5 Obat yang Dapat Membuat Gairah Seks Anda Menurun

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 6 November 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Gairah seks menurun bisa disebabkan karena beberapa faktor, antara lain faktor psikologis dan fisik seseorang. Di samping itu, obat juga bisa menjadi penyebab turunnya libido atau gairah seks seseorang. Obat apa saja yang bisa bikin gairah seks menurun?

Obat apa yang menyebabkan gairah seks menurun?

Ada beberapa obat yang bisa memengaruhi turunnya gairah seks di ranjang bersama pasangan. Obat-obatan di bawah ini dapat menurunkan libido seseorang. Apa saja obat-obatan tersebut?

1. Obat hipertensi

Obat  hipertensi atau tekanan darah tinggi  yang termasuk dalam golongan beta-blocker dapat menurunkan gairah seksual Anda. Bahkan pada kasus yang jarang terjadi, salah satu obat beta-blocker yang disebut Timolol dapat memengaruhi gairah seksual meskipun dalam bentuk obat tetes mata yang biasa digunakan untuk kondisi glaukoma.

Konsultasikan dengan dokter bila Anda mengalami penurunan gairah seks untuk mendiskusikan obat lain yang lebih tepat untuk Anda.

2. Pil Kb

Tahukah Anda, bahwa pil KB atau obat kontrasepsi bisa membuat gairah seks wanita menurun? Ya, hal ini terjadi akibat adanya perubahan keseimbangan hormon androgen. Hormon testosteron wanita, yang juga bagian dari androgen, berfungsi untuk memengaruhi libido seksual pria dan wanita. Testosteron juga lah yang akan memberikan rasa senang dan puas saat Anda dan pasangan sedang bercinta.

Konsultasikan pada dokter atau bidan mengenai pil KB alternatif yang bisa mencegah gairah seks jadi menurun. Kondom atau IUD juga bisa menjadi salah satu alat pencegah kehamilan yang cukup efektif tanpa harus membuat gairah bercinta jadi turun.

3. Obat pilek dan alergi

Obat flu dan obat alergi disebut sebagai obat berisiko menyebabkan gairah seks jadi rendah. Pasalnya, kandungan antihistamin berupa difenhidramin dan klorfeniramin dapat menurunkan gairah seks Anda. Namun Anda tidak perlu khawatir. Begitu obat ini terbilas dari tubuh Anda dalam 24 jam, demikian pula efek sampingnya akan ikut hilang.

4. Obat untuk rambut rontok

Rambut rontok bisa terjadi karena disebabkan beberapa faktor tertentu, salah satunya adalah stres. Terkadang, beberapa orang mengonsumsi obat untuk membantu melawan kerontokan rambut yang parah.

Salah satu obat yang dapat digunakan adalah finasteride. Namun sayangnya obat ini dapat menghambat perubahan testosteron menjadi bentuk aktifnya. Karena alasan inilah, testosteron menurun sehingga gairah seksual pun menurun.

Ya, efek samping obat penumbuh rambut ini bisa membuat gairah bercinta jadi menurun. Beberapa orang ada yang mengalami efek samping sulit orgasme atau bahkan menjadi disfungsi ereksi.

5. Obat antidepresan

Merasa stres, banyak hal-hal yang dipikirkan, atau bahkan merasa depresi, dapat membuat Anda jadi malas untuk berhubungan seks. Nah, terkadang untuk mencegah depresi datang, banyak orang menggunakan obat  antidepresan.

Namun sayang, beberapa obat anti depresan yang berasal dari golongan selective serotonine reuptake inhibitor (SSRI) dan trisiklik justru malah dapat menurunkan libido.

Konsultasikan dengan dokter Anda mengenai ini bila Anda malah mengalami penurunan gairah seks setelah mengonsumsi obat anti depresan. Dokter dapat mencoba meresepkan obat anti depresan lainnya yang tidak memengaruhi gairah seksual Anda.

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Cara Mencapai Multiorgasme Saat Seks (untuk Wanita)

Siapa bilang multiorgasme itu sulit untuk Anda raih? Anda bisa mencapai orgasme berkali-kali dengan cara-cara yang ada di artikel ini!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Kesehatan Seksual, Tips Seks 20 Oktober 2020 . Waktu baca 6 menit

10 Penurun Gairah Seks yang Perlu Anda Hindari

Saat baru menikah, gairah seks Anda mungkin menggebu-gebu. Tapi kok sekarang seperti kehilangan nafsu, ya? Mungkin ini penyebabnya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Kesehatan Seksual, Tips Seks 7 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Apakah Masturbasi Bisa Memengaruhi Nafsu Seks?

Benar tidak, bahwa masturbasi memengaruhi nafsu seks seseorang? Apa benar masturbasi lebih baik dilakukan sebelum berhubungan seks?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Seksual, Tips Seks 27 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit

Ginseng Korea: Benarkah Ampuh Atasi Berbagai Masalah Seksual Pria?

Ginseng Korea diyakini bisa mengatasi masalah pria, dari impotensi hingga ejakulasi dini. Tapi apakah manfaat ginseng ini sudah terbukti dan teruji klinis?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Pria, Penyakit pada Pria 5 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

pengaruh minum kopi untuk seks

Kopi untuk Kemampuan Seks, Bermanfaat atau Sebaliknya?

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 30 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit
gairah seks tinggi

Tips Menghadapi Istri yang Memiliki Gairah Seks Tinggi

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 2 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
cara merangsang istri

Untuk Para Suami, Ini 10 Trik Memanjakan Istri Agar Lebih Bergairah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 24 November 2020 . Waktu baca 5 menit
sumber kepuasan seksual

4 Hal Mengejutkan yang Bisa Jadi Sumber Kepuasan Seksual Anda

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 19 November 2020 . Waktu baca 4 menit