home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Benarkah Minum Air Kelapa Baik untuk Ginjal?

Benarkah Minum Air Kelapa Baik untuk Ginjal?

Air kelapa memiliki manfaat yang beragam, mulai dari melegakan dahaga, mencegah dehidrasi, hingga membantu menyehatkan tubuh. Bahkan, tidak sedikit yang mengklaim bahwa air kelapa mempunyai khasiat unik untuk menjaga kesehatan ginjal.

Bagi orang dengan gangguan ginjal yang harus memerhatikan asupan cairannya, hal ini tentu kabar baik. Namun, benarkah manfaat tersebut? Jika ya, apa efek air kelapa terhadap tubuh hingga bisa bermanfaat bagi ginjal?

Manfaat air kelapa untuk kesehatan ginjal

air kelapa untuk gagal ginjal

Di bawah ini sejumlah manfaat air kelapa dalam menjaga kesehatan ginjal.

1. Mencegah pembentukan batu ginjal

Batu ginjal terbentuk apabila konsentrasi kalsium, oksalat, dan asam urat dalam urine meningkat. Mineral dan berbagai zat tersebut mengendap dan membentuk kristal-kristal mineral. Kristal kemudian bertambah banyak dan membentuk batu ginjal.

Pembentukan batu ginjal biasanya berawal karena kurang asupan cairan. Namun, kondisi ini juga bisa disebabkan rendahnya kadar sitrat dalam urine. Padahal, sitrat harusnya bereaksi dengan kalsium dalam urine untuk membentuk kalsium sitrat.

Uniknya, sebuah studi pada jurnal BioMed Research International menemukan air kelapa bisa menyumbangkan sitrat untuk ginjal. Meski kandungan sitrat air kelapa terbilang rendah, terapi minuman ini bisa menambah konsentrasi sitrat urine.

Selain itu, air kelapa juga mengandung lebih banyak mineral kalium dan klorida dibandingkan buah-buahan lainnya. Kedua zat ini menghasilkan pH basa yang mempersulit proses terbentuknya batu ginjal.

2. Membantu menurunkan tekanan darah

Penyakit tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol dapat menyebabkan penyempitan, pengerasan, atau pelemahan pembuluh darah. Jika kondisi ini menyerang pembuluh ginjal, fungsi ginjal dalam menyaring darah akan terganggu sehingga rusak.

Kabar baiknya, minum air kelapa mungkin bisa mencegah hal ini. Air kelapa kaya mineral kalium yang dapat menurunkan tekanan darah. Asupan kalium terbukti bisa menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi maupun orang yang sehat.

Penelitian lainnya pada hewan pun menunjukkan air kelapa baik untuk ginjal karena dapat mencegah penggumpalan darah. Penggumpalan darah pada pembuluh ginjal cukup sering menyebabkan penyakit ginjal, tapi hal ini jarang disadari.

3. Membantu mengontrol gula darah

Salah satu penyebab gagal ginjal yakni penyakit diabetes yang tidak terkontrol. Seiring waktu, kadar gula darah yang tinggi dapat merusak unit penyaring ginjal yang disebut nefron. Kondisi ini lama-kelamaan dapat berujung menyebabkan gagal ginjal.

Sejumlah penelitian pada hewan mengungkapkan air kelapa dapat menurunkan gula darah yang menunjukkan gejala diabetes. Para ahli juga mengamati adanya penurunan tanda-tanda peradangan dan gula darah dalam jangka panjang.

Potensi air kelapa memang menjanjikan, tapi efeknya untuk ginjal manusia masih perlu dikaji lebih lanjut. Meski begitu, tidak ada salahnya bila Anda ingin minum air kelapa sebagai pengganti air putih selama Anda tidak memakai pemanis tambahan.

4. Menambah asupan cairan tubuh

Minum air kelapa merupakan salah satu trik untuk memenuhi kebutuhan cairan Anda dalam sehari. Sensasinya yang segar dan rasanya yang agak manis mungkin juga bisa membantu orang-orang yang jarang minum air putih untuk minum lebih banyak.

