Apa Saja Efek Samping Suntik Filler di Wajah?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 31 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Filler wajah merupakan salah satu perawatan kecantikan yang sedang tren. Perawatan ini diklaim bisa menghilangkan kerutan di wajah, menghaluskan kulit, memperbaiki bentuk wajah, dan membuat lebih awet muda tanpa menggunakan metode operasi. Caranya pun cukup sederhana hanya dengan diberi suntikan khusus saja. Tapi apakah ada efek samping dari metode filler wajah ini?

Jika Anda tertarik untuk suntik filler wajah, simak berbagai efek samping yang mungkin muncul.

Apa itu suntik filler wajah?

Seiring bertambahnya usia, kulit Anda juga secara otomatis akan kehilangan kelenturannya. Akibatnya, muncullah garis-garis halus dan kerutan secara perlahan-lahan. Suntik filler wajah merupakan salah satu solusi yang ditawarkan dalam perawatan kecantikan untuk menyamarkan tanda-tanda penuaan di wajah ataupun bekas luka.   

Tindakan ini hanya boleh dilakukan oleh dokter spesialis kulit (dermatolog), dokter bedah kecantikan, ahli farmasi, atau terapis kecantikan yang sudah mengantongi sertifikat. Umumnya dokter membutuhkan waktu 30 menit untuk melakukan tindakan. Hasil suntikan dapat bertahan dari enam bulan sampai setahun lamanya.

Prosedur kecantikan ini dilakukan dengan cara menyuntikkan cairan seperti asam hialuronat, kolagen, atau zat sintetis seperti silikon ke beberapa bagian wajah agar lebih bervolume. Bagian wajah yang biasanya menjadi target suntik seperti pipi, hidung, bibir, dagu, rahang, dan lainnya. Dengan menyuntik wajah dengan cairan tersebut, bagian wajah jadi lebih berisi dan keriput yang terjadi karena penuaan pun tersamarkan.

Ada berbagai jenis suntik filler yang bisa digunakan. Area wajah yang berbeda memerlukan jenis filler yang berbeda pula. Pasalnya tiap jenis filler mengandung bahan yang berbeda dengan tingkat keawetan yang berbeda pula. Konsultasikan terlebih dahulu ke dokter kecantikan Anda sebelum melakukan tindakan ini.

Efek samping suntik filler wajah

Meskipun aman untuk dilakukan, Anda harus ingat, semua prosedur pasti memiliki risiko termasuk suntik filler wajah. Nah, berikut ini beberapa efek samping yang umumnya ditimbulkan setelah seseorang melakukan filler wajah.

1. Kulit kemerahan dan bengkak

Kulit yang berubah kemerahan dan bengkak di tempat suntikan merupakan efek samping yang paling umum terjadi setelah melakukan suntik filler wajah. Namun, efek samping ini akan lekas mereda setelah beberapa jam tindakan. Jika Anda ingin meredakannya, Anda bisa memberikan kompres es pada wajah.

2. Bekas luka

Teknik penyuntikan yang salah dapat menimbulkan bekas luka permanen (tidak bisa hilang). Bahan suntik filler silikon dapat menimbulkan bekas luka yang baru muncul setelah tiga minggu sampai sepuluh tahun. Untuk menghilangkan bekas luka, dokter dapat menyuntikan kortikosteroid ke bekas luka tersebut.

3. Alergi

Selain kematian sel kulit, beberapa pasien yang memiliki kulit sensitif juga memungkinkan mengalami alergi terhadap cairan yang digunakan untuk filler. Umumnya reaksi yang mungkin muncul adalah kulit terasa panas, sensasi terbakar, muncul ruam merah di wajah, gatal, dan lain sebagainya. Itu sebabnya, konsultasikan dulu ke dokter sebelum Anda melakukan tindakan ini.

manfaat suntik botox selain kecantikan

Hal yang harus diperhatikan sebelum suntik filler wajah

Filler wajah merupakan salah satu prosedur perawatan kecantikan yang aman untuk dilakukan, asal dilakukan oleh terapis kecantikan yang profesional dan bersertifikat. Berikut ini ada beberapa hal yang harus Anda lakukan sebelum melakukan suntik filler wajah demi menghindari efek samping yang ditimbulkan.

  • Istilah “ada harga ada kualitas” sebaiknya diterapkan setiap Anda ingin melakukan perawatan wajah. Termasuk saat Anda memutuskan ingin melakukan filler. Jika Anda ditawari perawatan filler wajah yang harganya jauh lebih rendah daripada standar harga yang ditawarkan, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan yakni keahlian praktisi dan kualitas produk yang ditawarkan. Jangan pernah mengambil risiko melakukan tawar menawar dalam melakukan perawatan wajah. 
  • Pastikan praktisi yang akan menangani Anda memang adalah dokter bersertifikat.  
  • Hindari perawatan yang dilakukan di rumah, hotel, salon, atau spa. Anda hanya boleh menjalani perawatan ini di klinik-klinik yang sudah terpercaya dan punya reputasi baik.
  • Sebagai konsumen, Anda wajib tahu segala tindakan yang Anda jalani. Entah dari penyedia jasa maupun tenaga ahlinya. Jangan ragu untuk menanyakan jenis zat yang disuntikkan, efek sampingnya, keamanan peralatan yang digunakan, dan yang terpenting pastikan jika tempat Anda melakukan filler wajah memang sudah mendapatkan izin buka praktik dari instansi terkait. Jika penyedia tidak memberikan informasi ini kepada Anda, jangan biarkan mereka melakukan prosedurnya.
  • Gunakan tabir surya (sunblock) setiap ingin melakukan aktivitas di luar ruangan. Hal ini dilakukan untuk membantu melindungi kulit dari perubahan pigmen setelah terjadi pembengkakan dari suntikan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Waspada Brazilian Blowout, Teknik Meluruskan Rambut dengan Formalin

Smoothing sudah menjadi cara lama untuk meluruskan rambut. Sekarang ada tren Brazilian blowout dengan metode baru. Benarkah lebih aman dilakukan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Perawatan Rambut & Kulit Kepala, Kesehatan Kulit 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Zat Aditif pada Makanan Ternyata Tak Selalu Berbahaya

Zat aditif ada dalam setiap makanan kemasan. Biasanya sengaja ditambahkan untuk tujuan tertentu. Namun, apakah berbahaya bila dikonsumsi?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Fakta Gizi, Nutrisi 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Cara Mengatasi Mimisan dengan Cepat, Mulai dari Bahan Alami hingga Obat Medis

Mimisan bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja, tapi Anda tak perlu panik. Berikut adalah berbagai obat mimisan alami yang ampuh hentikan perdarahan.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan THT, Gangguan Hidung 14 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

5 Penyebab Bercak Putih di Puting Susu dan Cara Mengatasinya

Pernahkah Anda memiliki bintik atau bercak putih di puting susu atau sekitarnya? Tak usah khawatir, kenali penyebab dan cara mengatasinya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Kesehatan Wanita, Penyakit pada Wanita 14 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

telat datang bulan

Berapa Lama Telat Datang Bulan Dapat Menjadi Pertanda Kehamilan?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
mengatasi kesepian

5 Langkah Mengatasi Kesepian, Agar Hidup Lebih Semangat

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
sakit kepala setelah keramas

Tiba-tiba Sakit Kepala Setelah Keramas, Apa Penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
mengatasi sakit punggung

Saraf Kejepit, Apa Penyebab dan Bagaimana Gejalanya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit