Mengupas Bagian dan Fungsi Anatomi Panggul Wanita yang Ternyata Beda Dengan Pria

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 29 Maret 2018 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Setiap wanita memiliki panggul yang unik dan berbeda satu sama lain. Perbedaan organ panggul tersebut dipengaruhi oleh genetik, gaya hidup, seperti aktivitas fisik, kebiasaan makan, kondisi kesehatan, aktivitas seksual, dan masih banyak lagi. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai panggul wanita, yuk simak ulasan berikut mengenai anatomi panggul wanita dan fungsinya.

Anatomi panggul wanita

Panggul adalah sebenarnya sebuah cincin tulang yang ditemukan di antara tulang punggung dan tungkai bawah dalam tubuh. Ini melindungi organ bagian dalam panggul dan isi rongga perut.  Otot kaki, otot punggung, dan otot perut melekat pada panggul.

Tulang panggul wanita

Tulang panggul terdapat sendi putar yang menempel pada tulang paha dan tulang kaki. Ini menjaga tubuh tetap tegak, menekuk, dan memuntir serta membantu seseorang untuk dapat berjalan atau berlari.

Panggul wanita berukuran lebih lebar dan lebih rendah daripada pria, hal ini sebenarnya sesuai dengan kebutuhan wanita selama kehamilan dan persalinan. Tulang panggul terdiri dari tiga tulang yang menyatu, yaitu tulang pinggul, sakrum, dan tulang ekor.

Dialnsir dari Health Line, bagian tulang pinggul terdiri atas:

  • Ilium, yaitu tulang terbesar atau utama tulang panggul. Tulang ini berada di kedua sisi tulang belakang dan melengkung ke arah bagian depan tubuh. Saat memegang perut, Anda akan merasakan adanya tulang yang menonjol. Itu adalah bagian batas atas ilium yang disebut puncak iliaka.
  • Pubis, yaitu tulang yang berada di depan tulang pinggul dekat dengan alat kelamin. Ada gabungan antara dua tulang pubis yang disebut simfisis pubis, yaitu sendi tulang pubis yang sangat kuat. Saat melahirkan, ini menjadi lebih fleksibel sehingga kepala bayi bisa lewat saat persalinan.
  • Ischium, yaitu tulang yang berada di bawah ilium dan di samping pubis. Tulang ini tebal karena terbentuk dari dua tulang yang menyatu dan melingkar. Di sinilah tulang paha bertemu dengan tulang panggul dan menciptakan sendi panggul.

Kemudian terdapat sakrum, yaitu tulang segitiga yang berada di bagian belakang panggul yang terdiri dari lima tulang belakang yang menyatu. Di bagian bawah sakrum terdapat tulang ekor.

sumber: www.healthfixit.com

Kanal panggul

Area berbentuk bundar yang yang diliputi oleh tulang kemaluan di bagian depan dan ischium di kedua sisi di belakangnya, disebut dengan kanal panggul. Kanal ini memiliki bentuk melengkung karena perbedaan ukuran bagian depan dan belakang yang diciptakan oleh tulang panggul. Ini merupakan saluran yang harus dilewati oleh bayi ketika dilahirkan.

Pada daerah panggul wanita terdapat beberapa organ penting, seperti:

  • Endometrium (lapisan rahim), yaitu tempat menempelnya sel telur yang telah dibuahi
  • Rahim, yaitu organ berongga yang berada di antara kandung kemih dan rektum (anus)
  • Ovarium (indung telur), yaitu dua organ reproduksi wanita yang berada di panggul
  • Tuba falopi, yaitu saluran yang menghubungkan ovarium dengan rahim.
  • Serviks (leher rahim), yaitu bagian bawah rahim yang membentuk saluran terbuka ke dalam vagina

Ukuran dan bentuk panggul

Setelah mengetahui anatomi panggul wanita, Anda pasti memahami bahwa ukuran dan bentuk panggul sangat memengaruhi proses persalinan. Wanita dengan ukuran panggul yang luas akan lebih mudah dalam melakukan proses persalinan normal.

Tentunya, perkembangan tulang panggul ini dipengaruhi dengan asupan makan sejak kecil. Kekurangan mineral penting seperti yodium juga membuat perkembangan tulang panggul menjadi abnormal. Selain itu, wanita yang mengalami stunting ketika ia kecil, juga cenderung memiliki ukuran penggul menjadi sempit.

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Direkomendasikan untuk Anda

anatomi panggul pria

Memahami Anatomi Panggul Pria Lebih Dalam, Lengkap Dengan Fungsi dan Bagiannya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 28 Maret 2018 . Waktu baca 4 menit
cpd adalah cephalopelvic disproportion

Cephalopelvic Disproportion (CPD), Ketika Bayi Sulit Melewati Panggul Ibu Saat Lahir

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 4 September 2016 . Waktu baca 9 menit