Memenuhi kebutuhan cairan merupakan kunci penting untuk mencegah penyakit ginjal. Pasalnya, saat tubuh Anda kekurangan cairan, konsentrasi mineral dalam urine akan meningkat. Hal ini tentu meningkatkan risiko pembentukan batu ginjal.

Selain menyumbangkan asupan cairan, air kelapa mengandung berbagai mineral yang akan menjaga keseimbangan elektrolit. Jadi, jika Anda sedang bosan minum air putih tapi ingin tetap menjaga kesehatan ginjal, cobalah minuman yang satu ini.

Bolehkah penderita gagal ginjal minum air kelapa?

minum air putih sebelum tidur

Air kelapa memang memiliki sejumlah manfaat untuk ginjal, tetapi pahami kondisi tubuh Anda terlebih dulu. Bagi orang dengan ginjal yang sehat, air kelapa merupakan minuman kaya barbagai mineral yang berpotensi menyehatkan ginjal mereka.

Minuman ini memang membantu mencukupi kebutuhan cairan, mengontrol gula darah dan tekanan darah, dan bahkan mencegah pembentukan batu ginjal. Namun, penderita gagal ginjal harus berhati-hati dengan kandungan kalium pada air kelapa.

Penyakit ginjal membuat Anda berisiko mengalami kelebihan kalium dalam darah alias hiperkalemia. Kondisi ini ditandai dengan lemah otot, mati rasa, mual dan muntah, serta gangguan irama jantung yang dapat menyebabkan serangan jantung.

Oleh sebab itu, penderita penyakit ginjal kronis atau gagal ginjal sebaiknya membatasi minuman yang satu ini. Penuhi kebutuhan cairan Anda sesuai anjuran dokter dan ikuti perawatan secara rutin untuk menjaga kesehatan ginjal.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Is coconut water healthy?. (2019). Retrieved 6 May 2021, from https://wexnermedical.osu.edu/blog/is-coconut-water-healthy

Is Coconut Water Good For My Kidneys?. (n.d.). Retrieved 6 May 2021, from https://kidneyhi.org/dietitian-blog/coconut-water-and-chronic-kidney-disease

How High Blood Pressure Can Lead to Kidney Damage or Failure. (2016). Retrieved 6 May 2021, from https://www.heart.org/en/health-topics/high-blood-pressure/health-threats-from-high-blood-pressure/how-high-blood-pressure-can-lead-to-kidney-damage-or-failure

Hyperkalemia (High Potassium). (2020). Retrieved 6 May 2021, from https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/15184-hyperkalemia-high-blood-potassium#symptoms-and-causes

Diabetes and kidney failure. (n.d.). Retrieved 6 May 2021, from https://betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/diabetes-and-kidney-failure

Patel, R. M., Jiang, P., Asplin, J., Granja, I., Capretz, T., Osann, K., Okhunov, Z., Landman, J., & Clayman, R. V. (2018). Coconut Water: An Unexpected Source of Urinary Citrate. BioMed research international, 2018, 3061742. https://doi.org/10.1155/2018/3061742

Preetha, P. P., Devi, V. G., & Rajamohan, T. (2015). Mature coconut water exhibits antidiabetic and antithrombotic potential via L-arginine-nitric oxide pathway in alloxan induced diabetic rats. Journal of basic and clinical physiology and pharmacology, 26(6), 575–583. https://doi.org/10.1515/jbcpp-2014-0126

Pinto, I. F., Silva, R. P., Chaves Filho, A., Dantas, L. S., Bispo, V. S., Matos, I. A., Otsuka, F. A., Santos, A. C., & Matos, H. R. (2015). Study of Antiglycation, Hypoglycemic, and Nephroprotective Activities of the Green Dwarf Variety Coconut Water (Cocos nucifera L.) in Alloxan-Induced Diabetic Rats. Journal of medicinal food, 18(7), 802–809. https://doi.org/10.1089/jmf.2014.0046

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Diah Ayu Lestari Diperbarui 29/07/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Patricia Lukas Goentoro
x