti kunyit dan jahe ternyata baik untuk meredakan nyeri saat PMS. Contoh, Anda bisa meracik jamu sendiri dengan satu buah kunyit yang dicuci bersih lalu ditumbuk sampai agak halus. Campurkan sedikit air, peras dan minum rutin air kunyit untuk redakan nyeri PMS.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan jahe. Jahe diketahui memiliki sifat antiradang yang ampuh meredakan sakit perut pada saat atau sebelum mentruasi. Untuk menggunakan jahe, Anda bisa merebus jahe dengan teh atau tambahkan jahe pada makanan.

4. Makanan berserat sebagai makanan saat haid

Makanan kaya akan serat seperti gandum, buah, serta sayuran hijau ternyata adalah beberapa jenis makanan saat haid yang baik dikonsumsi wanita. Mengapa? Saat menstruasi, pencernaan biasanya akan ikut terganggu, maka makanan berserat merupakan solusi tepat. Konsumsi serat yang cukup untuk menghindari sembelit atau kembung di saat haid.

5. Makanan yang tidak terlalu asin

Biasanya keripik kentang, jajanan asin, atau bahkan lauk bercita rasa gurih merupakan salah satu makanan saat haid yang diidam-idamkan para wanita. Memang makanan dengan rasa gurih menggiurkan, tapi jenis makanan ini bukanlah makanan yang tepat untuk dikonsumsi.

Natrium pada makanan asin tersebut bisa membuat perut jadi kembung sehingga menstruasi pun makin terasa tidak nyaman.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

5 Life-Saving Eating Rules For When You’re on Your Period. http://www.womenshealthmag.com/food/pms-foods-to-avoid. Accessed 08/06/2017.

Eat These 6 Foods During Your Period, and You’ll Feel So Much Better. http://www.rd.com/health/healthy-eating/foods-to-eat-during-period/. Accessed 08/06/2017.

Premenstrual Syndrome: Overview. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmedhealth/PMH0072449/. Accessed 11 June 2017

Curcumin Attenuates Severity of Premenstrual Syndrome Symptoms: A Randomized, Double-Blind, Placebo-Controlled Trial. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/26051565. Accessed 11 June 2017

Turmeric Side Effects: Health Benefits and Risks. http://www.healthline.com/health/turmeric-side-effects. Accessed 11 June 2017

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Novita Joseph
Tanggal diperbarui 16/12/2020
x