home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Ketahui Fungsi dan Gangguan Oviduk dalam Sistem Reproduksi

Ketahui Fungsi dan Gangguan Oviduk dalam Sistem Reproduksi

Alat reproduksi wanita mempunyai fungsinya masing-masing sebagai sistem biologis. Apalagi, wanita juga menghasilkan hormon seks untuk menjaga siklus reproduksi. Salah satu organ reproduksi adalah oviduk atau tuba falopi. Apa saja fungsi hingga gangguan dari oviduk atau saluran tuba? Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Apa saja fungsi oviduk?

fungsi oviduk

Melansir Cleveland Clinic, oviduk adalah saluran sempit yang melekat pada bagian atas rahim. Oviduk (saluran telur) juga disebut sebagai tuba falopi atau tuba uterine.

Fungsi oviduk atau saluran tuba adalah salah satu bagian penting dari sistem reproduksi wanita, yaitu sebagai jalur ovum (sel telur) agar bisa melakukan perjalanan dari area ovarium ke rahim.

Tak hanya itu saja, fungsi oviduk lainnya adalah sebagai tempat pembuahan sel telur dan juga sperma.

Nantinya, pembuahan akan bergerak ke rahim menuju lapisan rahim. Hal ini lah yang menjadi proses terjadinya kehamilan secara alami tanpa perlu melakukan prosedur medis.

Apabila wanita melakukan sterilisasi oviduk atau saluran tuba, ini bisa mengganggu fungsi tuba sekaligus dapat berperan sebagai kontrasepsi permanen.

Anatomi dari fungsi oviduk

fungsi oviduk saluran tuba

Saluran tuba atau fungsi oviduk adalah saluran yang berada pada perut bagian bawah atau panggul wanita.

Oviduk mempunyai dua saluran, pada setiap sisi memanjang dari dekat bagian atas rahim lalu kemudian melengkung pada bagian atas dan sekitar ovarium.

Maka dari itu, bentuk dari saluran tuba ini adalah seperti huruf J yang lebih panjang. Apalagi, bagian ujung tuba falopi sangat dekat dengan ovarium, tetapi tidak langsung menempel.

Perlu Anda ketahui pula bahwa pada wanita dewasa saluran tuba atau oviduk ini panjangnya sekitar 10 – 12 cm. Akan tetapi, hal ini tentunya bervariasi untuk setiap orang.

Gangguan fungsi oviduk

penyakit sistem reproduksi wanita fungsi oviduk

Ada berbagai macam masalah kesuburan pada wanita hingga susah hamil. Sebagai contoh, saat Anda mengalami hiperprolaktinemia hingga gangguan pada area saluran tuba.

Berikut adalah beberapa gangguan pada saluran tuba atau fungsi oviduk yang dapat mengakibatkan ketidakmampuan wanita untuk hamil hingga komplikasi kehamilan, seperti:

1. Tuba falopi tersumbat

Penyumbatan pada tuba falopi atau fungsi oviduk menjadi penyebab tidak terjadinya pembuahan sehingga sel telur dan sperma pun tidak bertemu.

Kondisi ini mencakup kasus tuba falopi yang tersumbat total, hanya satu tuba tersumbat, hingga jaringan parut yang mempersempit saluran tuba.

Ketahui beberapa penyebab yang membuat penyumbatan pada area tuba falopi, di antaranya adalah:

Saat mengalami gangguan oviduk yang satu ini, ada kemungkinan wanita perlu mengalami pembedahan tertentu untuk memperbaikinya

2. Kehamilan ektopik

Ganguan fungsi oviduk lainnya yang mungkin bisa terjadi adalah kehamilan ektopik. Jadi, pembuahan menyebabkan pelekatan embrio terjadi pada luar rongga utama rahim.

Kehamilan ini ternyata paling sering terjadi pada area oviduk atau saluran tuba sehingga juga bisa disebut sebagai kehamilan tuba.

Namun, terkadang kehamilan ektopik juga bisa terjadi pada area lainnya seperti ovarium atau rongga perut atau bagian bawah rahim (serviks) yang terhubung ke vagina.

Jika tidak melakukan penanganan, kehamilan ektopik tidak dapat berjalan dengan normal.

Kemungkinan, pembuahan tidak dapat bertahan serta jaringan tumbuh dapat menyebabkan perdarahan uterus yang bisa mengancam jiwa.

Sebagian dari masalah fungsi oviduk atau tuba falopi dapat dokter tangani dengan melakukan lebih dari satu jenis prosedur.

Sebaiknya, tanyakan dan konsultasikan terlebih dahulu mengenai tingkat keberhasilan serta prosedur apa yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Wanita mungkin hanya memiliki satu fungsi saluran tuba jika pernah mengalami operasi panggul karena infeksi, tumor, atau kehamilan ektopik sebelumnya.

Akan tetapi, mungkin Anda juga masih bisa hamil walaupun hanya dengan satu saluran oviduk atau saluran tuba, jika:

  • memiliki satu ovarium yang berfungsi,
  • masih mengalami siklus menstruasi bulanan, serta
  • tuba falopi yang tersisa masih sehat.

Oviduk atau saluran tuba merupakan tempat terjadinya pembuahan sel telur oleh sperma.

Gangguan pada oviduk bisa menyebabkan berbagai masalah kewanitaan dan kelainan pada kehamilan.

Untuk menjaga kesehatan sekaligus mendeteksi gangguan pada saluran tuba, Anda bisa melakukan pemeriksaan organ reproduksi wanita secara rutin dan menerapkan gaya hidup sehat.

Kalkulator Masa Subur

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Berapa lama siklus haid Anda?

(hari)

28

Berapa lama Anda haid?

(hari)

7

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Fallopian Tube Abnormalities. (2021). Retrieved 2 July 2021, from https://stanfordhealthcare.org/medical-conditions/sexual-and-reproductive-health/fallopian-tube-abnormalities.html

Fallopian tubes: Is pregnancy possible with only one?. (2021). Retrieved 2 July 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/female-infertility/expert-answers/pregnancy/faq-20058418

Female Reproductive System: Structure & Function. (2021). Retrieved 2 July 2021, from https://my.clevelandclinic.org/health/articles/9118-female-reproductive-system

Tubal Factor Infertility (Fallopian Tube Obstruction) | ColumbiaDoctors – New York. (2017). Retrieved 2 July 2021, from https://www.columbiadoctors.org/treatments-conditions/tubal-factor-infertility-fallopian-tube-obstruction

Fallopian Tube Procedures for Infertility | Michigan Medicine. (2021). Retrieved 2 July 2021, from https://www.uofmhealth.org/health-library/hw203637

Ectopic pregnancy – Symptoms and causes. (2021). Retrieved 2 July 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/ectopic-pregnancy/symptoms-causes/syc-20372088

Reproductive system – Better Health Channel. (2021). Retrieved 2 July 2021, from https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/reproductive-system

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Atifa Adlina Diperbarui 3 minggu lalu
Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita