home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

7 Makanan yang Membuat Kentut Anda Bau

7 Makanan yang Membuat Kentut Anda Bau

Pernahkah saat Anda sedang asyik ngobrol dengan beberapa teman, tiba-tiba tercium bau busuk melintas, dan Anda jadi saling menyalahkan siapa yang kentut? Beberapa dari Anda pasti pernah mengalaminya. Yang menjadi pertanyaan, mengapa kentut seseorang bisa berbau sangat busuk? Apa saja yang membuat kentut bau?

Kentut merupakan hal terbaik jika dikeluarkan dari tubuh manusia, jika manusia tidak kentut pasti Anda akan merasakan sakit atau tidak nyaman pada perut Anda. Bau kentut disebabkan karena kandungan hidrogen sulfida (sulfur) dan zat merkaptan. Kedua senyawa ini mengandung sulfur (belerang). Makin banyak kandungan sulfur sulfida dan merkaptan yang diproduksi oleh bakteri dalam perut, maka makin berbau busuklah kentut Anda.

Banyak faktor yang memengaruhi mengapa kentut seseorang bisa berbau sangat tidak enak, salah satunya asupan yang dimakan. Yuk simak makanan yang membuat kentut bau.

1.Kacang-kacangan

Kacang mengandung zat gula yang sulit dicerna tubuh yaitu seperti zat rafinosa, stachiose, verbakosa. Saat mencapai usus, bakteri di usus langsung akan menyebar dan menghasilkan bau busuk pada kentut Anda.

2. Ubi jalar

Ubi jalar alias ketela ini mengandung beberapa jenis gula oligosakarida yaitu stakiosa, rafinosa, dan verbaskosa. Beberapa jenis oligosakarida tersebut tidak dapat dicerna oleh sistem percernaan kita karena tidak adanya enzim galaktosidase. Sehingga, apabila kita mengkonsumsi ketela alias ubi jalar, maka akan dicerna oleh bakteri pada usus bagian bawah. Akibatnya, senyawa berbau tidak sedap akan dihasilkan dari usus tersebut

3. Brokoli

Makan brokoli memang bagus, karena mengandung antioksidan dan nutrisi yang mumpuni untuk kesehatan tubuh. Namun, brokoli mengandung komposisi gas sulfur yang tinggi serta kandungan zat gula atau rafinosa yang menyebabkan gas kentut yang diproduksi di dalam tubuh menjadi bau.

4. Kembang kol

Zat gula rafinosa yang terdapat pada kembang kol memang menjadi makanan untuk bakteri dalam usus besar. Nah, bakteri dalam usus Anda juga dapat mengeluarkan serta meningkatkan gas yang juga menyumbangkan aroma berbau pada kentut Anda.

5. Makanan yang berbahan dasar susu

Tubuh kadang tidak bisa menerima bakteri laktosa yang terdapat di dalam makanan yang berbahan dasar susu, seperti keju, susu cair, yoghurt, dan lainnya. Kalau tubuh Anda tidak bisa mencerna laktosa, kemungkinan zat sulfur di dalam tubuh akan menyebabkan diare, perut kembung, dan kentut Anda berbau busuk.

6. Daging sapi

Daging sapi mengandung enzim yang menimbulkan bau busuk pada gas setelah dicerna dari dalam tubuh. Daging sapi juga kaya akan kandungan metionin, semacam sulfur yang terdiri dari asam amino. Saat kandungan zat tersebut sudah melewati saluran pencernaan, ia akan memproduksi bau kentut yang sangat menyengat. Sehingga, gas yang dikeluarkan pada kentut Anda juga berbau tidak sedap.

7. Bawang

Bawang diketahui mengandung zat fruktosa yang tinggi sehingga menghasilkan kotoran pencernaan yang kotor dan berakibat arpma busuk pada bau kentut Anda. Bawang ternyata kaya akan kandungan fruktan yang bisa memicu masalah layaknya perut kembung, irritable bowel syndrome yang berbahaya bagi usus besar, hingga memicu bau kentut, bau mulut, hingga bau keringat yang tidak sedap.

BACA JUGA:

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Foods Make Your Farts Smells Bad Stink Gas https://www.thrillist.com/health/nation/foods-make-your-farts-smell-bad-stink-gas Diakses pada 16 Januari 2017

Gas and Gas Pains http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/gas-and-gas-pains/basics/causes/con-20019271 Diakses pada16 Januari 2017

Fart http://kidshealth.org/en/kids/fart.html Diakses pada 16 Januari 2017

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Novita Joseph Diperbarui 02/07/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Satya Setiadi